Apa, Nissan Fairlady Z Baru Akan Turun Kasta untuk Melawan Toyota 86?

Apa, Nissan Fairlady Z Baru Akan Turun Kasta untuk Melawan Toyota 86?
0  komentar
Nissan-370Z-Nismo-Concept

AutonetMagz.com – Persis di bawah nama besar Godzilla alias Nissan GT-R, kita harusnya ingat kalau ada Nissan Fairlady Z yang sekarang sudah berkode Z34. Dari dulu hingga sekarang, kode nama Z-car selalu naik, mulai dari awalnya saat masih berwujud Datsun 240Z, lalu ada 260Z, 280Z, 300ZX, 350Z lalu naik jadi 370Z yang beredar saat ini. Nah, kalau begitu apa di suatu saat berikutnya akan muncul Nissan 390Z? Sayangnya, tak akan ada Nissan 390Z, karena Nissan berencana menurunkan kasta Fairlady. Lho kok?

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Senior Vice President & Chief Creative Officer Nissan, Shiro Nakamura. “Nissan 370Z itu mobil yang mahal, makannya kita harus melakukan sebuah revolusi, tepatnya sebuah reposisi. Dengan harga semahal sekarang dan pajak mesin 3.700 cc, tak hanya harga belinya yang mahal, ongkos pemeliharaannya juga mahal,” katanya.

Nissan-370Z-Red

Setelah 350Z dan 370Z, sepertinya 390Z tidak akan jadi Fairlady Z baru. Tidak usah tumbuh lagi, itu sudah cukup besar. Saya tidak berpikir kita harus naik, mungkin harus agak turun. Kami belum memutuskan apa-apa tentang Fairlady Z generasi berikutnya, apakah itu harus lebih besar atau memiliki power lebih. Kita perlu mengambil cara lain, “tambah Nakamura.

Jika Nissan Fairlady Z baru tetap menggunakan format RWD namun dengan mesin, ukuran dan harga yang lebih murah, diklaim lawan yang paling dekat adalah duet Toyota 86 dan Subaru BRZ. Itu jelas jadi kabar baik bagi car enthusiast di pasar yang menerapkan road tax tinggi seperti Malaysia atau pajak berdasarkan emisi seperti Eropa.

nissan-gtr-panning-shoot

Tapi penggemar mobil sport ikonik Nissan lainnya tidak perlu khawatir – Sang Godzilla alias GT-R tidak akan dijinakkan. “Z adalah cerita yang berbeda. GT-R lebih ke arah evolusi. Saya merasa Z lebih membutuhkan revolusi daripada evolusi, “kata Nakamura seraya menambahkan bahwa Nissan hanya akan punya 2 mobil sport di masa depan, GT-R R36 dengan 700 hp dan satu mobil sport lain yang lebih murah.

Nissan IDx Nismo dan IDx Freeflow

Kami berusaha untuk melakukan beberapa alternatif baru bagi generasi Z. Nissan IDX bisa menjadi Z generasi berikutnya, itulah salah satu pilihan yang cocok. IDX memang begitu banyak didukung oleh kalian, tapi secara finansial, keputusan tersebut punya cerita lain.” Tutupnya. Agak disayangkan juga sih kalau Z harus diet, tapi bagaimana menurut anda, khususnya yang suka mobil sport? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: