Ahli Nurburgring Bahas Rumor Catatan Waktu Lamborghini Huracan Performante

0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk menunjukkan keganasan bersaing Lamborghini dalam kelas supercar, pabrikan asal negeri pasta ini langsung memperlihatkan kemampuan mobil terbarunya, Huracan Performante, di sirkuit Nurburgring. Lewat video 7-menitan yang diunggah ke YouTube oleh pihak Lamborghini sendiri, mobil yang belum resmi diluncurkan ini dengan mesin bengisnya langsung mencatatkan waktu yang benar-benar mengagetkan. Mengapa begitu? Karena Lamborghini Huracan Performante berhasil menorehkan waktu selama 6 menit 52 detik, jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Porsche 918 Spyder dengan waktunya yang hanya lebih lama 5 detik saja. Sangat mengesankan bukan?

Ini bisa jadi pencapaian yang mengagumkan untuk Lamborghini mengingat mobil karyanya dapat mengalahkan 918 Spyder, supercar hybrid yang memiliki performa menakutkan. ‘Sang matador’ pasti bangga akan waktu yang mereka catatkan di sirkuit legendaris ini. Tetapi sayangnya, pihak-pihak luar termasuk para pemerhati sirkuit Nurburgring mulai meragukan hasil waktu Performante. Bagi mereka, video tersebut hanyalah rekayasa digital semata agar bisa menaikkan nama Lamborghini di mata dunia.

Ringfreaks, Bridge to Gantry, dan Misha Charoudin yang lebih dikenal sebagai Boosted Boris, mengeluarkan suara mereka terkait video yang telah diunggah tersebut. Menurut para ahli sirkuit Jerman itu, waktu satu lap dari Huracan Performante adalah rekayasa dan mereka memiliki data-data pendukung untuk membuktikan ‘kebohongan’ Lamborghini. Waduh, apa saja tuh?

Pihak Bridge to Gantry membandingkan video Huracan Performante dengan video kakaknya yang galak, Aventador SV. Mereka melihat kalau Aventador SV memiliki kecepatan rata-rata yang lebih tinggi saat melibas sirkuit Nurburgring, tetapi waktu yang ditorehkannya untuk 1 lap saja mencapai 6 menit 59 detik. Mencurigakan tidak menurut anda? Mencapai kecepatan rata-rata yang lebih tinggi, tetapi waktunya tetap kalah dengan sang adik. Maka dari itu menurut Bridge to Gantry, video lap time seri terbaru Huracan ini telah melalui proses editing terlebih dahulu dengan menaikan frame ratenya sebesar 5 persen. Niat ya sampai dikalkulasi kenaikan frame ratenya.

Tetapi untuk membuktikan ketidak absahannya data video Performante, pihak Ringfreaks bisa dikatakan jauh lebih niat lagi nih. Mereka mengambil banyak sekali screenshot dari video lap time Porsche 918 Spyder dan Lambo Huracan Performante, benar-benar banyak! Kurang niat apa coba si Ringfreaks.

Setelah pengambilan gambar gila-gilaan tersebut, merekapun membandingkan performa kedua mobil itu dari data yang telah diperoleh. Benar saja, Ringfreaks menemukan anomali-anomali yang terdapat dalam video lap time Huracan spesial ini. Mereka melihat kalau 918 Spyder di beberapa tikungan sirkuit ‘Neraka Hijau’ ini, kala menikung bisa mencapai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sang banteng di tikungan yang sama persis. Bahkan di beberapa trek lurusan saja, supercar bermesin hybrid ini bisa mengalahkan ganasnya mesin petrol Lamborghini. Aneh bukan? Waduh gimana nih Lamborghini.

Belum lagi ditambah data Boosted Boris yang menguatkan bukti-bukti dari Ringfreaks. Misha menuliskan fakta-fakta unggulnya 918 di beberapa area dan mendapatkan hasil yang cukup mencengangkan. Unggulnya Porsche di 42 belokan, kalah di 21 area dan imbang di 20 area, semua direkam dalam sebuah tabel yang tak rumit untuk dibaca. Hal ini makin mempertanyakan kebenaran video lap time Huracan Performante bukan? Diserang dari tiga arah nih Lamborghini.

Apakah ada kesalahan pencatatan waktu yang dilakukan oleh pihak pabrikan asal Italia ini, ataukah benar apa kata para ahli diatas kalau Lambo membohongi publik tentang performa mobil baru mereka? Kita tetap belum bisa memutuskan karena mungkin saja faktor eksternal seperti keadaan sirkuit dan kondisi test driver yang mendukung dapat mempengaruhi jalannya pencatatan waktu ini. Mungkin pihak Nurburgring harus menyediakan tim yang netral untuk pencatatan lap time jika tak ingin menemui kasus seperti ini lagi

Menurut kalian para netizen, baik penggemar Lamborghini maupun hatersnya, apakah Lamborghini Huracan Performante berbohong akan lap timenya yang sangat impresif ini? Mari ramaikan kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: