All New Land Rover Defender : Tetap Kotak, Tapi Modern

0  komentar

AutonetMagz.com – Jika pihak Mercedes-Benz masih terus mempertahankan desain sangat mengotak dari G-Class, nampaknya pihak Land Rover berpendapat bahwa hal tersebut perlu di-update sesuai dengan perkembangan jaman. Dan langkah itu diwujudkan pihak Jaguar Land Rover melalui produk terbaru mereka yang sekaligus menjadi versi teranyar dari mobil lejen mereka, All New Land Rover Defender. Mari Kita bahas.

Pihak JLR akhirnya membuka tabir yang selama ini menutupi All New Land Rover Defender, walaupun kami juga sebenarnya sudah tahu bagaimana wajah dari mobil ini melalui bocoran – bocoran yang muncul. Yang jelas, walau sekilas terlihat jauh lebih modern dibandingkan dengan Land Rover Defender lawas, namun sosok terbaru ini masih menyiratkan garis body yang mengotak, hampir di seluruh lekuk bodynya. Di sisi depan contohnya, lampu All New Land Rover Defender dibuat mengotak dengan grille dan bumper yang berkesan bold dan tangguh. Pilar A kebelakang juga dibuat agak tegak dan mengotak.

Sedangkan dari sisi samping, tidak ada kesan lain yang muncul dalam pikiran kami selain ‘Kotak’. Sedangkan sisi belakangnya pun masih menyiratkan kesan yang sama. Lampu belakangnya dibuat sejajar dengan pilar D dengan bentuk lampu bulat yang dibingkai dengan LED yang juga mengotak. Ada ban cadangan model konde di sisi belakangnya, dan bumper belakangnya terlihat sangat manly. Mobil ini dibangun dari platfrom D7x dan akan dijual resmi pada musim semi 2020 mendatang. Varian yang akan dijual terlebih dahulu adalah varian Defender 110.

Varian tersebut berkonfigurasi 5+2 penumpang, dengan 4 opsi aksesoris, yaitu Explorer, Adventure, Country, dan Urban. Oiya, FYI, Defender 110 artinya versi long wheelbase. Sedangkan varian short wheelbase berkode Defender 90 akan dijual menyusul, termasuk untuk varian komersial. Yang menarik, untuk varian Defender 90 bisa memuat penumpang sebanyak 6 orang, yaitu 3 didepan dan 3 di belakang. Jika tidak ingin memuat 3 penumpang di depan, bangku tengah di sisi depan bisa dilipat dan otomatis menjadi center console, cerdas.

All New Land Rover Defender juga masih memiliki kapabilitas off road yang memadai. Mobil ini memiliki ground clearance 291 mm, dengan approach angle 38 derajat, breakover angle 28 derajat, dan departure angle 40 derajat. Maximum wading depth mobil ini juga ada di angka 900mm. Berbagai fitur off road juga dijejalkan ke mobil ini, seperti Center Slip Limited and Center and Rear Slip Limited options that can be activated using the central touchscreen controller, Wade Sensing, Land Rover All-Terrain Progress Control, dan ClearSight Ground View yang tergabung dalam paket Configurable Terrain Response.

Untuk dapur pacu, All New Land Rover Defender ditawarkan dalam 2 opsi mesin bensin, yaitu varian P300 dan P400. Untuk P300, mengandlakan mesin 2.000cc inline 4 Turbo yang memiliki tenaga maksimal 300 PS. Sedangkan P400 mengandalkan mesin mild hybrid 48V electric supercharger dan mesin 3.000cc inline 6 Twin Scroll Turbo dengan tenaga 400 PS. Kedua mesin ini menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan lansiran ZF dan Twin Speed Transfer Box. Untuk varian Diesel, ada opsi mesin D200 dan D240. Keduanya menggunakan kubikasi yang sama, yaitu 2.000cc, namun memiliki keluaran tenaga yang sesuai dengan serinya, yaitu 200 PS dan 240 PS.

Varian PHEV juga akan ditawarkan di tahun – tahun berikutnya. Untuk fitur, mobil ini mengusung fitur standar seperti Adaptive Cruise Control and Rear Pre-Collision Monitor, Rear Traffic Monitor, Clear Exit Monitor, Emergency Braking, Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition, Driver Condition Monitor, dan front & rear Parking Aids. Harga dari mobil ini adalah 49.900 USD untuk versi termurahnya, atau setara 701 jutaan Rupiah. Harga tersebut untuk pasar US, dan varian 110. Sedangkan varian 90 alias SWB diharapakn akan dipatok di angka 40.000 Pounds (690 jutaan Rupiah).

Jadi, apa tanggapan kalian pada All New Land Rover Defender???

Read Prev:
Read Next: