Ngiler, Suzuki Ertiga Facelift India Punya Fitur Jauh Lebih Lengkap Dibanding Versi Indonesia!

Ngiler, Suzuki Ertiga Facelift India Punya Fitur Jauh Lebih Lengkap Dibanding Versi Indonesia!
0  komentar
suzuki-ertiga-facelift-india

AutonetMagz.com – Ada satu momen di mana kita harus mengakui bahwa rumput tetangga memang lebih hijau dibanding rumput sendiri, apalagi kalau rumputnya buatan Suzuki. Yang kami maksud sekarang adalah Suzuki Ertiga, Low MPV yang menurut kami bagus tapi kurang memenuhi ekspektasi soal improvement saat di-facelift. Hal yang paling sering diributkan adalah hilangnya ABS+EBD di Ertiga facelift.

Makin kecewa lagi saat kita menyimak Suzuki Ertiga versi India yang baru-baru ini sudah dirilis detailnya. Secara penampilan, bedanya hanya segelintir saja, yakni di desain pelek 15 incinya dan hilangnya hiasan lampu belakang ekstra yang ada di Ertiga facelift versi Indonesia. Barulah saat melongok interiornya, rasanya ingin sekali mengimpor Ertiga facelift versi India ke sini.

tombol-strart-suzuki-ertiga-india

Dari sisi pengemudi saja sudah kelihatan bedanya, karena Ertiga India sudah punya tombol start-stop engine di varian tertentu, sementara kita di sini masih pakai kunci biasa. Belum lagi soal head unit-nya, yang sudah bertipe SmartPlay berlayar sentuh 7 inci, lengkap dengan fitur navigasi, bluetooth, kamera parkir dan sensor parkir. Beuh!

head-unit-suzuki-ertiga-india

Kalau soal mesinnya, tipe bensin tidak ada beda signifikan soal mesin K14B bertenaga 92 PS dan torsi 130 Nm. Yang bikin ngiler adalah mesin diesel 1.300 cc-nya, karena sudah komplit dengan sistem mild hybrid SHVS, menggunakan baterai dan motor listrik untuk membantu akselerasi mobil. Seperti Mazda 2 dan Mitsubishi Delica, ia bisa mematikan mesin saat mobil berhenti dan menyala kembali saat mau jalan.

mesin-diesel-hybrid-suzuki-ertiga-facelift-india-shvs

Sayangnya, versi diesel hybrid SHVS ini hanya ada dalam pilihan transmisi manual saja. Jika mau transmisi matik, itu hanya tersedia di mesin bensin K14B. Sistem hybrid SHVS ini dibantu juga oleh gear shift indicator, torque assist dan brake energy recuperation, alias bisa mengisi energi baterai dengan menggunakan energi pengereman mobil. Oh ya, tenaga dan torsi mesin dieselnya adalah 90 PS dan 200 Nm.

kabin-suzuki-ertiga-india

Satu pembeda terakhir, Ertiga India sudah pasti punya ABS, tidak seperti Ertiga Indonesia. Selain itu semua, sisanya sama dengan Ertiga facelift yang beredar di Indonesia. Jok belakang sudah split 50:50, jok tengah split 60:40, ada AC double blower, steering switch control, dual airbags, sama-sama tidak punya AC digital dan lain-lain.

suzuki-ertiga-india

Bikin ngiri saja ya Suzuki Ertiga facelift yang digelontorkan di pasar India, benar-benar membuat Ertiga facelift Indonesia terlihat kosongan. Saran kami, jangan harap fitur-fitur seperti Ertiga India muncul di Ertiga Indonesia dengan melihat kelakuan Suzuki yang sudah-sudah dengan produknya. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: