Hyundai Patenkan Teknologi Canggih Pendeteksi Polisi Tidur

by  in Berita&Hi-Tech&Hyundai
Hyundai Patenkan Teknologi Canggih Pendeteksi Polisi Tidur
0  komentar
hyundai-ix20

AutonetMagz.com – Selain lubang jalanan, polisi tidur yang dibangun seenaknya sendiri juga menjadi hal yang menyebalkan saat ditemui di jalanan Indonesia. Iya, negara-negara lain memiliki standar tertentu untuk sebuah polisi tidur, tapi Indonesia tidak punya. Tak ada standar ketinggian tertentu, pola tertentu dan standar-standar lain yang membuat polisi tidur bisa memperlambat mobil tanpa harus merusak kaki-kaki. Asal buat saja, yang penting namanya polisi tidur.

Itu hal yang sangat menyebalkan, kalau boleh bawa palu atau bor untuk menghancurkan polisi tidur ngaco ini pasti sudah dilakukan dari dulu. Untuk ke depannya, mungkin teknologi baru dari Hyundai ini bisa sedikit memperpanjang usia kaki-kaki mobil anda, sebab ini adalah sebuah teknologi untuk mendeteksi polisi tidur di depan mobil. (Baca juga : Wow, Jaguar Land Rover Sempurnakan Sistem Pendeteksi dan Penghindar Lubang Jalanan)

teknologi-pendeteksi-polisi-tidur-hyundai

Sistem ini mengombinasikan GPS, kamera dan sejumlah sensor yang akan memberi peringatan pada pengemudi untuk memperlambat laju kalau kecepatan mobil terlalu tinggi, tapi belum dijelaskan apa hanya sekedar memberi alarm atau ikut menurunkan kecepatan secara otomatis. Canggihnya, sistem ini bisa membedakan antara polisi tidur palsu dan asli, misalnya polisi tidur palsu yang diilustrasikan pada gambar di atas.

Mungkin menurut anda, untuk apa Hyundai membuat fitur seperti ini? Polisi tidur kan kelihatan. Iya, fitur ini hanya tidak berguna jika anda termasuk pengemudi yang selalu waspada di jalan, tapi untuk mengantisipasi kalau anda suka meleng karena hal tertentu, fitur ini bisa mengingatkan anda untuk kembali fokus berkendara. Terlebih lagi, polisi tidur di Indonesia tidak seperti di luar negeri yang diberi garis-garis putih diagonal tepat di atasnya, untuk menandakan kalau itu adalah polisi tidur.

test-slalom-hyundai-grand-i10x

Fitur ini memang berguna untuk meningkatkan kenyamanan dan menghindari kaki-kaki mobil dari kerusakan dini, tapi bersamaan dengan ini kami ingin mengingatkan anda yang suka membuat polisi tidur secara asal-asalan. Kami tahu fungsinya untuk memperlambat kendaraan yang lewat, tapi perhatikan standarnya. Pakailah standar polisi tidur Eropa kalau perlu, yang juga berfungsi memperlambat tapi tak menjadi dilema besar bagi komponen mobil dan motor.

Bagaimana menurutmu, apa kamu pernah atau sering berhadapan dengan polisi tidur yang menyebalkan? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: