Honda Sumbangkan City CNG untuk BPPT Dalam Rangka Riset Energi Altenatif

by  in Event&Honda&Hot Stuff
Honda Sumbangkan City CNG untuk BPPT Dalam Rangka Riset Energi Altenatif
0  komentar

Honda City CNG bahan bakar gas IndonesiaAutonetMagz.com – Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia kini sedang merealisasikan program “Honda for Indonesia” yang mereka gagaskan untuk keperluan CSR. Wujud nyatanya adalah dengan menyumbangkan satu unit Honda City CNG (Compressed Natural Gas) kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Prosesi donasi ini berlangsung Senin (16/2) lalu di kawasan Puspitek BPPT, Serpong, Tangerang, Banten, dan Honda City ini akan digunakan sebagai sarana riset untuk edukasi dan pengembangan teknologi bahan bakar alternatif di Indonesia, khususnya dalam rupa gas.

MOU-Signing-City-CNG-Donation

Turut hadir dalam acara penyerahan mobil tersebut adalah Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. H. Mohamad Nasir, Ph. D., Ak, Kepala BPPT Bapak Dr. Ir. Unggul Priyanto, M. Sc, Presdir PT HPM Tomoki Uchida serta Direktur Marketing dan After Sales Service PT HPM, Jonfis Fandy.

Honda-City-CNG-Ceremony-Donation

Tomoki Uchida, Presdir HPM menyatakan pada kesempatan tersebut bahwa,”Honda City CNG merupakan sebuah terobosan dalam teknologi otomotif yang cocok untuk diterapkan dalam waktu mendatang, dengan kombinasi antara efisiensi bahan bakar serta emisi yang bersahabat dengan lingkungan. Kami berharap Honda City CNG ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk dipelajari, sebagai salah satu kendaraan dengan energi bahan bakar alternatif yang sesuai untuk dapat diterapkan ke depannya.”

Sebelum sampai di Indonesia, Honda City CNG sebenarnya sudah hadir di Thailand sejak tahun 2012. Yang membedakannya dari Honda City biasa adalah kemampuannya bekerja dengan BBM biasa maupun CNG. Saat menggunakan BBM, mesin 1.500 cc SOHC i-VTEC miliknya menghasilkan 120 PS, sementara saat memakai CNG, tenaganya menjadi 102 PS dan torsinya 126,5 Nm.

Honda-City-CNG-Emblem

Di bagasi mobil, ada tangki gas berkapasitas 42 liter yang dipasangi dengan high-pressure piping, ECU tambahan, CNG injektor, Pressure Regulator serta lid tambahan untuk bahan bakar gas yang terletak di atas lid untuk bahan bakar bensin.

Honda-City-CNG-Gas-Tank

Cara pengubahan dari mode BBM ke mode CNG pun sangat simpel, cukup menekan switch CNG yang terletak di sebelah kanan setir mobil. Saat diaktifkan, akan ada indikator lampu hijau yang menyala sebagai tanda bahwa mobil ini sedang berjalan dengan mode CNG. Soal fitur, ia tak beda dengan Honda City biasa.

Honda-City-CNG-CNG-Indicator

Honda City CNG saat ini hanya dijual secara komersial di Thailand, sementara di Indonesia kita masih belum bisa menjualnya untuk publik mengingat SPBU khusus CNG saja jumlahnya masih belum mencukupi. Wah, kira-kira kapan ya mobil-mobil berbahan bakar alternatif bisa dijual untuk publik di Indonesia?

Read Prev:
Read Next: