Dinilai Tidak Produktif, VW Akan Jual Sahamnya yang Berada di Suzuki

Dinilai Tidak Produktif, VW Akan Jual Sahamnya yang Berada di Suzuki
0  komentar
kerjasama-vw-dan-suzuki

AutonetMagz.com – Tak hanya mengakuisisi merek-merek tenar di Eropa saja, VW juga bergerilya untuk mengakuisisi merek lain di Asia untuk memberikannya kemudahan dalam memasuki pasar di sana, semisal di India. Yang mereka pilih adalah Suzuki, dan akhirnya VW sepakat membeli saham Suzuki sebanyak 19,9% pada tahun 2009. Tentu saja dari pihak VW dan Suzuki berharap ini bisa jadi jalinan kerja sama yang baik, tapi rupanya tidak demikian.

Baru-baru ini, VW mengumumkan kalau mereka sudah mengambil keputusan untuk menjual semua saham mereka di Suzuki setelah Suzuki sendiri meminta untuk mengakhiri kerja sama. Saat dibeli VW, saham itu bernilai 222,5 miliar Yen, dan sekarang nilai saham itu sudah bertumbuh menjadi 463 miliar Yen. Soal perusahaan mana yang akan membeli sahamnya nanti, VW-lah yang akan menentukan.

vw-polo-tsi

Kerja sama antara VW dan Suzuki tidak pernah mulus atau menghasilkan satu mobil hasil kerja sama yang baik. Pada awalnya, VW membeli saham Suzuki agar mereka berdua bisa membuat mobil kecil yang irit BBM. Paham simbiosis mutualismenya adalah, Suzuki boleh memakai teknologi buatan VW sementara VW meminta agar mereka boleh mengambil peran penting dalam kiprah Suzuki di pasar India.

Tapi itu semua tak pernah terwujud, bahkan setelah Suzuki sepakat untuk membeli mesin diesel milik Fiat untuk mobil-mobilnya, keadaan makin memburuk. Sejak saat itu, Suzuki dan VW tak pernah akur, mereka selalu menuduh satu sama lain soal pelanggaran terhadap kesepakatan yang mereka buat bersama. Seperti suami istri yang ingin cerai karena masalah orang ketiga saja ya?

SPG Suzuki Angels dengan kei car Suzuki Hustler

Chairman Suzuki, Osamu Suzuki tidak keberatan angkat bicara soal perceraian VW-Suzuki. “Rasanya seperti sudah membuang tulang yang nyangkut di tenggorokan, lega sekali,” demikian katanya kepada Bloomberg, meski Suzuki mungkin bakal didenda jika pihak penengah menemukan bukti kalau mereka melanggar kerja sama, tapi sampai saat ini belum diputuskan siapa yang melanggar dan siapa yang harus bayar denda.

Ya kalau mereka pikir ini yang terbaik sih, silakan saja, tapi kami jadi penasaran siapa nanti yang bakal membeli saham Suzuki. Apa mungkin Toyota Motor Corporation yang baru-baru ini sudah bekerja sama dengan Mazda? Atau Fiat-Chrysler Alliance? Koalisi Renault-Nissan? Atau malah BMW Group? Siapa menurutmu yang bakal mau membeli saham Suzuki? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Fajar Sidik

    mungkin dibeli Ford… 😀

  • subaru

    sama koenigsegg…ntar bikin wagon R one:1

    • agismaniax

      saya suka one:1… tp gak suka harganya… hahahahaha…

  • antman

    sumpah gw baru tau vw kerjamasa sama suzuki…

  • dsainbar

    Dibeli metromini bro

  • rizki

    Hm, sekarang VW dah cukup beken di India toh? buktinya Polo lokal CBU sana tuh btw, waktu saham GM di suzuki dilepas, bukannya dibeli Toyota ya CMIIW