Jajal All New Toyota Agya GR Sport 2023, Cocok Buat Yang Berjiwa Muda

by  in  Berita & Review & Toyota
Jajal All New Toyota Agya GR Sport 2023, Cocok Buat Yang Berjiwa Muda
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya kami berkesempatan untuk mencoba all new Toyota Agya GR (Gazoo Racing) Sport 2023 di sekitaran kawasan Gelora Bung Karno, Senayan pada Kamis (16/03). Setelah resmi merilis harga pada gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Agya GR Sport yang kini dibanderol mulai dari Rp 237,5 – 256 Juta ternyata memiliki rasa berkendara yang jauh lebih baik dibanding generasi terdahulunya.

Agya GR Sport, Lebih Dari Sekedar Nama

Tentu hal pertama yang kami rasakan adalah setirnya, Agya GR Sport kini memiliki respon setir yang terasa lebih sporti. Gir rack and pinion dengan jarak putaran kemudi yang lebih minim dibanding Toyota Agya 1.2 G CVT 2023, membuat Agya GR Sport CVT 2023 memiliki tingkat akurasi setir yang baik. Walaupun begitu, feedback setirnya persis sama dengan Toyota Veloz dan Toyota Raize yang tidak progresif saat memberatkan setir ketika kecepatan semakin tinggi sehingga cukup mengganggu.

Berbicara mengenai bantingan suspensi, Agya GR Sport memang memiliki settingan suspensi yang kaku namun hal tersebut membuatnya stabil baik di jalanan yang tidak rata maupun ketika berbelok patah 90 derajat pada kecepatan 50 km/h. Ini membuat rasa berkendaranya jadi lebih seru karena Toyota Agya GR Sport 2023 tidak memiliki suspensi yang terlalu mengayun sehingga kontrol mobil jadi lebih terarah.

Gendong Mesin WA-VE Dan Transmisi D-CVT

Menggunakan mesin WA-VE 1.200 cc 3-silinder, Agya GR Sport 2023 mengeluarkan tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dengan torsi 113 Nm di 4.500 rpm. Tenaga yang disalurkan lewat transmisi D-CVT yang memiliki split gear, membuat bukaan gas saat melakukan stop n go jadi lebih responsif dibanding CVT biasa. Namun ketika berada pada kecepatan rolling speed dan pedal gas langsung diinjak, efek delay khas transmisi CVT masih terasa.

Untuk pengeramannya sendiri, Agya GR Sport memang masih memiliki konfigurasi disc brake di bagian depan dan teromol di bagian belakang namun pedal rem masih bisa ditakar dengan baik. Artinya ketika Toyota Agya GR Sport 2023 melakukan pengereman, kita bisa menakar tingkat pengereman dengan mudah. Tidak serta merta hanya di-injak sedikit akan langsung mengerem dengan kuat yang tentunya akan berpengaruh pada faktor kenyamanan penumpang.

Secara garis besar, Toyota Agya GR Sport 2023 yang dibanderol Rp 237,5 Juta (GR-S M/T) dan Rp 253,5-256 Juta (GR-S CVT) cocok untukmu yang lebih mementingkan rasa berkendara yang sporti ketimbang mementingkan kenyamanan. Dengan pilihan 4 warna solid serta 2 warna dual-tone khas GR, apakah kalian tertarik untuk menjadikan all new Toyota Agya GR Sport 2023 sebagai kendaraan harianmu?

Read Prev:
Read Next: