Akhirnya VW Tarok Menunjukkan Wajahnya, Tapi Di Brazil

0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah muncul teaser-nya di minggu lalu, akhirnya VW benar-benar sepenuhnya memperlihatkan wujud dan wajah dari mobil konsep pikap barunya, VW Tarok, di Sao Paulo International Motor Show, Brazil. Sebetulnya agak gimana kalau menyebutnya sebagai mobil konsep, karena menurut kami mobil ini sebetulnya terlihat sudah cukup siap untuk diproduksi. VW sendiri juga sebetulnya sudah menegaskan soal ini. Mereka mengatakan akan segera memasarkan mobil konsep VW Tarok ini di pasar Brazil dengan hampir tidak ada perubahan pada mobil ini. Meskipun hal ini sudah pasti, kami juga tertarik untuk menunggu, apakah VW Tarok ini akan hadir di pasar lain juga ya? 

Mungkin bisa juga terjadi, karena menurut press release-nya mengatakan, “pikap yang inovatif ini juga memiliki potensi untuk melengkapi model Volkswagen di pasar global lainnya.” Tetapi terlihat tidak mungkin untuk pasar Amerika Serikat karena ukurannya yang kecil. VW sendiri menggambarkan VW Tarok sebagai kombinasi antara SUV dan ‘pikap sepanjang lima meter’ yang dirancang secara brilliant, menurut mereka. Jadi bisa disimpulkan juga kalau VW Tarok ini sedikit lebih kecil daripada VW Amarok sehingga tidak bisa memuat barang sebanyak VW Amarok. Tapi bukan berarti VW Tarok tidak bisa dianggap sebagai ‘pekerja keras’, mungkin hanya lebih berorientasi pada lifestyle jaman now daripada saudaranya yang lebih besar tadi.

Bagian bak dan bodinya saja tergabung menjadi satu. Omong-omong soal bak, pada dasarnya bak bisa lebih luas lagi karena panel di belakang yang bisa dilipat, yang juga terhubung ke kursi double cab ini. Jadi, VW Tarok bisa memberi muatan maksimum sekitar 1 ton. Yang menjadi sorotan dari desainnya selain bak yang terhubung langsung adalah atapnya yang terinspirasi dari atap Targa, bagian depan yang mengingatkan kita dengan VW Atlas Tanoak Concept, dan strip pencahayaan LED tiga dimensi di bagian belakang.

Menengok bagian dalam, para pekerja pra produksi menyematkan dashboard modern dengan kokpit virtual yang terlihat semakin cocok dengan layar touchscreen pusat yang dilapisi kaca. Bahkan control untuk AC sudah dalam bentuk digital. Memang tidak terlihat di gambar karena layarnya masih dilapisi pelindung plastik. Warna interior dan eksteriornya pun dibuat senada. Namun secara visual, yang menghubungkan interior dan eksteriornya adalah crossbar berwarna Cypress Metallic. Sangat keren kan untuk sebuah mobil pikap.

Bocoran lain, pikap ini bukanlah pikap biasa karena faktanya, konsep VW Tarok menggunakan platform mobil penumpang MQB VW yang sudah digunakan di mobil lainnya seperti VW Tiguan. Kendaraan ini memiliki mesin bertenaga 148 dk dengan kubikasi 1.4 liter TSI 4 silinder yang minumnya etanol murni (E100) dan campuran bensin etanol (E22). Selain itu, kendaraan ini juga terhubung pada girboks otomatis dengan 6 percepatan dan all-wheel drive 4Motion untuk sistem geraknya. Model produksinya juga akan dipasangi unit turbo diesel TDI 2.0 liter dengan output daya yang sama.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian juga mengharapkan model ini masuk ke pasar Indonesia?

Read Prev:
Read Next: