Inilah Toyota Calya, Agya MPV 7 Seater Adik Toyota Avanza

by  in Toyota
Inilah Toyota Calya, Agya MPV 7 Seater Adik Toyota Avanza
0  komentar

Jakarta, AutoneMagz – Toyota dan Daihatsu sedang mempersiapkan 7 seater terbaru mereka yang memiliki basis Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Kali ini melalui situs Autobild, Toyota Calya tertangkap kamera dengan wajah yang cukup menjanjikan.

Dibandingkan dengan Agya, wajah Toyota Calya ini terlihat lebih modern dan terlihat ada similiaritas dengan Toyota Yaris versi Eropa yang memiliki wajah keen look. Di Calya, kita mendapatkan grille model Avanza Veloz, lampu depan yang mirip dengan Veloz dan juga under grille besar yang di desain cukup besar. Overall tampilannya lebih menjanjikan dibandingkan dengan Avanza sekalipun.

Berbekal mesin 1.200 cc, mobil ini akan menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Etios Valco berkode 3NR-FE. Tentunya dengan mesin baru 4 silinder, mobil ini akan memiliki getaran mesin yang jauh lebih baik dari mesin 1.000 cc milik duet Gaya-Alay Agya Ayla yang selama ini kita kenal. Yang menarik, mobil ini akan memiliki varian transmisi otomatis 4 percepatan seperti halnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang saat ini kita kenal.Memiliki basis Toyota Agya yang dipanjangkan, mobil ini jika dilihat secara detail masih memiliki kursi depan dengan headrest yang menyambung seperti Toyota Agya dan Honda Mobilio, sedangkan untuk bangku baris kedua sudah menggunakan headrest terpisah seperti Toyota Agya minor change. Semoga saja akses ke baris ketiga mobil ini tidak seperti milik Datsun GO+ Panca yang cukup sulit.

Toyota Agya 7 seater MPV

Hal yang membuat kami sedikit senang, Toyota Calya akan masuk ke dalam kategori LCGC menemani Datsun GO+ Panca. Otomatis harga mobil ini akan terbantu menjadi lebih murah karena mendapatkan keringanan pajak. Ciri-ciri LCGC pada mobil ini sudah bisa terlihat pada penggunaan logo Garuda di bagian depan mobil dan bisa kami tebak nantinya emblem belakang mobil ini akan menggunakan emblem Astra Toyota atau Astra Daihatsu.

Jangan harap mobil ini akan memiliki bangku baris ketiga yang sama leganya dengan Toyota Avanza, karena Toyota Calya akan memiliki konsep 5+2 yang memiliki bangku baris ketiga cukup sempit, tapi bisa dijamin lebih lega dan lebih manusiawi dengan Datsun GO+ Panca. Dan tentu saja mobil ini akan menjadi mimpi buruk bagi Datsun ke depannya.

Seperti halnya Toyota Agya, Astra Daihatsu Calya hanya memiliki 2 buah tipe saja yang terdiri dari tipe E dan tipe G, dimana masing-masing keduanya akan memiliki pilihan transmisi manual dan transmisi automatic 4 speed. Untuk tipe G, Toyota Calya akan dilengkapi spesifikasi yang sama persis seperti Toyota Agya, mulai dari head unit double din, Speedometer dengan MID, Power Window pada keempat pintu, eletric mirror, remote alarm, dual airbags, alloy wheel 14 inchi, fog lamp dan penambahan kursi ISOFIX di kursi belakang. Sedangkan pada Toyota Calya tipe E akan dibekali dengan dua buah power windows, dual airbags, head unit single din, tanpa fog lamp dan electric mirror serta masih menggunakan velg kaleng.

Transmisi matic Perodua Axia si kembaran Agya Ayla

Menurut sumber, mobil ini akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal sekitar 10 juta hingga 15 juta Rupiah dibandingkan dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Cukup menarik untuk sebuah 7 seater bernama Toyota Calya ini memiliki harga kurang dari 150 jutaan. Tapi jika anda hendak melakukan inden mobil ini, rasanya agak nanggung karena tambah sedikit, kita bisa mendapatkan Toyota Avanza E manual atau automatic atau Daihatsu Xenia X automatic yang memiliki diskon sampai 30 jutaan. Hmm….

Rencananya mobil ini akan diluncurkan di GIIAS 2016 mendatang bersamaan dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift. Menurut sumber, Toyota baru akan membuka daftar antrian inden saja, dan konsumen baru bisa menikmati mobil ini pada akhir tahun atau awal tahun 2017 mendatang. Kira-kira apa ya nama versi Daihatsu, jangan-jangan Daihatsu Cagya. Bagimana pendapatmu? Sampaikan dalam kolom komentar ya!

sumber foto: 1 & 2

Read Prev:
Read Next: