All New Suzuki Ertiga dan Suzuki Nex II Rakitan Lokal Siap di Ekspor

All New Suzuki Ertiga dan Suzuki Nex II Rakitan Lokal Siap di Ekspor
0  komentar

AutonetMagz.com – Bicara perihal All New Suzuki Ertiga, memang rasanya ada pro dan kontra yang tak bisa dibantah, Ada yang menyebut bahwa LMPV ini memiliki bagian yang agak mirip sama produk sebelah dan apalagi? Tapi dibalik semua kontroversi yang dibuat All new Ertiga ini ternyata bisa tembus ke pasar global loh meski gak sendiri. All New Suzuki Ertiga ditemani oleh Suzuki Nex II yang keduanya dirakit di Indonesia.

Dimana tepatnya? Pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki pabrik di Tambun dan Cikarang untuk perakitan mobil-mobil ini. Bekasi? Siapa bilang Bekasi isinya panas doang? Dan dari tadi kita belum ngomongin kapan akhirnya All New Suzuki Ertiga danSuzuki  Nex II ini dapet ijin untuk ekspor, mereka mendapatkan ijin mulai dari tanggal 22 Oktober 2018 kemarin.

Peluncuran ini didukung oleh PT SIM (Swakarya Insan Mandiri), Program ekspor dari All New Suzuki Ertiga dan Suzuki Nex II ini bukan tanpa sebab, katanya mereka ingin turut mendukung program pemerintah yaitu Revolusi Industri 4.0, dimana dalam rencana tersebut industri otomotif masuk dalam salah satu penggerak ekonomi dalam negeri. Sebagai salah satu pemain yang cukup terkemuka di bidang ekspor, Suzuki Indomobil Sales mendapat gelar peringkat ketiga dalam urusan basis produksi mobil dan motor ekspor dunia setelah cabang Suzuki di Jepang dan India, menarik juga.

Sedikit sejarah tentang Suzuki di Indonesia, pabrikan ini memulai ekspor pada tahun 1993, disana mereka mulai mengekspor Suzuki Carry Futura, Carry Real Van, dan Suzuki Katana. Sebanyak 478.351 unit adalah angka dari ekspor produk Suzuki ke luar dunia melalui produk CBU dan CKD-nya ke berbagai negara. Bagaimana dengan Suzuki Ertiga lama? Dahulu Suzuki Ertiga mulai di ekspor pada tahun 2013 hingga sekarang. Sebanyak 42.158 adalah angka yang dicapai oleh Ertiga hingga 2018, dan kini All New Suzuki Ertiga telah mengekspor 12.000 unit ke 20 negara, diantaranya ada Meksiko dan Filipina.

Kalau ditanya apakah hanya produk mobil saja yang di ekspor oleh pihak Suzuki? Jawabannya tidak, beberapa produk seperti Suzuki Satria Fu dan Suzuki Smash pernah dikapalkan pula ke beberapa negara. Ada sistem yang disebut dengan Suzuki Quality Policy dimana peraturan tersebut yang membawa Suzuki hingga saat ini, tujuannya? Memprioritaskan keamanan dan kepercayaan konsumen baik dalam dan luar negeri. Sebuah langkah yang baik buat Suzuki mengingat himbauan pemerintah agar kita mendukung produk dalam negeri. Bagaimana? Tertarik dengan produk-produk dalam negeri ini?

Read Prev:
Read Next: