Apa, Nurburgring Akan Melarang Pabrikan Mobil untuk Menguji Waktu Putaran di Sirkuitnya?

by  in Berita&International
Apa, Nurburgring Akan Melarang Pabrikan Mobil untuk Menguji Waktu Putaran di Sirkuitnya?
0  komentar
nissan-nismo-nurburgring

AutonetMagz.com – Tidak, saya mohon, semoga ini tidak benar-benar terjadi. Tim manajemen sirkuit ganas yang terkenal di dunia, yakni Nürburgring Nordschleife segera memberlakukan peraturan untuk melarang merek mobil manapun untuk melakukan pemecahan rekor waktu satu putaran di sirkuit sepanjang 20,8 kilometer itu. Memang, mulai dari merek Jepang, Amerika dan Eropa banyak sekali yang suka melakukan tes di sana untuk membuktikan kehebatan mobil mereka.

Menurut tim dari APEX, keputusan ini diambil pasca adanya insiden pada balapan GT3 kemarin. Saat itu, sebuah Nissan GT-R Nismo GT3 yang dikemudikan Jann Mardenborough berusia 23 tahun terbang layaknya pesawat lepas landas, lalu jatuh menyerang sejumlah penonton di luar sirkuit dan merusak pagar. Akibatnya, 1 orang tewas dan beberapa luka ringan. Kami sertakan foto detik-detik kecelakaan di bawah ini serta video insiden di akhir artikel ini.

kecelakaan-di-nurburgring

Sejak saat itu, aturan di Nürburgring Nordschleife makin diperketat dengan memberlakukan batas-batas kecepatan tertentu di sejumlah sektor. Sektor Flugplatz dan Tiergarten misalnya, di mana batas kecepatannya maksimal 200 km/jam. Ah, angka segitu mah perkara sepele untuk mobil-mobil sport yang biasa dipacu di sana.

Secara resmi, manajemen bersikeras bahwa pembatasan akan ditinjau datang akhir tahun ini, dan untuk sekarang, setiap upaya pemecahan rekor satu putaran tidak akan ditoleransi di bawah undang-undang baru. Terus, bagaimana dengan Lamborghini Aventador SV yang kemarin sempat menghasilkan waktu di bawah 7 menit? Menurut manajemen sirkuit, tes tersebut dilakukan sehari persis sebelum aturan pelarangan tersebut berlaku.

koenigsegg-one1-suzuka

Ini tentu jadi mengecewakan bagi beberapa pabrikan mobil, khususnya Koenigsegg. Meski sudah memecahkan rekor satu putaran di Suzuka, tapi mereka belum kesampaian untuk memecahkan rekor Porsche 918 Spyder yang menorehkan 6 menit 57 detik di sana. Padahal menurut kalkulasi kasar, Koenigsegg One : 1 bisa saja lebih cepat sekitar 10 detik di Nürburgring Nordschleife daripada Porsche. Tapi ingat, itu hitungan di atas kertas, bukan aksi di atas aspal.

Jika aturan ini tetap diberlakukan, maka Porsche 918 Spyder akan menyandang gelar mobil road legal tercepat di Nürburgring Nordschleife untuk waktu yang lama. Bagaimana menurutmu pelarangan dari pihak Nürburgring Nordschleife ini? Sampaikan di kolom komentar! Simak juga video kecelakaan Nissan GT-R Nismo GT3 di bawah ini!

Read Prev:
Read Next: