Mazda Siapkan 5 SUV Baru Tahun Depan : Mulai CX-50 Sampai CX-90!

by  in Berita&International&Mazda
Mazda Siapkan 5 SUV Baru Tahun Depan : Mulai CX-50 Sampai CX-90!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, Mazda nampak sangat serius memperlebar range produk mereka di segmen SUV. Mulai dari kehadiran Mazda CX-8 yang menawarkan kelegaan ala MPV, hingga Mazda CX-30 yang menggabungkan karakter dinamis ala Mazda3 dengan body SUV serta update dari Mazda CX-5 versi terbaru. Nah, Mazda tidak akan berhenti sampai di sini, karena mereka masih akan memperkenalkan banyak SUV baru. Dan yang terdekat, ada 5 SUV yang sedang dipersiakan oleh pabrikan asal Jepang itu, Mobil apa saja? Yuk kita simak informasi lebih lengkapnya.

Ada CX-50, CX-60, CX-70, CX-80 hingga CX-90

Beberapa waktu lalu, Mazda telah memberikan pernyataan resmi bahwa mereka akan memperkenalkan 5 SUV baru yaitu Mazda CX-50, Mazda CX-60, Mazda CX-70, Mazda CX-80, dan Mazda CX-90. Yap, sebuah range yang nampaknya menjadi kelas baru dengan spesifikasi ataupun bentuk yang berbeda. Oke, kita akan bahas satu per satu berdasarkan informasi yang sudah beredar. Pertama, kita bahas Mazda CX-50. Nama Mazda CX-50 sendiri sejatinya sudah cukup lama terdengar, terutapa pasca Mazda dan Toyota berbagi pabrik di Alabama, Amerika Serikat. Sejak awal proyek pabrik tersebut, sudah terdengar nama Mazda CX-50 sebagai komoditas produksi Mazda. Dan benar saja, Mazda CX-50 memang akan diproduksi di sana dan menjadi produk yang difokuskan untuk pasar Amerika Serikat. Lantas, apakah Mazda CX-50 adalah suksesor Mazda CX-5? Bukan. Mobil ini akan menjadi opsi lain dari Mazda CX-5, bukan suksesornya.

Mazda CX-50 sendiri akan menggunakan platform yang sama dengan Mazda3 dan Mazda CX-30, dan akan mulai diproduksi pada bulan Januari 2022 mendatang. Sedangkan Mazda CX-60 akan menjadi sebuah SUV dengan dua baris (5 seater) dan Mazda CX-80 akan menjadi sebuah SUV 3 baris (7 seater). Kedua mobil ini akan difokuskan untuk pasar Eropa dan Jepang. Sisanya adalah Mazda CX-70 dan Mazda CX-90 yang merupakan versi wide atau lebih lebar dari Mazda CX-60 dan Mazda CX-80. Nah, kedua SUV terakhir ini akan ditujukan untuk pasar Amerika Utara dan sejumlah negara yang memang menyukai mobil dengan dimensi yang lebih besar. Mungkin China juga salah satunya. Berbeda dengan Mazda CX-50 yang tak menjadi suksesor dari Mazda CX-5, Mazda CX-90 akan menjadi suksesor dari Mazda CX-9 yang kini sudah berusia 6 tahun. Seluruh SUV kecuali Mazda CX-50 akan dibangun dengan platform baru, dimana ada opsi untuk 2 tipe body (narrow dan wide) dan 2 opsi layout (2 atau 3 baris).

Mulai Era Elektrifikasi

Bersamaan dengan pengumuman kehadiran 5 SUV baru ini, pihak Mazda juga mengumumkan strategi elektrifikasi mereka. Mazda Menargetkan bahwa elektrifikasi tersebut akan sukses di tahun 2030 mendatang. Oleh karenanya, mulai tahun depan mereka akan menawarkan sejumlah model dengan teknologi hybrid. Mazda CX-60 dan Mazda CX-80 sendiri akan ditawarkan dengan teknologi plug in hybrid yang dipadukan dengan mesin ICE bensin 4 silinder. Tak selesai sampai disana, Mazda juga mengkonfirmasi bahwa mereka akan memiliki mesin SkyActiv-X 6 silinder segaris generasi terbaru dan juga mesin SkyActiv-D yang akan dipadukan dengan teknologi mild hybrid 48V. Sedangkan Mazda CX-70 dan Mazda CX-90 akan mendapatkan teknologi PHEV dengan mesin turbo 6 silinder. Mazda juga mengkonfirmasi varian range extender dari Mazda MX-30 dengan mesin rotary yang akan hadir di paruh kedua tahun depan. Dan yang terakhir, Mazda akan memiliki sebuah EV baru dengan arsitektur khusus pada tahun 2025 mendatang.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: