Audi Ciptakan Bahan Bakar Diesel Bebas Sulfur, Bahannya Hanya Udara dan Air!

by  in Audi&Berita&International
Audi Ciptakan Bahan Bakar Diesel Bebas Sulfur, Bahannya Hanya Udara dan Air!
0  komentar
Cover-BBM-Diesel-Sintetis-Audi

AutonetMagz.com – Pasca dikuranginya subsidi terhadap Premium dan Solar, banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat Indonesia. Namun beberapa orang cukup pintar dan sadar, kalau mereka tidak bisa bergantung selamanya kepada bahan bakar fosil yang pasti akan habis suatu saat nanti dan mencari sumber energi lain. Mau tidak mau, bahan bakar alternatif harus dikembangkan secepat mungkin.

Berita yang sangat menggembirakan kini datang dari Audi. Merek mobil asal Jerman ini baru saja menemukan bahan bakar diesel sintetis yang ramah lingkungan dan bebas dari kandungan sulfur. Bahan bakar yang dinamakan e-diesel Blue Crude ini diklaim tidak hanya bebas sulfur, namun mudah terbakar. Yang lebih menakjubkan lagi, bahan dasarnya ternyata sangat sederhana, yaitu air, udara dan listrik.

e-Diesel-Blue-Crude-Audi

Proses pembuatannya dimulai dengan mengekstrak CO2 dari udara dengan teknologi air-capturing. Kemudian, air akan dipisah menjadi molekul hidrogen dan oksigen lewat proses elektrolisis. Dari sini, hidrogen dan karbon dioksida akan diolah lewat sebuah proses reaktif dengan tekanan tinggi dan suhu tinggi yang menghasilkan Blue Crude, sebuah cairan yang kaya akan senyawa hidrokarbon.

Audi menggandeng Climeworks dan SUNFIRE untuk proyek tersebut, dan menghasilkan e-diesel di pabrik yang baru dibuka di Dresden, Jerman. Audi mengatakan pabrik ini memproduksi 160 liter Blue Crude setiap hari, dan 80 persennya diubah jadi diesel sintetis. Audi mengatakan e-diesel dapat dicampur dengan bahan bakar diesel biasa.

New Audi RS7 sport

Inilah proyek terbaru Audi dalam mengeksplor bahan bakar bebas dari CO2 – yang berarti bahwa jumlah CO2 yang dihasilkan dari mesin harus sama dengan jumlah yang digunakan dalam produksi bahan bakar. Audi sebelumnya telah bereksperimen dengan e-fuel sintetis, termasuk metana sintetik. Nah, bisa nih jadi solusi untuk bahan bakar mesin diesel yang irit, berkualitas dan ramah lingkungan.

Photo Credit : MotorTrend.com

Read Prev:
Read Next:
  • Andi

    Wah bagus bgt idenya….. Smoga smp ke indonesia juga ide ini

    • Hillarius Satrio

      di Indonesia pernah dilakukan eksperimen serupa, pake tanaman pagar, hasilnya adalah minyak jarak. bisa dipake buat mesin diesel, meski hasil pembakarannya baunya kayak ikan asin, tapi udah cukup membuktikan kemajuan yang bagus

  • willybong

    masalahnya itu reaktor pengubah pakai apa tenaganya? kalau pakai bahan bakar dr fosil dan minum lebih banyak dr bbm biasa buat hasilin energi ya sama aja bohong… hehehe.. setau ane dialisis pricess ini yg mahal diongkos.