Suzuki Indonesia Sudah Produksi 3 Juta Unit Mobil

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Suzuki Indonesia Sudah Produksi 3 Juta Unit Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Tidak terasa, PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) sudah memproduksi 3 Juta unit mobil di Indonesia. Angka tersebut dihitung sejak Suzuki memproduksi mobil di Indonesia pada tahun 1976 sampai pada bulan Desember tahun 2022. Pada tahun 1976 Suzuki memulai kiprah produksinya di Indonesia dengan Suzuki Carry ST20 (Trungtung). Sebagai apresiasi, Suzuki menyelenggarakan seremoni pencapaian 3 juta unit produksi mobil di fasilitas produksi Suzuki Cikarang (16/1).

Sedikit Fun Fact…

Yudonendito selaku Active Deputy Director Manufacturing PT SIM mengatakan, “Suzuki memulai kiprah di industri otomotif Indonesia sejak 1976, berbekal sistem produksi konvensional yang masih menggunakan teknologi manual, kini Suzuki bertransformasi mengadopsi teknologi terbaru yang canggih dan robot penggerak yang terintegrasi untuk memproduksi berbagai unit kebanggaan Suzuki. Harapannya, pencapaian Suzuki ini tidak berhenti sampai disini namun bisa tetap eksis dan berkembang meningkatkan produksi dan menghadapi tantangan dalam mewujudkan misi perusahaan dalam jangka panjang,”

Saat ini, PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) memiliki fasilitas produksi dan perakitan di Tambun serta Cikarang yang menyerap 5.000 tenaga kerja. Fasilitas tersebut merakit beberapa produk Suzuki seperti Suzuki XL7, Ertiga, Carry dan APV. Kedua fasilitas Tambun dan Cikarang tersebut tidak hanya berperan untuk merakit mobil, motor, dan komponen untuk pasar domestik. Tetapi juga pasar Global, FYI, pabrik ini juga sudah mengekspor ke-80 negara di seluruh dunia.

Mobil Produksi ke 3 Juta

Lantas apakah mobil produksi ke 3 juta itu? mobil tersebut adalah Suzuki Ertiga Hybrid berkelir putih. Namun, sepertinya unit tersebut merupakan versi ekspor. Karena melihat tersematnya roof-rail yang tidak ada pada versi lokal kecuali Suzuki XL-7. Suzuki Ertiga Hybrid juga merupakan mobil dengan teknologi Hybrid pertama yang diproduksi di pabrik ini. Hal itulah yang menandai titik sejarah baru bagi Suzuki selama 52 tahun berkiprah di Indonesia.

Ngomong-ngomong soal angka penjualan, berapa sih angka penjualan Suzuki selama tahun 2022? menurut data dari Gaikindo, Suzuki mencatatkan angka penjualan ritel sebanyak 89.067 unit sepanjang tahun 2022. Sepanjang tahun 2022, Suzuki juga telah mengekspor sebanyak 44.708 unit dan mengimpor sebanyak 6.831 unit. Mobil terlaris Suzuki Sepanjang 2022 ialah Suzuki Carry Pick-Up Flat Deck dengan angka wholesales sebanyak 45.381 unit.

Read Prev:
Read Next: