Ngiler, Suzuki Ertiga Facelift India Punya Fitur Jauh Lebih Lengkap Dibanding Versi Indonesia!

Ngiler, Suzuki Ertiga Facelift India Punya Fitur Jauh Lebih Lengkap Dibanding Versi Indonesia!
0  komentar
suzuki-ertiga-facelift-india

AutonetMagz.com – Ada satu momen di mana kita harus mengakui bahwa rumput tetangga memang lebih hijau dibanding rumput sendiri, apalagi kalau rumputnya buatan Suzuki. Yang kami maksud sekarang adalah Suzuki Ertiga, Low MPV yang menurut kami bagus tapi kurang memenuhi ekspektasi soal improvement saat di-facelift. Hal yang paling sering diributkan adalah hilangnya ABS+EBD di Ertiga facelift.

Makin kecewa lagi saat kita menyimak Suzuki Ertiga versi India yang baru-baru ini sudah dirilis detailnya. Secara penampilan, bedanya hanya segelintir saja, yakni di desain pelek 15 incinya dan hilangnya hiasan lampu belakang ekstra yang ada di Ertiga facelift versi Indonesia. Barulah saat melongok interiornya, rasanya ingin sekali mengimpor Ertiga facelift versi India ke sini.

tombol-strart-suzuki-ertiga-india

Dari sisi pengemudi saja sudah kelihatan bedanya, karena Ertiga India sudah punya tombol start-stop engine di varian tertentu, sementara kita di sini masih pakai kunci biasa. Belum lagi soal head unit-nya, yang sudah bertipe SmartPlay berlayar sentuh 7 inci, lengkap dengan fitur navigasi, bluetooth, kamera parkir dan sensor parkir. Beuh!

head-unit-suzuki-ertiga-india

Kalau soal mesinnya, tipe bensin tidak ada beda signifikan soal mesin K14B bertenaga 92 PS dan torsi 130 Nm. Yang bikin ngiler adalah mesin diesel 1.300 cc-nya, karena sudah komplit dengan sistem mild hybrid SHVS, menggunakan baterai dan motor listrik untuk membantu akselerasi mobil. Seperti Mazda 2 dan Mitsubishi Delica, ia bisa mematikan mesin saat mobil berhenti dan menyala kembali saat mau jalan.

mesin-diesel-hybrid-suzuki-ertiga-facelift-india-shvs

Sayangnya, versi diesel hybrid SHVS ini hanya ada dalam pilihan transmisi manual saja. Jika mau transmisi matik, itu hanya tersedia di mesin bensin K14B. Sistem hybrid SHVS ini dibantu juga oleh gear shift indicator, torque assist dan brake energy recuperation, alias bisa mengisi energi baterai dengan menggunakan energi pengereman mobil. Oh ya, tenaga dan torsi mesin dieselnya adalah 90 PS dan 200 Nm.

kabin-suzuki-ertiga-india

Satu pembeda terakhir, Ertiga India sudah pasti punya ABS, tidak seperti Ertiga Indonesia. Selain itu semua, sisanya sama dengan Ertiga facelift yang beredar di Indonesia. Jok belakang sudah split 50:50, jok tengah split 60:40, ada AC double blower, steering switch control, dual airbags, sama-sama tidak punya AC digital dan lain-lain.

suzuki-ertiga-india

Bikin ngiri saja ya Suzuki Ertiga facelift yang digelontorkan di pasar India, benar-benar membuat Ertiga facelift Indonesia terlihat kosongan. Saran kami, jangan harap fitur-fitur seperti Ertiga India muncul di Ertiga Indonesia dengan melihat kelakuan Suzuki yang sudah-sudah dengan produknya. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Andy

    Bahh.. facelift jd ABSless.. Untung ga jadi ambil Ertiga..

  • imamyudha

    itu karena waktu peluncuran ertiga facelift, keadaan rupiah melemah atas dollar jadi ATPM harus menyesuaikan fitur dengan daya beli masyarakat yang berkurang, jadi gk bisa full specs kyk di india (memaksa diri berpikir positif)

    semoga dengan perekonomian yg mulai membaik, akan keluar ertiga tipe baru yg lebih full specs (memaksa diri untuk berharap) (╥_╥)

    • Septian Bayu Nugraha

      Kan rupiah turun baru berapa bulan, sedangkan rencana facelift pasti jauh sebelumnya… Huaaa, anyel nih gr2 abs ebd nya g ada..
      Baca berita katanya bakal ada abs d varian selanjutnya, entah elegant atau sporty juga, hmm

  • Enrile Indro Prasetyo

    Kalo mau spesifikasi seperti itu ada di Indonesia, harga mobilnya bisa sampe 300 juta. Komponennya impor semua apalagi mesin hybridnya, belum ada yang produksi di sini..

    • farid

      masa sih?,bukannya bisa dibawah 300 juta(kecuali kalau mesinnya gak pake hybrid)

      • Enrile Indro Prasetyo

        Kalo gak pake mesin hybrid pasti lebih murah, yang dibicarakan dimari kan yang mesin hybrid. Teknologi hybrid membuat ongkos produksi mahal. Bisa dijual dengan harga “normal” kalo ada insentif dari pemerintah (seperti di Jepang). Lihat aja Nissan X-Trail Hybrid yang dijual di negara ini, bedanya sama yang mesin standar hampir 200 juta. Kalo Ertiga dijual pake mesin diesel (yang harganya udah pasti akan lebih mahal dari bensin) + Hybrid (lebih mahal lagi), sampelah angka 300 juta..

  • Septian Bayu Nugraha

    Wehhh… Kemarin saya udah bayar tanda jadi dan mau transfer beli ertiga gx sebelum facelift, eh di jatim sudah habis..akhirnya nambah ongkos dan beli facelift gx dan tinggal nunggu barang datang saja… Baca postingan ini jadi gimaanaaaa gitu ??????????????

    • Oki Ngew

      Kena brp ertiga gx surabaya??

      • Septian Bayu Nugraha

        Ane ambilnya dari madiun gan, dari umc pusat surabaya juga sih kayaknya, new ertiga gx dapat 194… Padahal sebelume sudah mau ambil gx lama 181 doank… Ahhh, serius ni perjalanan pulang jadi kepikiran gara abs-ebd ga ada tuh, dah tweeter tak ada pula –‘

    • itu diskon berapa jadinya?

      • Septian Bayu Nugraha

        Otr madiun 207.5 Bang Ridwan, dapet potongan 13,5… Jadi 194 itu..

        Niatan sebelumnya beli GX lama, otr madiun 204.5 – potongan 23.5 jadi 181

        Bikin galau saja abs ebd nya..

        • teriyaki

          Knp ga ambil all new grand livina aja? Emang sih harga segitu cuma dpt tipe terendah. Kalo toh sama sama ga ada abs ebd ya mending livina deh. Cmiiw

          • Septian Bayu Nugraha

            Yah ane kaga paham bang, tau juga pas tadi baca postingan autonetmagz ini, setau ane di ertiga facelift ya ga ada tweeter doank, tak kirain di GX tetep ada abs ebd nya

            Kalo kenapa ga ke livina, ya memang tdk pernah ada niat kesana, awalnya mau beli avanza lama second, terus berubah avanza lama tp cari yg baru (habis), pindah ke GN Avanza (mahal), ada tawaran ertiga lama gx dg cashback tinggi (fix) eh barangnya tiba2 habis, akhirnya ya ambil gx facelift itu..

            Ya tetep disyukuri saja… Ada minus ada plusnya… Meski jujur ane termasuk cari keamanan dan interior drpd eksterior..

    • Yusak Natanael Manuputty

      Ampuuuuun….:(

  • teriyaki

    Yg di indo versi downgrade, bakal kegilas nih pasarnya.

  • Kevin P

    Indukan Ertiga kan Indihe, jangan heran kalo mereka dapet yg better, kita disini cuma menang ngasih nama doang, kecewa gw sama Suzuki kali ini…

  • Yusak Natanael Manuputty

    Tahun Depan Suzuki bakal keluarin Tipe Begini di Indonesia, kalau bukan tahun depan ya tahun depannya lagi wkwkwkwk

  • Budi

    Wkwkwkwk… ? nasib oh nasib… ? kita di Indonesia selalu dapat yg minim fitur dan ini disebabkan karena 3 faktor utama…
    1. Pajak di negara kita yg terlalu tinggi
    2. Karena para ATPM (bukan hanya Suzuki saja) berpikir “wong orang Indonesia dikasih yg kosongan aja mau, ngapain harus dikasih yg lengkap fitur nya? Kurang2’in profit donk?… ?
    3. Masih sedikit orang yg menganggap faktor safety itu penting – buktinya??? Masih banyak orang yg naik motor tidak pakai helm, lampu merah diterabas, dsb nya – dsb nya… Ahh yang penting itu model nya baru & menarik, urusan fitur urusan belakangan… ? ha… ha… ha… ?

  • Bram

    Seandainya klo pemerintah berani memberikan insentif pajak bagi kendaraan yang rendah emisi gas buang dan yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan, maka dijamin deh, pasar otomotif akan mendapat stimulus sehingga pembeli akan lebih mencari mobil-mobil berteknologi hijau yang efisien mengkonsumsi bahan bakar. Masalahnya sekarang telah menjadi suatu mitos bahwa: mobil-mobil berteknologi hijau termasuk dalam kategori mobil mahal nan mewah yang pembelinya sangat segmented.

    Solusinya, pemerintah Indonesia harus berani merevolusi: yaitu mengkaji ulang kebijakan yang mengatur standar emisi (yang masih ketinggalan) dan yang mengatur besaran pajak kendaraan bermotor. Agar ada kemudahan bagi masyarakat untuk diajak cerdas dalam memilih mobil (bukan hanya mementingkan look, style dan design saja tetapi juga perihal apakah mesin sudah mengusung teknologi hijau, ini lebih penting!) dan juga kemudahan bagi ATPM untuk bisa berinvestasi dan memasarkan produk-produk berteknologi terbarukan. Sehingga mobil-mobil hybrid pun bisa lebih terjangkau. Nissan X-Trail hybrid yang katanya mau masuk pun masih rumor. Apalagi Ertiga rasanya koq sulit kalau tidak ada revolusi kebijakan terkait tersebut.

    India sudah lebih maju dari Indonesia, Maruti Suzuki adalah ATPM mobil terjangkau yang memegang share market terbanyak disana, meski bukan yang pertama tetapi yang mempopulerkan mini hybrid. Ada berbagai macam pilihan mesin di India yang populer berdasarkan peringkat: 1.Diesel 2.Bensin 3.CNG (Indonesia memiliki sumber-sumber gas alam yang sangat banyak, sangat potensial untuk menjadikan bahan bakar CNG yang lebih murah dari bensin/solar) 4.Hybrid

    Kelebihan pemerintah India adalah mereka sudah memiliki kebijakan yang memberi insentif untuk mobil-mobil hijau. Ayo dong pemerintah Indonesia bikin lah kebijakan yang demikian sehingga keran dan pintu kesempatan terciptanya pasar mobil hijau pun mendapat stimulus positif.

  • Tulus Budi

    fitur start-stop dan HU barunya bikin ngiler beneran….. ane baru pake 2 bulan ertiga GL jadi pengen…..

  • panggil saja Mawar

    india pun bisa,
    jangan khawatir, Indonesia pun pasti bisa.

  • minica

    kayaknya bakal masuk ke Indo, tpi jadinya trim baru (maybe) atau trim existing (dan ini penyakitnya suzuki) kasih bodikit ga jelas.. -__-

  • farid

    itu sebabnya saya lebih optimis dgn duo kembar(udah trio kembar kayanya)yaitu avanza,veloz,dan xenia sejak facelift terakhitnya diluncurkan udah sesuai ekspetasi banget,mesin baru dual vvti dan beberapa fitur barunya terutama ABS bikin ertiga FL jadi ketinggalan.apalagi ada kabar ertiga bakal gak pake ABS karena katanya sistem rem di ertiga udah bagus(bagus darimananya?)bikin saya benci amat nih mobil

  • farid

    kalau begitu,konsumen indonesia yg udah tahu kondisi kaya gini mending kita boykot atau gak usah beli suzuki ertiga yg sekarang udah disunat spek/fiturnya,biar suzuki indonesia tau rasa

  • Please blood

    Kalo gw liat sih, LMPV di Indonesia pada ngejer Mobilio yang cuma pake rear combination lamp. Liat aja avanza/ ertiga jadi pada latah. Tapi diluar negeri, avanza/ertiga facelift malah gak pada pake.

  • petrolhead

    woles brooo…
    kita sebagian kecil yg ngributin fitur downgrade dari model facelift, sementara sebagian besar hanya peduli dengan tampilan lebih ‘segar’ dan….harga jual kembali lebih tinggi. mobil dengan fitur lengkap dan canggih malah dianggap ribet dan bermasalah pada umur tertentu…jadi mending beli yg kosongan ajahh lebih awet.
    ahh…sudahlahh…

  • anonymus

    ane pake R3 GX 2014, varian yang pas dibanding yg Facelift skrg..