Renault Clio RS 220 Trophy Sikat Gelar Small Hot Hatchback Tercepat di Nurburgring

Renault Clio RS 220 Trophy Sikat Gelar Small Hot Hatchback Tercepat di Nurburgring
0  komentar
renault clio rs 220 trophy

AutonetMagz.com – Tidak, ini bukan berarti rekor Honda Civic Type R dipatahkan oleh Renault, karena catatan waktu 7 menit 50 detik milik Civic Type R masih belum ada yang mengalahkan. Renault Clio RS 220 ini maksudnya sudah resmi menjadi hot hatchback kecil tercepat di Nurburgring, dengan catatan waktu 8 menit 23 detik. Itu rekor yang belum bisa dipatahkan hot hatchback lain sekelasnya seperti Ford Fiesta ST, Peugeot 208 GTI dan lain-lain.

Praktis, Renault Clio RS 220 Trophy menggeser MINI Cooper JCW ke tempat kedua dengan catatan waktu 8 menit 35 detik. Disusul Opel Corsa OPC di tempat ketiga yang dilengkapi LSD dan knalpot racing dengan 8 menit 40 detik. Posisi keempat diisi Audi S1 berpenggerak AWD quattro dengan 8 menit 41 detik.

renault clio rs 220 trophy rear

Jangankan antara sesama hot hatchback, jika dibandingkan mobil yang lebih besar tenaganya dan mahal harganya saja, Clio RS 220 Trophy masih lebih cepat. Sebut saja Mitsubishi Lancer Evo VI, BMW X6 M, Aston Martin DB7 GT dan beberapa mobil lain yang catatan waktunya masih di bawah Clio meski kelas, gengsi, tenaga dan harganya jauh di atas Clio. Boleh juga Renault.

Semua bisa terjadi berkat setting khusus bagi RS 220 Trophy. Jika dibandingkan Clio RS 220 biasa, RS 220 Trophy punya LSD baru, suspensi yang lebih stiff, sasis yang lebih kaku dan rendah, ban Michelin Pilot Super Sport, jok bucket dan juga R.S. Drive system dengan tiga mode berkendara. Dengan demikian, tenaga 220 hp milik Clio RS bisa lebih optimal sampai ke aspal Nurburgring.

renault clio rs 220

Fungsi overboost yang sama seperti di Ford Focus RS atau Bentley Continental GT3 R bisa meledakkan torsi instan, sehingga torsinya bisa naik sekejap. Dari yang standarnya 260 Nm menjadi 281 Nm pada saat fungsi overboost diaktifkan. Jika Clio RS 220 Trophy sudah merebut tahta dari MINI JCW, apa bisa Renault Megane RS 265 merebut gelarnya kembali dari Civic Type R? Sampaikan dugaanmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: