Hyundai Bawa Prototipe i30 N Untuk Berlaga di Balap Ketahanan Nurburgring

by  in Hyundai&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Hyundai dan KIA sadar, nyaris tak ada tempat di Korea untuk menguji coba mobil performa tinggi mereka dari divisi N. Korea cocok untuk bikin kimchi pedas, tapi tidak untuk mobil pedas, makanya Hyundai kini punya fasilitas riset di Nurburgring, Jerman untuk mematangkan divisi N. Di pasaran, awalnya Hyundai akan merilis i30 N untuk menyapa VW GTI dan Renault RS sebagai rivalnya yang sepadan.

Tidak puas dengan riset hasil balapan di WRC dan ajang reli lain, Hyundai ingin balap ketahanan 24 jam di Nurburgring menjadi data riset untuk divisi N juga. Untuk itu, mereka akan menurunkan 3 mobil di balapan ketahanan 24 jam di Nurburgring, dan salah satunya adalah prototipe i30 N, hot hatchback bermesin 2.000 cc turbo. Ingat, masih prototipe, jadi belum diluncurkan, belum dijual dan belum beredar bebas.

Prototipe Hyundai i30 N

Menurut Hyundai, i30 N punya 40% komponen baru dibanding i30 biasa. Mesin baru, transmisi lebih responsif, suspensi dan damper lebih rigid, setting setir baru, roda dan fender pun turut berubah. Mesin 2.000 cc turbo milik i30 N ini diklaim punya tenaga yang terukur di mesin sekitar 260 PS, alias setara VW GTI dan Renault Clio RS 265. Oh ya, selain i30 N, Hyundai membawa 2 mobil lain, yakni i30 1.600 cc turbo dan Veloster.

Balap ketahanan 24 jam Nürburgring ini menyediakan pengujian ideal untuk divisi N, dan bagian penting dari etos mobil performa tinggi kami,’Lahir di Namyang, diasah di Nürburgring ‘,” kata Albert Biermann, Kepala Pengujian Mobil dan Pengembangan Divisi Performa Tinggi. “Inspirasi teknologi dan pengalaman yang diperoleh dari pengujian ekstrim ini akan mempercepat pengembangan model N yang punya performa tinggi dan fun to drive.”

Hyundai-i30-2015

Pembalap yang diberi mandat adalah Bruno Beulen, Michael Bohrer, Alexander Köppen dan Rory Pentinnen. Oh ya, ngomong-ngomong Balap ketahanan 24 jam Nürburgring, bukan hanya Hyundai yang mau coba mobil baru, tapi Toyota juga. Yap, mereka mau mencoba C-HR di balapan itu, sekalian untuk mencari tahu apakah mereka perlu membuat C-HR versi kencang atau tidak. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    Saya akui mobil merek korea itu bagus termasuk build quality nya,jadi pantas bikin performance division agar image brand korea juga identik dgn mobil kencang.tapi itu mobil korea diluar negeri,kalau disini mobil korea sunatannya parah banget,masih mending brand jepang,salah satu contoh mobil buatan korea yg fiturnya komplit disini termasuk build quality yg bagus yaitu chevrolet trax,walau bukan brand korea,tapi fiturnya sangat lengkap dibanding CBU korea yg juga brand sana

    • jono sujono

      mending merk korea daripada kroya…

  • farhan

    gue bener2 salut sama hyundai..soalnya dulu mereka itu jadi bahan ejekan semua orang di dunia otomotif..tapi mereka membuktikan bahwa kita salah dengan meningkatkan design, build quality dan sekarang mereka berani mengeluarkan divisi performance dan divisi luxury untuk ningkatin brand image…sama ane gak sabar nih ngeliat i30 N, kayaknya bisa membuat Golf GTI nangis2 karena dikalahin sama pendatang baru

    • Rockmeo

      Setuju
      Ane kalo ada mau beli Tucson ato g langsung santa fe

  • Wira

    Hmm merk korea yg juga ingin bersaing sama eropa. Goodluck aja buat hyundai