Renault Logan Punya Varian Exclusive di Brazil, Bisa Diberi Bensin Maupun Etanol

Renault Logan Punya Varian Exclusive di Brazil, Bisa Diberi Bensin Maupun Etanol
0  komentar
Cover-Renault-Logan

AutonetMagz.com – Bila beberapa negara maju sudah siap dengan perubahan bahan bakar minyak ke bahan bakar lain yang terbarukan dan ramah lingkungan, beberapa negara berkembang mungkin akan menghadapi perubahan tersebut lebih perlahan. Brazil contohnya, demi mendorong masyarakat untuk berpindah dari bahan bakar fosil sedikit demi sedikit, Renault meluncurkan Logan Exclusive untuk melengkapi varian Logan di Brazil.

Varian Exclusive dari mobil yang di beberapa negara disebut dengan Dacia Logan ini ibarat Toyota Vios TRD Sportivo-nya Toyota Indonesia, yakni varian ultimate sebuah small sedan. Perbedaan antara versi Exclusive dengan versi biasa ada pada velg 15 inci baru, emblem Exclusive, dan kaca spion berwarna hitam mengkilap lengkap dengan LED.

Interior-Renault-Logan

Di dalamnya, Logan Exclusive dilengkapi dengan perangkat audio berupa head unit touchscreen dengan layar 7 inci, kamera parkir belakang, automatic climate control, cruise control, jok kulit, dan power window. Di door sill plate dan bagian bawah setir ada tulisan Exclusive yang menjadi penegas bahwa ini adalah varian termahal.

Meski hanya tersedia dalam mesin bensin saja, justru mesin 1.600 cc 8V milik Logan layak dihargai, karena selain sanggup meminum bensin biasa, ia juga sanggup meminum etanol. Saat diberi bensin maka akan menghasilkan tenaga 97 HP di 5.250 rpm, dan bila memakai etanol akan menghasilkan daya sebesar 104,5 HP.

Renault-Logan

Nah, malah lebih untung pakai etanol kan? Bila di Indonesia, mobil yang bisa meminum bensin atau etanol bisa kita temui di Ford Focus dua generasi sebelum sekarang yang beredar sekitar tahun 2006-an, namun terbatas hingga kadar campuran etanol maksimal 20% saja.

Logan Exclusive akan dijual seharga 51.070 Real atau sekitar 235 juta rupiah untuk versi transmisi manual dan 53.470 Real atau sekitar 246 juta rupiah untuk transmisi otomatis. Meski kelihatannya tak terlalu wah kalau dibandingkan dengan pesaingnya, kemampuannya menenggak etanol jelas jadi nilai jual yang penting bagi Renault. Apa kabar pabrikan lain, tertarik untuk mengubah mesinnya agar bisa minum etanol?

Read Prev:
Read Next:
  • rizki

    Bukannya di semua kendaraan bermotor yang beredar di Brazil wajib bisa minum etanol? bahkan Brazil adalah penghasil etanol terbesar?