Hyundai Patenkan Teknologi Canggih Pendeteksi Polisi Tidur

by  in Berita&Hi-Tech&Hyundai
Hyundai Patenkan Teknologi Canggih Pendeteksi Polisi Tidur
0  komentar
hyundai-ix20

AutonetMagz.com – Selain lubang jalanan, polisi tidur yang dibangun seenaknya sendiri juga menjadi hal yang menyebalkan saat ditemui di jalanan Indonesia. Iya, negara-negara lain memiliki standar tertentu untuk sebuah polisi tidur, tapi Indonesia tidak punya. Tak ada standar ketinggian tertentu, pola tertentu dan standar-standar lain yang membuat polisi tidur bisa memperlambat mobil tanpa harus merusak kaki-kaki. Asal buat saja, yang penting namanya polisi tidur.

Itu hal yang sangat menyebalkan, kalau boleh bawa palu atau bor untuk menghancurkan polisi tidur ngaco ini pasti sudah dilakukan dari dulu. Untuk ke depannya, mungkin teknologi baru dari Hyundai ini bisa sedikit memperpanjang usia kaki-kaki mobil anda, sebab ini adalah sebuah teknologi untuk mendeteksi polisi tidur di depan mobil. (Baca juga : Wow, Jaguar Land Rover Sempurnakan Sistem Pendeteksi dan Penghindar Lubang Jalanan)

teknologi-pendeteksi-polisi-tidur-hyundai

Sistem ini mengombinasikan GPS, kamera dan sejumlah sensor yang akan memberi peringatan pada pengemudi untuk memperlambat laju kalau kecepatan mobil terlalu tinggi, tapi belum dijelaskan apa hanya sekedar memberi alarm atau ikut menurunkan kecepatan secara otomatis. Canggihnya, sistem ini bisa membedakan antara polisi tidur palsu dan asli, misalnya polisi tidur palsu yang diilustrasikan pada gambar di atas.

Mungkin menurut anda, untuk apa Hyundai membuat fitur seperti ini? Polisi tidur kan kelihatan. Iya, fitur ini hanya tidak berguna jika anda termasuk pengemudi yang selalu waspada di jalan, tapi untuk mengantisipasi kalau anda suka meleng karena hal tertentu, fitur ini bisa mengingatkan anda untuk kembali fokus berkendara. Terlebih lagi, polisi tidur di Indonesia tidak seperti di luar negeri yang diberi garis-garis putih diagonal tepat di atasnya, untuk menandakan kalau itu adalah polisi tidur.

test-slalom-hyundai-grand-i10x

Fitur ini memang berguna untuk meningkatkan kenyamanan dan menghindari kaki-kaki mobil dari kerusakan dini, tapi bersamaan dengan ini kami ingin mengingatkan anda yang suka membuat polisi tidur secara asal-asalan. Kami tahu fungsinya untuk memperlambat kendaraan yang lewat, tapi perhatikan standarnya. Pakailah standar polisi tidur Eropa kalau perlu, yang juga berfungsi memperlambat tapi tak menjadi dilema besar bagi komponen mobil dan motor.

Bagaimana menurutmu, apa kamu pernah atau sering berhadapan dengan polisi tidur yang menyebalkan? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • pescarolo

    FYI, Indonesia sebenernya punya standar polisi tidur. Standar tempat untuk beberapa jalan permukinan, konstruksi, sm lupa apaan lg. Standar ukuran jg ada: Ketinggian maksimal 12 cm, lebar minimal 15 cm, dan sisi miring dengan kelandaian maksimal 15%. Yg jd masalah byk yg gatau dan ga patuh sm standarnya.

    Anyway, selain menolong mobilnya, jd menolong fungsi si polisi tidur itu sndiri. Minimal pengendara jd aware kl pada lokasi tertentu, mereka harus jalan pelan.

    • Hillarius Satrio

      sipp.. ini juga yang gue cari-cari (aturan polisi tidur di indonesia), tapi akhirnya djelasin juga sama masbro.. makasih penjelasannya ya

    • jimmy

      Kalo pengalaman saya ke negara tetangga malaysia singapura Polisi tidurnya landaii banget, jauh banget sama yg d indonesia.

      Mana ni ga ada pengawas jalan?

      Manteb bener kalo d buat sperti standar. Tinggi max12cm dan lebar 15cm.

      yg ane rasain selama ini lebarnya ga sampe 10cm. Rasanya ituu g bisa komentarrr

      • readmeone

        Lebar 15cm, tinggi 12cm? 15cm itu pendek loh…dan 12cm untuk polisi tidur dengan lebar 15cm itu rasanya kurang landai. cmiiw

        • pescarolo

          Itu lebarnya minimal, tingginya maksimal. Tinggi dibikin maksimal itu buat nyesuaiin sm ground clearance kendaraan. Lebar dibikin minimal supaya ga dibikin trlalu pendek dan tajam. Tinggal mainin proporsi aja selama ga lewatin batas2 d situ.

  • ap88

    magic body control wannabe

  • RuD¥^

    Wah, ni mobil cucok bnget di pake di indonesiaa..

  • timing

    Pakai land cruiser gak berasa polisi tidur..polisi tidur indonesia ada yg runcing kyk segitiga..kalau naik mobil biasa bak buk bak buk…tp bagus lah dibikin bak buk bak buk drpd sering kecelakaan..di indo di simpang2 empat maen kencang2 aja gaj ada yg mau ngerem dikit..jd hrs bikin polisi tidur yg mematikan

    • C 200

      Hehe ekstrim bgt lu bro

  • Agung Ardy

    Indonesia polisinya tidur ada aturanya tapi yg buat tu yg gk punya aturan buat tuh hehehe

  • C 200

    Percuma di indonesia, polisi tidur aja ada yg dari batok kelapa

  • joe

    Standar pasti ada, hanya penerapannya yg luar biasa disini..
    Dibeberapa jalan aja ada yg pke bekas vulkanisir ban truk, entah standar apa yg ditetapin atau asoy geboy aja yg masang ga mw ribet tinggal paku tuh ban bekas truk, ga mikirin bgmn seandainya paku itu nancep di ban mobil kita kan?? Bukan polisi tidur lagi namanya tp polisi rusuh… Hahahahaa…. 😀