Aston Martin 003, Project Hybrid Hypercar Aston Martin?

Aston Martin 003, Project Hybrid Hypercar Aston Martin?
0  komentar

Autonetmagz.com – Hypercar masa kini pun mulai mengikuti tren mesin zaman nowYup, penggunaan mesin hybrid sekarang tidak lagi berorientasi pada mobil murah saja, namun hingga mobil berperforma super pun menggunakan mesin listrik dan bensin tersebut. Masih ingat zaman di mana mobil hybrid kental dengan Toyota Prius atau mobil ‘family’-friendly yang lain? Mungkin saat ini stereotip tersebut tak akan berlaku.

Sebut saja pabrikan sekelas Porsche, Ferrari, McLaren hingga Koenigsegg pun tak ketinggalan tren hybrid hypercar. Bahkan Lamborghini yang awalnya bersikukuh menggunakan mesin N/A-nya terus menerus, mulai goyah ingin membuat mobil dengan emisi dan efisiensi yang lebih baik. Entah karena keinginan pasar atau peraturan baru, tetap saja mesin hybrid, listrik, maupun yang bukan N/A ini seakan sudah menjadi masa depan dapur pacu untuk supercar maupun hypercar selanjutnya.

Lalu masuklah pabrikan supercar asal Inggris ke dalam pasar hybrid hypercar. Menggaet orang-orang dari Red Bull Advance Technology (RBAT), lahirlah hypercarmid-engine Valkyrie di tangan manufaktur Aston Martin. Dengan menggunakan mesin V12 6,5 L yang digabungkan dengan motor elektrik hingga menghasilkan output sebesar 1.130 hp. Belum lagi ditambah curb weight-nya yang hanya sampai 1.030kg, power to weight yang dimilikinya berarti overpowered dong.

Namun tidak berhenti sampai di situ saja, Aston Martin saat ini pun mulai mengembangkan mobil hypercar terbaru yang akan menemani sang Valkyrie. Jika Valkyrie memiliki kode konsep ‘001,’ mobil mid-engine baru berperforma tinggi dari pabrikan mobil James Bond tersebut akan berkode ‘003.’ Dengan masih menerapkan teknologi yang dibawa langsung dari si-001, proyek 003 yang masih berupa sketsa ini dijuluki oleh pihak Aston Martin sebagai ‘Anak dari Valkyrie.’

Tetapi walaupun lahir setelah Valkyrie, 003 tidak akan lebih gahar dibandingkan dengan pendahulunya. Kenapa? Karena konsep ini dibuat lebih berorientasikan pada kepraktisan, kenyamanan, dan dibuat memang untuk dikendarai di jalan raya. Jantungnya diproyeksi akan menggunakan mesin bensin turbocharged gabungan electric hybrid lalu mobilnya dibuat pada struktur ringan dari sang pendahulu. Teknologi seperti active aerodynamics dan active suspension juga tetap diaplikasikan pada mobil ini untuk menunjang level downforce, presisi mengemudi, dan kenyamanan tingkat tinggi pada sebuah mobil jalanan.

Walaupun kelihatannya mobil ini akan lebih hebat dari pendahulunya, namun tetap saja Aston Martin ingin agar projek ini tetap bertema road-legal yang nyaman. Jadi besar kemungkinan 003 ini akan lebih berat dibandingkan Valkyrie. Bos dari Aston Martin yaitu Andy Palmer mengatakan, “Hal tersebut selalu menjadi tujuan bagi Aston Martin Valkyrie untuk menjadi proyek sekali seumur hidup, namun itu juga penting bagi kita bahwa Valkyrie akan menciptakan warisan. Keturunan langsung yang juga akan menetapkan standar baru di dalam segmennya sendiri yaitu pasar hypercar, menciptakan garis keturunan mesin produksi yang sangat terspesialisasi dan terbatas yang dapat eksis secara paralel dengan model produksi seri Aston Martin.”

Melansir dari Autocar, mobil ini akan diperkenalkan versi balapnya terlebih dahulu sebelum versi produksinya keluar pada 2019 atau 2020 awal mendatang. Diproduksi terbatas hanya 500 unit saja namun tetap dibuatkan versi setir kiri maupun kanannya, apa harapan anda mengenai mobil ini? Tulislah komentar mengenai Aston Martin 003 tersebut pada kolom kometar di bawah.

Read Prev:
Read Next: