7 Kelebihan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang Patut Diwaspadai oleh Datsun GO!

by  in Daihatsu&Datsun&Nissan
7 Kelebihan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang Patut Diwaspadai oleh Datsun GO!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Datsun GO+ Panca saat ini boleh menikmati gurihnya penjualan LCGC 5+2 mereka, karena hanya Datsun saja yang memiliki 3 buah baris kursi untuk kelas LCGC. Tapi mungkin hal tersebut tidak lama lagi, karena Toyota dan Daihatsu sudah menyiapkan penantangnya yang sama-sama memiliki konfigurasi 5+2 yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dengan kelebihan-kelebihan yang patut diwaspadai oleh Datsun GO+ Panca.

Perlu diketahui bahwa penjualan Datsun selama ini hampir 80%-nya disumbang oleh varian Datsun GO+ Panca 5+2, sedangkan Datsun GO Panca hatchbacknya berkisar 20% saja. Oleh karena itu kami sengaja menulis ini memperingati bahwa duo Astra ini akan menjadi mesin pembunuh bagi Datsun. Kenapa kok bisa? Simak 7 fakta berikut:

1. Mesin 1.200 cc 4 silinder

Toyota Vios 2013 Mesin

Salah satu yang menjadi daya tarik Datsun ada pada mesin 1.200 cc-nya yang bertenaga. Mesin yang mengambil basis dari Nissan March ini memiliki 3 buah silinder dan pilihan transmisi manual 5 percepatan saja. Bagaimana dengan Calya dan Sigra? Toyota dan Daihatsu memberikan mesin berkapasitas sama dengan Datsun, yaitu 1.200 cc. Tapi, Calya sedikit lebih baik karena menggunakan 4 silinder dan teknologi VVT-i, sehingga getaran dan suara mesin pasti lebih baik dari Datsun.

2. Belakangnya Lebih Lega

Toyota Calya 7 seater adik avanza
Sudah pernah duduk di bangku belakang Datsun GO+ Panca? Apakah muat? Sempit? Ya, tentu saja mobil tersebut sempit, memang Datsun GO+ Panca dirancang untuk ditempati anak kecil saja di bangku baris ketiganya, begitupula dengan Calya dan Sigra. Yang membuat Calya dan Sigra lebih unggul disini, dari gambar bocoran yang kami dapatkan, ia memiliki bentuk belakang yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan Datsun. Tanpa harus mencobanya terlebih dahulu, kami rasa kita sudah tahu siapa yang memiliki bangku baris ketiga lebih lega disini.

3. Fiturnya Lebih Lengkap

Kualitas material interior dan dashboard Datsun GO LCGC
Untuk menjaga harga yang terjangkau, Datsun dibekali dengan fitur-fitur yang sangat sederhan. Sebut saja airbagnya hanya satu, audio hanya 2 speaker, power window terpisah, tiada electric mirror serta hal-hal lainnya. Sedangkan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra akan memiliki fitur jauh lebih lengkap, contohnya saja ia memiliki AC double blower, velg racing, electric mirror, dua buah airbags, ABS untuk varian tertinggi, empat buah power window yang bisa diatur secara universal dari pengemudi, fog lamp dan hal lainnya. Memang sih lebih mahal, tapi Toyota dan Daihatsu juga memiliki tipe rendah yang memiliki harga berbenturan dengan Datsun GO+ Panca. Sadis!

4. Harga Bersaing
Kalau ditanya apa mobil dengan kursi 3 baris termurah saat ini, tentu saja kita akan menjawab Datsun GO+ Panca dengan harga 94.6 juta Rupiah. Nah, bagaimana kalau sales Daihatsu menawarkan Daihatsu Sigra dengan harga yang lebih mahal beberapa juta Rupiah saja dengan mesin 4 silinder, bangku baris ketiga yang lebih lega serta bagasi yang lebih lega pula?

5. Dukungan Finansial

buka-bersama-nissan-indonesia
Salah satu alasan Toyota dan Daihatsu bisa memiliki penjualan dengan angka yang cukup baik, selain dari sisi produk, Astra selalu membekali konsumen mereka dengan pilihan financing yang amat banyak dan beragam untuk memudahkan konsumen memilih leasing sesuai dengan kemampuan mereka. Nissan juga sebenarnya juga mempersiapkan hal tersebut dengan membuat Nissan Finance sebelum meluncurkan Datsun ke Indonesia untuk memberikan kemudahan bagi calon konsumen Nissan terutama Datsun. Tapi apakah langkah tepat Nissan masih bisa membuatnya melawan the big giant?

6. Lebih Segar
Yang namanya mobil baru, pasti selalu lebih menarik dan menggiurkan dibandingkan dengan mobil lama yang sudah diluncurkan beberapa tahun silam. Meskipun bentuk Toyota Calya nantinya belum terlihat bagus atau tidaknya, tetapi faktor “kebaruan” selalu menjadi hal menarik untuk dibahas.

7. Brand Image!
Yes, ini adalah faktor yang membuat siapa saja mempertimbangkan kembali sebelum menentukan pembelian mobil. Dengan brand image Astra yang melekat pada Toyota dan Daihatsu, tentu saja hal ini akan menjadi PR untuk Datsun.

7 hal tersebut bukanlah hal yang bisa dianggap enteng oleh Datsun dalam memetakan persaingan ke depannya. Datsun harus segera berbenah dan meremajakan diri agar tidak tenggelam dalam persaingan. Semoga saja ke depannya Datsun mau mendengarkan kemauan konsumen dengan adanya peta persaingan di kelas LCGC 5+2 saat ini, bukan membuatnya pasrah dan menyerah dengan persaingan. Go Datsun!

Read Prev:
Read Next:
  • Laksito

    Barangkali tahun depan bakal hadir Datsun Go+ baru, Miη¿?

  • Always35

    Datsun harus waspada, amunisi toyo-dai buat bantai go+ udah tinggal eksekusi aja dan dan datsun go+ nya harus dibenahi semua faktor kalo gak mau kalah, apalagi kelas begini faktor “brand image” seperti yg bang ridwan bilang sangat ngaruh~

  • farid

    Mau pasang harga berapa untuk tipe teratas kalau fiturnya termasuk paling komplit di segmen LCGC,apa harganya bakal berbentur dgn harga xenia tipe terbawah?

  • Ugyz

    Kalau gue yg pegang Datsun.. Gue mau bikin datsun ala Avanza dengan harga 50jt per unit.. kualitas sama dgn avanza.. apa berani astra melawan?

    • pescarolo

      astra gausah ngelawan. cuekin aja, ga lama jg datsun nya bangkrut…

      • Josia

        Setuju bang 😀

        • nusantara nusantara

          astra gak usah nglewan, cukup gedein emblem aj, masih laku kan

          • Gakkou gurashi

            ASTRA gak usah ngelawan, cukup sunatan masal aja juga laku

          • Putra

            Ngeri ngeri hahaha. Jangan lupain merk korea. Kebiri masal

    • Daffa

      Gk masuk di akal komennya

    • Masih kecil

      Komennya gak masuk akal…….minum panadol dulu sana

    • Dual VVTI

      Avanza torsinya padet gak kayak datsun loyo dan limbung ,stabil dijual juga stabil
      Sory beda kelas bung toyota dan datsun hahaha

  • Rafi M. P.

    Hmm, paling murah 94 jutaan. Avanza baru diluncurin dulu akhir 2003 harganya 80 juta tipe E, coba dijual waktu itu pasti harganya 35jtan buahaahahaha

    • dulu tipe E 89, tipe G 99 juta…. indennya setahun…. hahahaa

      • Masih kecil

        Seriusan harganya segitu…..

        • farid

          coba lihat brosur mobil atau iklan mobil di koran atau majalah jaman dulu,kijang innova saat launcing tahun 2004 aja harganya dibawah 150jutaan untuk tipe terbawah

    • Indra

      Kayaknya yg harga segitu sudah bisa beli Sigra termurah, kalau Calya termurah sih udah 120 atau 130 jutaan lebih deh, tinggal liat fitur Sigra termurahnya..

  • makelar mobil baru

    Sadis nih, gw yakin baru denger rumor begini aja, segenap jajaran marketing dan sales datsun bakal kelojotan terkencing-kencing & stress ampe ga ada gairah bercinta. Siap2 buka komputer, buka file cv, siap2 ngelamar di toyota, atau honda sekalian.

    Calya-sigra bakal menang di lcgc 5+2, brio satya (terutama e cvt) yg nguasain lcgc 5 penumpang. Pasar lmpv 1.5 amannn ga kesentuh. Btw, lampunya kok sama kyk mpok nopah? Yakin yg punya mpok nopah ga misuh-misuh?

    • Danzt

      Brio Satya nguasain lcgc 5 penumpang? Mimpi!

      • makelar mobil baru

        Bung, taun kmaren brio satya yg pegang lcgc paling laris. Itu juga baru manualnya aja, apalagi skrg yg keluar matic.

        • agya masih diatas kok bro, data gaikindo bilang begitu….

        • hhhhhh

          Shame on you honda nigga

          • sereal

            lol

    • Indra

      LCGC hatchback 5 seater kan Agya no.1 dari awal muncul. Brio no.1 itu yg non lcgc

    • Dual VVTI

      Toyota the best,agya dual vvti,hebat dan irit !!

  • Tulus Budi

    gapapa biar Datsun Go segera membenahi PR-nya……. gimana dengan WagonR 7 Seater ? sepertinya bakal diluncurkan

    • nggak jelas itu… hahahaa

    • Indra

      Katanya lg dibikin di India, nantinya satu basis dgn Wagon R generasi berikutnya.

  • Dual VVTI

    infonya belum akurat nih. Mesin Calya Sigra ga cuma VVT-i, tapi DUAL VVT-i coy.

    Oooi Ridwan Hanif, kata lu dulu ngimpi kalo Calya pake VVT-i? gue masih ingat komentar lu.

    • hawthorn

      karena gak biasanya toyota/daihatsu kasih fitur begituan buat mobil-mobil kelas bawah …

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      The power of tagline “Let’s go beyond” :v :v

      • zul ari

        Untung aja TAM ngak ikut² tan pake tagline toyota jepang :v

        • Indra

          Fun to Drive again yooo…..tapi tiap negara/region tagline Toyota beda-beda, ga cuma di indo yg ganti tapi Thailand dan Malaysia udah bukan moving forward lagi

          • zul ari

            Ane sebenernya penasaran sama mobil² toyota jepang yang sekarang rata² bentuknya rada sporty semua contohnya toyota auris yang baru apa rasa nyetirnya juga sporty ya??….atau cuma taglinenya aja ?

          • Indra

            Tagline baru itu sebenarnya mencerminkan dari Toyota sekarang sejak dipimpin oleh Akio Toyoda, cucu pendiri Toyota yg kepingin membangkitkan semangat fun to drive Toyota tahun 80an dulu (di Jepang pake tagline itu tapi sekarang tambah again), makanya sejak 86 hachiroku, desain Toyota udah berubah kyk sekarang dgn “keen look” nya, soal rasa nyetir sih kalo dilihat dari review-nya beberapa mobil Toyota sekarang, memang sudah lebih baik tapi gak sesporty Honda apalagi Mazda. Jadi menurut gua taglinenya tercermin dari desainnya sekarang…

          • Dual VVTI

            Pokoknya TOYOTA NOMOR SATU DAN SEMPURNA !!!

          • Dual VVTI

            klonengan gebleg nyembah toyota. gw ga selebay itu juga kali coy. gw fair aja, toyota emang udah berbenah mulai ninggalin stereotype boring nya. Ridwan Hanif aja salah prediksi dengan under estimate bahwa Calya ga bakal pakai mesin Dual VVTI.

          • hawthorn

            under estimate karena toyota / daihatsu sejarahnya kan gitu klo ngasih fitur ke mobil2nya di Indonesia, sunat parah, basic abis mobilnya, liat dulu avanza – xenia / rush terios .. facelift ya gitu2 aja, cuma sentuhan bodykit sama stiker2 murahan yang bisa dipasang di tukang stiker pinggir jalan, apalagi rush / terios yang udah kena facelift sampe mampus, tetep gitu-gitu aja …

            Ya baru kali ini aja karena rival-rivalnya pake fitur yg lebih advance, toyota / daihatsu jadi ikutan biar gak kalah saing .. klo gak ada rival ?, sampe mampus pun fiturnya bakal gitu-gitu aja …

          • Putra

            The power of workhard to activate the brand. Toyota bakalan tetep laku even fiturnya minim.
            Yang beli rush bersticker ada ada aja ternyata ._. , mungkin buyernya pengen rasa suv beneran ketimbang lmpv yang ditinggiin.

          • Masih kecil

            Mas Ridwan itu ga tau kalo si calya itu pake mesin Dual VVTI soalnya LCGC.

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Lah, lu kan yg punya rush abu2 kan??!

          • zul ari

            Hmhmhmhm….mungkin lu salah orang sob ?

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Lu skrg tinggal dmn?

          • zul ari

            Main² lah ke riau kalau mau dateng kerumah ane….

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Ya bener dong… Lu yg pgn pasang pelek TRD sportivo antimo itu kan?? Sama yg pernah post pasang jok kulit??

          • zul ari

            Hahahaha…..inget banget lu gan ?

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Ah, nanti klo gw kasih tau nama asli pasti langsung inget dah lenal deh :v :v

    • Ardhi putra

      Fanboy marah om wkwkwkwk

      • Adib Salehi Takhasomi

        Ikut ngakak. Hahahha

    • Davis Jenson

      sales toyota ngamuk2 nih haha

    • Adib Salehi Takhasomi

      Dual vvtinya moga signifikan perbedaan tenaga dan konsumsi bbm. G kaya dual vvtinya avanja yang bedanya seiprit tp iklannya seoprot

      • Masih kecil

        Wkwkwkwkwkwk………………………

  • Levi

    Kayaknya AutonetRent mau nambah armada rentalnya nih ???

    Lumayan lho, murah, irit, muat banyak ?

    • pasar avanza sih kegerus kayaknya

      • siswanto18

        gua aja sewanya bakal pindah ke calya dan sigra kalo lagi jalan2. mendingan kuras abis avxennya bos,

        • Always35

          Mobil2 travel gelap/rental di daerah yg rata2 avanza-xenia mungkin aja bisa pindah ke cayla-sigra. mungkin loh yaa ?

      • Levi

        Pasti, apalagi Calya harga sewanya bs lbh murah dr Avanza

    • Always35

      Direntalin asik tuh mobil atau jadi uber, tapi tunggu wujudnya dulu deh biar gak penasaran jangan cuman foto ajah ??

      • Levi

        Hahaha bakalam banyak dipake uber tuh kayaknya ?

  • Indra

    Mungkin buat fitur safety buat versi Daihatsu bakal beda dikit sama Toyota, kayak Avanza-Xenia facelift dan agya-ayla misal, ABS Avanza ada disemua tipe sedangkan Xenia cuma tipe tertinggi doang, kemudian airbag di agya ada dua biji di semua tipe, Ayla jg 2 airbag tapi cuma tipe tertinggi (X Airbag), trus headrest tengah yg buat baris kedua + seatbelt tengah + indikator seatbelt penumpang tengah di Avanza ada di semua tipe, sedangkan utk xenia disunat

    • Kasugano Sora

      Senia semua tipe TIDAK ADA ABS
      bahkan Teroris pun yang ada ABS HANYA TIPE R/AT
      Itulah hebatnya Astra Ustahiad

      • Indra

        Oh iya, immoblizer yg xenia pun cuma tipe tertinggi doang, trus Ayla cuma satu satunya yg airbagnya belum standar kayak saudaranya dan rival walau cuma satu airbag (Ayla cuma di tipe tertinggi + airbag), apalagi luxio. Memang nasib sebagai merek “kelas dua” Toyota.

      • Putra

        Emang hhe. Tapi back to reality penjualan avanza agya juga diatas xenia ayla. Sesuai lah what you pay what you get.

  • Indra

    Bumper Daihatsu Sigra kayak Avanza-xenia facelift + ayla

  • farhan

    kayaknya poin ke 3 ga terlalu bener deh..soalnya kita gak akan pernah tau sampe mencoba..bisa aja belakang lebih panjang..tapi gimana kalo sama sempit ama datsun go+?

    • Indra

      Panjangnya sih 3,9 meter alias sebelas duabelas sama Datsun, tapi bisa jadi lebih unggul dari sisi legroom dan headroomnya, malah kata salesnya ngeklaim bahwa ini mobil bisa muat 7 orang (bukan 5+2) dan busa joknya sama tebalnya dgn Avanza – kata sales lohh…

  • Masih kecil

    Abis cayla-sigra keluar,(maybe) mobilio satya/mobilio 1.2L

    • Adib Salehi Takhasomi

      Kayaknya g deh

  • jodieisme

    diatas 120 juta…?
    LCGC..?

    • farid

      satu dollar aja nilai rata2nya ke rupiah sekitar Rp13.000,berarti $10.000 nilainya 130juta.dulu saat pemerintah mengeluarkan regulasi LCGC,persyaratannya adalah mobil harus dipasarkan dgn harga maksimal $10.000(kadang beberapa mobil LCGC harganya lebih dari itu),namun saat itu memang mobil LCGC harus dibandrol dibawah 100 juta karena saat regulasi LCGC digodok sekitar tahun 2012 nilai tukar dollar ke rupiah masih dibawah Rp10.000,baru sering terjadinya inflasi yg membuat nilai tukar rupiah melemah sampai saat ini membuat harga LCGC berubah yg harusnya dibawah 100jutaan menjadi diatas 100jutaan
      *CMIIW

      • Davis Jenson

        semua lcgc kan produksinya di indonesia. ya ga ada pengaruhnya sama dollar

        • hawthorn

          yoi bro, rakitan lokal, komponen yang dipake 99% lokal, masa masih dipermainkan dolar ??!, akal-akalan prinsipal negara dan pabrikan itu mah!, cuih! …

          • Yui Kuroda

            Emang tuh alesan ATPM buat naikin harga tapi kualitas sunatan mang engking

        • rava.kar

          sedikit banyak berpengaruh sih, kan keuntungan perusahaan kalau dikonversi ke dolar jadi menyusut… wkwkwk

    • rava.kar

      brio satya cvt aja ude 149 jeti bro…

      • Adib Salehi Takhasomi

        Yang satya sekarang ada yg cvt to? Baru tahu ane. Soalnya terakhir update cvt khusus buat yang brio non lcgc

        • rava.kar

          iya ada, satya e cvt, baru keluar pas iims kemaren, 149 jt otr jakarta

          • Masih kecil

            Mending ambil mobilio tipe s…..

  • tfk001

    Kemudian tiba-tiba Mobilio dengan mesin 1200cc masuk dan menghancurkan segalanya….

    • Levi

      Yang ada malah gengsi BRV tambah ancur entar … Dashboard dll disamain ?

    • wekekekeke….. syurem…

    • Always35

      Mobilio Satya? ???

    • Masih kecil

      Seperti kata om yudkusuma di review honda mobilio

  • bang bob

    ya asal jangan mobil murah tp murahan aja . Nanti ada berita Ditabrak mobil anak pejabat langsung pada melayang jiwanya .

  • Adib Salehi Takhasomi

    Kasihan datsun, itulah persaingan. Mungkin kedepannya datsun akan lebih fokus pada crossover murah. Biar jd pemain tunggal lagi.
    Btw semoga harganya g terlalu mahal untuk brandnew duo astra

    • Indra

      Tapi si Astra mau ngeluarin crossover murah jg loh, yg basisnya Agya-Ayla jg, mirip lah sama FX concept di GIIAS kemarin

      • Adib Salehi Takhasomi

        Waduh, berarti toyota group mau invansi di semua kelas. Bisa2 bsk merk mobil cuma mengenal toyota group

        • Masih kecil

          Bukan cuma mengenal toyota group,tapi nanti di Indonesia (atau bahkan seluruh dunia) dijalanan bakal banyak mobil toyota

  • yang hampir pasti sih kelebihan harga itu.. ngoahahaha..

    • Indra

      Harga lebih mahal tapi dengan fitur banyak, masih mending daripada fitur dikit tapi harga amit-amit..

  • Putra

    Then, toyota daihatsu brand nya udah di aktifasi. Tiap artikel berbau toyota pasti rame 🙂

    • Indra

      Merek mobil no.1 di Indonesia ya pasti rame, apalagi yg calon laris macam Calya..

  • sereal

    kenapa datsun ga nerusin model sedan jaman dulunya itu ya….malah bikin panca

    • Indra

      Pengen ada Datsun GO sedan, tinggal dipanjangin dikit dan dikasih buntut, jadilah sedan! Tapi untuk pasar India yg emang suka dgn sedan kayak swift dzire dan Brio Amaze itu

  • Ahmad Junaidi

    4 Cylinder + VVT-i, bakalan halus neh suara mesin nya, asal tahu aja, tetangga jarak 2 rumah sebelah punya yg 3 Cylinder, suara mesin nya berisik khas 3 Cylinder, pintu nya ditutup bunyinya “breng”..
    Semoga yg keluaran Astra ini pintunya bersuara “jleb”…
    Kurang Mud Guard aja tuh..

    • FEBRIAN

      Kabarnya pake mesin 1.2 L 4 cylinder dual VVT-i ( itu saya dapet dari datanya sigra untuk tipe X & R ) tapi sepertinya calya juga akan dapat mesin 1200 cc dual VVT-i

  • Muhammad Yusuf

    siip gan ” Langsung indent aja DAIHATSU SIGRA ” Yusuf siap bantu cash / kredit ” Dealer Resmi Depok ” 081318797172 ” pin 545C8740 ” langsung pacu di jalan raya gan ,,,, ,,,, ,,,

    • Muhammad Yusuf

      Dapatkan hadiah langsung 10 orang indent tahap pertama pemesanan Daihatsu SIGRA ” untuk Cash / kredit yusuf bantu gan 081318797172 pin 545C8740 ,,, ,,,