Mengenal Mercedes-Benz Unimog : Truk Serbabisa

by  in Mercedes-Benz
Mengenal Mercedes-Benz Unimog : Truk Serbabisa
0  komentar

AutonetMagz.com – Unimog merupakan mobil unik ciptaan Mercedes-Benz. Ya, Mercedes-Benz tidak hanya terkenal dengan mobil mewahnya, divisi truknya juga mampu menciptakan kendaraan tangguh. Unimog ini unik, sampai – sampai artis pun sempat rela memilikinya, siapakah dia?

Tepat setahun yang lalu, Arnold Schwarzenegger sang Terminator, memasukan salah satu koleksi truknya di situs jual beli e-Bay dengan harga $ 350.000. Selain karena truk ini eks Arnold dan terdapat tanda tangannya di dashboard, truk ini juga spesial, truk ini adalah Mercedes-Benz Unimog tahun 1977 yang merupakan truk offroad tersadis yang pernah ada. Saat ini Texas Direct Auto masih menjual dengan harga $ 329.980, cukup mencengangkan mengingat dengan harga tersebut setara dengan 3 buah AMG GT.

Spesifikasi mobil ini cukup menarik karena selain mendapatkan mesin inline-six 6.400cc dengan turbocharger dan transmisi semi-otomatis, kita juga mendapatkan ban super besar, kursi dengan teknologi air-ride, sound system dari Blaupunkt, winch, suspensi udara, fitur pengisian angin ban, serta lampu offroad dari Hella.

Meskipun truk ini sangat disukai Arnie, panggilan Arnold, truk ini tidak pernah menjelajah sampai jauh. Odometer hanya menunjukan angka 1865 mil. Status yang belum terjual disebabkan karena banyak yang beranggapan mobil ini tidak 3x lebih worthy dibandingkan AMG GT. Namun kami rasa kurang pantas membandingkan mobil ini dengan mobil sport.

Sejarah truk Unimog (Universal-Motor- Gerät) pada awalnya diinisiasi pasca perang dunia ke-II dimana Jerman membutuhkan kendaraan untuk pertanian. Siapa sangka seiring berjalannya waktu mobil ini dapat menjadi mobil segala medan dari mulai menjadi penarik kereta, pembangkit listrik, mesin potong, crane, bajak salju, dan lainnya.

Hal ini disebabkan dari desain yang multi guna, kemampuan offroad yang handal dan terdapat slot – slot tertentu apabila ingin membuat alat berbasis putaran mesin. Salah satu hal menarik juga ada pada as rodanya yang tidak sejajar dengan sumbu roda, posisi as roda ada diatas dan baru terhubung ke poros roda saat sudah dekat dengan rem, hal ini membuat ground clearance di bagian tengah menjadi tinggi sob. Dilihat dari kegunaan, sejarah serta tampilan, nyatanya mobil ini tetap keren dan oke bukan?

Read Prev:
Read Next: