5 Mobil Asal India ‘Berguguran’ Di Tes Tabrak Global NCAP

by  in Hyundai&International&Mahindra
5 Mobil Asal India ‘Berguguran’ Di Tes Tabrak Global NCAP
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebenarnya bukan berarti ini men-diskreditkan mobil-mobil buatan India, kami tahu mobil asal india tidak semua begitu. Sebenarnya untuk mobil low-level ya wajar saja andaikata skornya tidak terlalu tinggi karena mereka minim akan piranti keselamatan. Tapi yang lebih parah lagi mereka justru tidak mendapatkan bintang satupun dalam pengujian kali ini.

Global NCAP pun menguji beberapa mobil yang berasal dari negara Shah Rukh Khan ini, pertama adalah Renault Kwid dimana mobil ini memang khusus dibuat untuk pasar India. Mereka bahkan mengetes tiga versi yang berbeda dari Kwid, bahkan salah satunya sudah menggunakan airbag. Hasilnya? Renault Kwid sama sekali tidak mendapatkan nilai dalam penilaian proteksi penghuni orang dewasa dan hanya mendapat dua bintang dalam proteksi penghuni anak-anak.

hasil-global-ncap-renault-kwid-airbag-2016

Bahkan menurut Global NCAP, bodyshell crossover entry-level ini nyaris mengkhawatirkan karena tidak stabil, sehingga miskin proteksi terhadap kepala dan dada pengemudi. Sedangkan untuk dada penumpang mendapatkan proteksi marginal. Selain itu melihat apa yang ada di dummy menyatakan bahwa struktur berbeda di dashboard menyebabkan benturan pada lutut penumpang.

“Renault telah mendapatkan konfirmasi perihal ini dan mereka akan melaksanakan perbaikan lebih slanjut terhadap Kwid dan Global NCAP akan mengetes lebih lanjut terhadap evolusi terbarunya di tes tabrak yang akan datang.” Jelas laporan dari Global NCAP. Selain itu turut serta juga dua mobil yang diambil dari Suzuki dan Maruti yaitu Eeco dan Celerio. Penilaiannya pun juga tidak terlalu baik dengan tidak mendapat nilai di proteksi penghuni dewasa dan satu bintang di proteksi penghuni anak-anak. Hal ini disebabkan runtuhnya struktur pada kompartemen penumpang dan tidak adanya proteksi airbag yang bahkan tidak ditawarkan sebagai opsional.

hasil-global-ncap-suzuki-maruti-celerio-2016

Untuk mobil asal India lainnya adalah Hyundai Eon serta Mahindra Scorpio dengan penilaian “keamanan” yang setingkat dengan Renault Kwid. Penyebabnya pun juga sama, yaitu masalah struktur sasis tidak stabil dan airbag yang kurang. Semua ini menyumbang buruknya penilaian kelima kendaraan tersebut, tentu kedua ini harus benar-benar diperhatikan baik oleh produsen maupun konsumen yang akan memilih kendaraan. Untuk kendaraan Indonesia, semoga saja penilaian Asean NCAP benar-benar bisa diandalkan. Bagaimana menurutmu? Sampaikan pendapat anda di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • Shark Owner

    Kwid, Celerio, Eon, Mahindra, 1 lagi apa??

    • Shark Owner

      Eeco tuh kayak gimana?

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Pokoknya semua bintang 0, berarti mendingan agya ayla, brio, wagon r dong dibanding di india. Celerio aja di india gk ada airbag, beruntung disini ada airbagnya

        • jeh

          kaloncap asean beda sama ncap global.yang diartikel ini ncap global. kalo bintang 4 ayla itu asean ncap

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Klo seandainya dites global ncap, menurut saya masih dpt bintang kyknya. Kayaknya loh! Tpi mengingat org india gk terlalu mentingin safety (gk semuanya sih) yg penting murah dan angkut banyak. Liat aja celerio, disini pake airbag disana Maruti gk pake airbag

        • Firman Pradana

          Suzuki celerio dengan dual air bag di euroncap dapat bintang 3 dan latinncap dapat bintang 4, Beda negara beda hasilnya. Yang jelas pakai airbag ngaruh banget buat naik kan rating/Bintang

      • hawthorn

        eeco tuh suzuki avery, dulu di indo sempet dijual sama suzuki indomobil …

        • hawthorn

          every maksudnya …

  • ars m.k

    Jadi penasaran, mobil2 lcgc dapet berapa bintang ya? Brio aja ada yang sampe kebelah di thailand, itu yang non lcgc.

    • farid

      Mobil LCGC dah ada kok hasil tes tabraknya di asean ncap,yaitu ayla,agya dan datsun go,kalau honda brio kayanya belum di tes

      • ars m.k

        Iaa, yang paling parah datsun ya? Saya baru googling lagi. Hehe.. ga terlalu intrest sama mobil2 kecil saya soalnya.

    • Levi

      Agya Ayla Asean NCAP dpt bintang 4 tuh

      • ars m.k

        Wah, kalo gitu saya kurang update soal mobil lcgc ya.. hehe.. kirain saya belom pernah di test bro.

  • denni

    liat crash testnya jd kebayang lagunya anggun .. (melambung) jauh terbang tinggi bersama ‘every’ ..

  • farid

    Mobil india kesannya ringkih banget terutama untuk segmen bawah seperti hatchback,citycar atau sedan”kerdil”,tapi itu salah satu segmen yg besar untuk pasar india.orang india sensitif soal harga,itu sebabnya pabrikan lokal maupun asing disana bikin mobil yg terjangkau yg saking terjangkaunya sampai fitur,build quality dan materialnya jelek.tapi lcgc kayanya masih bagus dikit dibanding mobil low end spek india

  • Levi

    Masalahnya market India lbh suka mobil murah, yg penting murah, jadinya ya gt, acuh sm keselamatan

  • Hendy Setia Budhi

    CTzen juga bang ?

  • Rockmeo

    Beruntungnya masyarakat indonesia yg beli lcgc setidaknya masi dapet bintang 4 walaupun hanya agya-ayla dan miris juga datsun go juga 0

    Mudah2n ada regulasi yg memaksa apm memperkuat fitur safety di mobil yg dijual di indonesia

    • hurri

      datsun go yg baru setelah dapet single airbag udah dapet 2 bintang asean ncap kok

      • Rockmeo

        Wah baru tw jd kudet nih
        Berarti agak lumayan lah

    • subaru

      Itu asean ncap bukan global ncap

  • Louis Albert

    Wajar aja, soalnya, India jago dlm hal tayangan dramanya, yg dimulai dari Mahabaratha dkk

  • Gakkou gurashi

    Semoga Astra cepet sadar buat ngasih airbag di Luksiyem, GrenMek, Panther(kampret nih Mobil udah mahal safety cuma seatbelt depan doang)
    Begitu juga Indomobil cepetan buat ngediscontinue carry tanpa bonnet, Evalia semua tipe harus ber airbag.
    Lalu buat krama yuda tiga berlian juga ngediscontinue t120ss, colt l300.

    • Indra

      Iya nih, Luxio sm APV aja belum dikasih airbag, katanya sih dalam surveinya konsumen belum butuh airbag utk kelas ini, tp kan buat mobil penumpang harusnya fitur safetynya dibanyakkin dong jgn pake standar minibus era 80an.

      • Rafi M. P.

        Karena mayoritas pemilik mobil ini (APV, Luxio, GranMax) menganggap skill mengemudi mereka sangat hebat, saking hebatnya mereka bisa ngebut tanpa nabrakin orang (itulah budaya Indonesia, namun tiap daerah memiliki skill berbeda) sehingga mereka gak butuh airbag apalagi ABS karena dianggap ngabisin duit.

        ABS aja dicopotin karena gak butuh. Gak butuh karena driving skill mereka hebat (tergantung daerah mana) dan satu lagi kondisi jalanan yang gak memungkinkan ABS berjalan.

        Itu aja

  • nusantara nusantara

    salut buat orang india, berani test tabrak global, yang buatan kerawang berani?

    • Indra

      Udah kok, tapi pake Asean NCAP, bukan global NCAP yg standar mereka lebih tinggi dari punya Asean.

  • Ronny Rasdyantoro

    mobil yang rakit di indonesia juga dites tabrak NCAP Global gak ya? HRV gimana ya hasilya?