Ford Dan Volkswagen Resmikan Aliansi Baru, Fokus di Pickup & Van

by  in Berita&Ford&International
Ford Dan Volkswagen Resmikan Aliansi Baru, Fokus di Pickup & Van
0  komentar

AutonetMagz.com – Desas desus mengenai akan munculnya aliansi baru antara Ford dan juga Volkswagen akhirnya menemui jawaban. Keduanya telah meresmikan aliansi baru untuk bekerjasama saling bahu – membahu dalam dua fokus utama, yaitu pada segmen pickup yang meliputih double cabin di dalamnya, dan juga untuk segmen komersial melalui mobil – mobil berjenis van. Kerjasama ini sendiri akan berskala global. Yuk kita bahas lebih dalam.

CEO dari Ford, Jim Hacket menyebutkan, “Seiring dengan berjalannya waktu, aliansi ini akan membantu kedua perusahaan untuk menciptakan produk dengan value yang dibutuhkan oleh konsumen dan juga masyarakat. Hal ini tak hanya mendorong efisiensi secara signifikan, namun juga membantu kedua perusahaan untuk meingkatkan kapabilitas mereka, serta membuka kesempatan bagi kedua perusahaan untuk berkolaborasi guna menghadapi era mobilisasi di masa depan“. Nah, dengan kerjasama keduanya, dipastikan ada beberapa nama tenar yang akan masuk dalam proyek aliansi ini.

Sosok Ford Ranger dan VW Amarok dipastikan menjadi salah satu buah dari proyek ini di masa depan. Hal ini sendiri sempat kami bahas pada artikel yang berbeda. Selain itu, Ford juga memiliki Ford Transit yang bisa berkolaborasi dengan VW Transporter ataupun VW Caddy. Nah, walaupun membentuk aliansi baru, kedua merk ini tak akan saling memiliki. Maksudnya, pihak Ford tak membeli saham VW, begitupun sebaliknya. Dan aliansi baru ini sendiri akan dikepalai oleh Jim Hackett sendiri bersama dengan CEO VW, Herbert Diess berupa joint comittee.

Nah, kolaborasi antara dua merk ini tentunya akan meminimalkan biaya untuk riset dan pengembangan, karena akan ditanggung bersama. Untuk urusan pembagian tugasnya, Ford akan bertanggung jawab untuk mengembangkan medium sized pickup yang akan dijual oleh kedua pabrikan ini pada tahun 2022 mendatang. Begitu pula dengan commercial van untuk pasar Eropa akan menjadi tanggung jawab pabrikan asal Amerika ini. Sedangkan Volkswagen akan bertugas mengembangkan city van untuk dijual oleh keduanya.

Selain bekerjasama dalam hal mobilitas di kedua segmen itu, MoU antara Ford dan Volkswagen juga menyebutkan bahwa keduanya akan berkolaborasi dalam hal autonomous vehicles, mobility services, dan teknologi mobil listrik. Tentunya menarik untuk melihat bagaimana hasil kerjasama antara raksasa dari Amerika Serikat dengan Raksasa asal Jerman ini. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: