All New Honda BR-V Menuju Pasar Global, Ekspor Ke 30 Negara

by  in Berita&Honda
All New Honda BR-V Menuju Pasar Global, Ekspor Ke 30 Negara
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi melakukan ekspor perdana untuk all new Honda BR-V 2022 pada Rabu (16/03) lewat seremoni yang bertempat di PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Seremoni ini turut dihadiri oleh Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. selaku Menteri Perindustrian (Menperin) dan Takehiro Watanabe selaku President Director PT HPM.

Langkah Perdana Ekspor All New Honda BR-V

Untuk ekspor perdana all new BR-V, sebanyak 69 unit dikirimkan ke beberapa negara di Kepulauan Karibia. Adapun negara pertama yang mendapatkan Honda BR-V terbaru di luar Indonesia adalah Barbados, St. Lucia, serta Trinidad dan Tobago. “BR-V dikembangkan dan diproduksi untuk konsumen Indonesia dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi,” ucap Watanabe.

Seperti yang diketahui, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari BR-V sendiri sudah mencapai 80%. Tak heran karena hingga saat ini all new Honda BR-V 2022 memang eksklusif hanya dirakit di Indonesia tepatnya di plant Karawang. Watanabe juga menyampaikan, “Setelah disambut dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia, kami yakin All New Honda BR-V yang diproduksi dengan standar dan kualitas internasional dapat diterima di negara lain dengan baik.”

Tambah Jumlah Negara Tujuan Ekspor

Untuk langkah selanjutnya, PT HPM akan menambah jumlah negara tujuan ekspor all new Honda BR-V hingga sekitar 30 negara di seluruh dunia. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan sebanyak 6.000 unit BR-V terbaru hingga Desember 2022 mendatang.

“Kemudia Honda Brio totalnya 4.000 unit untuk dikirim ke Filipina,” tambah Billy. Jika ditotalkan, artinya PT HPM akan meng-ekspor total hingga 10 ribu unit hingga akhir 2022. Sebelumnya, Honda Indonesia telah mengekspor Honda Brio ke negara Vietnam dan Filipina sejak tahun 2019. HPM juga telah mengekspor Honda Freed ke beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Afrika Selatan sejak tahun 2009 hingga 2014.

Langkah serta kinerja ekspor terbaru dari Honda Indonesia tentunya sangat diapresiasi oleh banyak pihak, termasuk Menperin Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si.. “Yang kita ekspor sekarang adalah, boleh saya klaim menjadi mobil buatan Indonesia karena 80% yang diekspor ini komponennya adalah local component. Jadi boleh dibilang ini adalah mobil Indonesia, dan kita harus bangga terhadap itu,” ungkapnya mengakhiri seremoni perilisan ekspor BR-V terbaru.

Read Prev:
Read Next: