Ups, Nissan Qashqai Diduga Curangi Emisi di Korea Selatan

by  in  International
Ups, Nissan Qashqai Diduga Curangi Emisi di Korea Selatan
0  komentar

AutonetMagz.com – Awal kecurigaan pihak berwenang mengenai kredibilitas emisi tiap mobil berawal dari tertangkapnya Volkswagen menggunakan software untuk mencurangi uji emisi. VW sudah kena, pabrikan lain turut kena giliran pengecekan. Satu per satu diperiksa, mulai dari Renault, BMW, Mercedes Benz hingga Fiat. Yang memang curang saja sih yang bakal kena batunya, kalau yang bersih dari praktek kecurangan ya tidak ada masalah.

Kabar teranyar yang masih berkaitan dengan kecurangan soal emisi datang dari Korea Selatan, dan kali ini menimpa Nissan. Di sana, Nissan menjual Qashqai diesel yang merupakan produksi Nissan Inggris, dan belakangan ini pemerintah Korsel menduga bahwa Nissan menggunakan software serupa yang digunakan oleh VW untuk memainkan sistem reduksi gas buang. Itu menurut hasil pengetesan pemerintah terhadap Qashqai, sayang angkanya tidak diketahui.

Nissan-Qashqai-Design-Edition

Yang diketahui adalah, pemerintah menguji Qashqai berstandar Euro 6 dan diduga curang, lalu setelahnya mereka akan menguji Nissan lawas yang berstandar Euro 5. Sudah jelas Nissan pun harus memberi pernyataan konfirmasi. Nah, Jonathan Adashek selaku CCO Nissan mengatakan hingga 814 Qashqai di Korsel sudah distandarkan menurut ketetapan dari Kementrian Lingkungan Korea (MOE). Berikut pernyataannya :

Pengujian dan kesimpulan yang dilakukan MOE tidak konsisten dibandingkan dengan orang-orang dari penguji regulasi lain yang telah melakukan pengujian ketat. Pihak berwenang di Uni Eropa telah menyimpulkan bahwa kendaraan Nissan yang telah mereka uji – termasuk Qashqai – sudah sepenuhnya sesuai dengan standar homologasi. Qashqai dijual di Korea sesuai dengan – dan telah dihomologasilkan dengan – standar Euro 6 dan peraturan Korea mengizinkan impor dan penjualan kendaraan yang sesuai dengan standar-standar ini.

All-new Nissan Qashqai 2014

Kementrian Lingkungan Korea bersikukuh bahwa Nissan bisa didenda sebanyak 330 juta Won, atau sebesar 3,7 M Rupiah jika memang kecurangan ini nyata adanya. Tidak hanya itu, Nissan pun harus me-recall model-model yang diduga mencurangi aturan gas buang. Wah, apa ini karma ya? Kemarin Nissan yang mencurigai Mitsubishi curangi hasil uji BBM dan Mitsubishi mengaku, sekarang giliran Nissan yang dicurigai soal emisi, tapi kita lihat saja kelanjutannya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: