7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Membeli Mobil

by  in  Advertorial & Serba 7
7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Membeli Mobil
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Mobilitas yang tinggi khususnya di perkotaan, akan mendorong masyarakat untuk membeli kendaraan demi mendukung aktivitas mereka. Dan jika berkaca pada kenyamanan dan keamanan yang sempat kami bahas di advertorial sebelumnya, maka mobil memang menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dimiliki, terutama untuk menghindari cuaca yang kurang bersahabat seperti saat musim penghujan maupun teriknya musim kemarau.

Membeli mobil sebenarnya tidaklah sesederhana membayar ke dealer dan memboyong unitnya ke rumah anda. Mengapa? Karena mobil seperti kendaraan lainnya pun perlu mendapatkan beberapa treatment dan kelengkapan tambahan yang akan membuat usianya bisa bertahan lebih lama. Hal tersebut bisa dimulai saat mobil tersebut anda boyong ke garasi kalian. Namun memang ada beberapa orang yang masih belum paham mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan setelah membeli mobil, baik keadaanya baru maupun bekas. Dan redaksi AutonetMagz telah menghimpun tujuh hal yang harus kalian lakukan setelah kalian membeli mobil, check this out.

1. Mengetahui Kapabilitas Mobil Anda

Mungkin membaca brosur dan mencoba mobil secara langsung di sesi test drive akan mempengaruhi perkara anda akan membeli atau tidak mobil tersebut, namun hal tersebut tak akan sepenuhnya membuat anda mengerti kapabilitas dan karakter dari kendaraan yang anda miliki. Sangat penting tentunya untuk mengetahui hal detail seperti berapa kompresi dari mesin, lalu berlanjut ke bahan bakar apakah yang perlu dibeli untuk dikonsumsi sang mobil. Selain itu hal – hal lain seperti mengatur tekanan angin dari ban, seberapa cepat mobil anda boleh melaju, seberapa berat kapasitas muatan yang boleh anda angkut di dalam mobil, dan masih banyak hal lain yang tentunya perlu anda ketahui. Buku manual adalah jawaban untuk segala pertanyaan anda tersebut, dan biasanya buku tersebut hanya akan menjadi aksesoris saja dan tak pernah dibaca. Jika anda membeli mobil bekas, maka pengecekan menyeluruh adalah hal wajib bagi anda

2. Memberikan Perlindungan Pada Cat

Cat pada body mobil adalah bagian terluar dari mobil yang akan bersinggungan langsung dengan benda – benda asing, sehingga cat tentunya akan sangat mungkin bisa rusak baik termakan usia maupun terkena gesekan dengan benda lain. Namun tentunya hal tersebut bukannya hadir tanpa solusi, karena cat pada mobil menunjukkan pula seberapa mobil tersebut dirawat dengan baik. Perlindungan pada cat sendiri saat ini sudah banyak ditawarkan dengan banyak varian. Anda bisa melindungi cat mobil anda dengan beberapa pelapisan seperti waxing atau pelapisan dengan bahan lilin, atau polymer sealant maupun yang paling tahan lama yaitu pelapisan dengan nano ceramic. Tentunya anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang anda miliki.

3. Memasang Kaca Film

Bagi beberapa orang, kebutuhan akan kaca film tak terlalu mendesak. Namun sebenarnya kaca film adalah salah satu bagian tambahan di mobil yang perannya cukup penting. Selain mencegah orang asing untuk melihat ke sisi dalam mobil dan melindungi privasi anda, kaca film yang ada saat ini juga memiliki kemampuan khusus untuk menolak panas matahari yang langsung terpancar ke dalam kabin. Selain itu, penggunaan kaca film juga sedikit banyak akan berpengaruh saat adanya kemungkinan kaca pecah, yaitu dengan menahan serpihan kaca supaya tak langsung jatuh ke dalam kabin mobil.

4. Membeli Asuransi

Jika kita baru saja membeli mobil, tentunya kita akan menjaga mobil tersebut dengan ekstra waspada. Tentunya sangat jarang kita menemukan orang yang akan sembrono dalam berkendara dengan mobil yang baru dibelinya. Malahan kebanyakan orang akan berhati – hati dalam mengendarai mobil barunya tersebut. Namun kehati – hatian yang kita lakukan tak sepenuhnya menjamin mobil kita akan aman dari hal buruk, karena kita sendiri tak akan bisa menjaga sang mobil 24 jam sehari. Oleh karena itu kehadiran asuransi sangatlah penting bagi sebuah mobil, baik mobil baru maupun bekas. Namun tentunya anda perlu m  milih pihak penyedia layanan asuransi dengan selektif, pilihlah asuransi yang mudah diakses dan kredibel. Jaman sekarang ini, cukup banyak asuransi yang berinovasi dengan baik, namun kemudahan akses tentunya menjadi hal yang sangat positif untuk dipertimbangkan, seperti pembelian asuransi yang bisa diakses online milik AXA Mandiri.

5. Tambahkan Fitur Yang Perlu

Tiap orang tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda – beda, dan opsional dari pabrikan serta budgetkadang membatasi sejumlah kebutuhan dari pihak pembeli mobil. Selain itu ada pula beberapa fitur di mobil yang tak hadir jika anda membeli mobil bekas dengan tahun produksi yang sudah lama. Namun tentunya hal tersebut bukannya tanpa jalan keluar, penambahan fitur tentunya patut anda pertimbangkan. Fitur keamanan seperti kamera parkir, sensor parkir, foglamphead unit berlayar sentuh dan kelengkapan serta fitur lain bisa anda dapatkan dengan berburu produk – produk aftermarket yang banyak dijual. Namun perlu anda catat, bahwa penambahan fitur maupun kelengkapan jangan sampai menganggu keamanan dan kenyamanan standar dari mobil anda.

6. Menggunakan Pelapis Kursi

Pelapis kursi atau pelapis jok mobil sepertinya menjadi hal remeh kedua setelah kaca film yang sering dilupakan oleh pemilik mobil. Beberapa pemilik melihat bahwa kursi dengan pembungkus berbahan fabric sudah cukup nyaman dan tak perlu dilapisi kembali. Namun anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, karena bahan fabric sendiri akan susah dibersihkan jika sudah terkena noda, terutama noda yang datang dari benda cair seperti kopi ataupun soft drink. Penggunaan pelapis jok berbahan kulit baik kulit asli maupun sintetis tentunya akan membuat perawatan pada jok mobil makin mudah karena sifatnya yang tak akan meresap noda cair. Selain itu, kursi yang dilapisi akan memiliki penampilan yang terjaga dan bagus, sehingga jika anda ingin menjual kembali mobil tersebut, anda bisa menawarkannya dengan kondisi yang baik.

7. Perhatikan Jadwal Servis

Jadwal servis tentunya adalah hal yang perlu anda ingat dan juga anda catat, mengapa? Karena pada waktu itulah mobil anda perlu dicek kembali dan juga mendapatkan penggantian pada bagian – bagian tertentu seperti oli mesin, aki, dan juga air radiator. Menjaga mobil untuk bisa dirawat tepat waktu tentunya membawa dampak positif bagi mobil anda, salah satunya adalah daya tahan dan umur mesin yang lebih panjang. Dengan perawatan yang optimal, maka mobil anda juga akan terjaga pada kondisi optimal dan memberikan tenaga yang baik serta konsumsi bbm yang tak lebih boros tentunya.

Itulah ketujuh hal yang perlu kamu lakukan setelah kamu membeli mobil baik baru maupun bekas. tentunya masih ada hal – hal lain yang perlu kita lakukan diluar ketujuh hal tersebut, namun ketujuh hal inilah yang setidaknya perlu kamu lakukan, kawan. Jika anda memiliki saran maupun tips lain yang berguna untuk para pembeli mobil yang masih baru, anda bisa menyebutkannya di kolom komentar yang tersedia di bawah, mari berdiskusi kawan.

Read Prev:
Read Next: