Gawat, Honda Jazz dan City Direcall di Malaysia Akibat Masalah pada Transmisi CVT!

Gawat, Honda Jazz dan City Direcall di Malaysia Akibat Masalah pada Transmisi CVT!
0  komentar
recall-honda-jazz

AutonetMagz.com – Anda pemilik Honda City atau Honda Jazz baru bertransmisi CVT? Sebaiknya mulai detik ini, anda sedikit lebih berhati-hati dalam berkendara. Pasalnya, kabar dari negeri tetangga sedikit memberikan kekhawatiran mengenai duet sedan dan hatchback Honda ini. Paultan menulis bahwa Honda Malaysia sudah melakukan recall untuk 12.232 unit Honda City 2014 dan 97 unit Honda Jazz 2015 akibat adanya problem pada software hydraulic pressure control transmisi CVT-nya. Ada apa gerangan?

Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss.

Honda-Jazz-Matic-Bekas

Cara memperbaikinya menurut Honda adalah dengan melakukan update pada software powertrain control module (PCM) yang sudah diberikan settingan baru untuk mengurangi beban pada poros drive pulley. Sejauh ini, tidak ada berita mengenai kecelakaan yang diakibatkan power loss saat berkendara. Syukurlah kalau begitu.

Honda Malaysia melakukan recall sebagai tindak pencegahan sebelum terjadi insiden yang merugikan konsumen. Mereka juga menyampaikan, di luar jumlah unit yang di-recall tadi, tidak ada lagi Honda Jazz atau City yang kena masalah serupa, demikian pula model-model lain seperti Accord, CR-V, HR-V dan lain-lain. Semoga memang tidak ada lagi ya, repot juga kalau unit yang harus di-recall bertambah.

Honda City 2014

Semua pelanggan yang mobilnya bermasalah telah dikontak Honda melalui surat pribadi untuk segera membawa mobilnya ke dealer Honda terdekat untuk inspeksi dan update software PCM. Lalu, apa kabar Honda Jazz dan City di Indonesia? Honda Prospect Motor belum memberi kabar, tapi jika Honda Malaysia bilang hanya sekian unit yang kena recall dan tidak ada lagi yang kena masalah yang sama, semoga Honda Jazz dan City di Indonesia tak terjangkiti masalah ini.

Atau, ada yang pernah merasakan power loss saat berkendara dengan Honda Jazz atau City miliknya atau milik kenalannya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • rezza

    namanya pabrikan yang bertanggung jawab nih..

  • Bram

    Kenapa sih transmisi CVT Honda selalu ada aja problemnya. GD8 juga dulu problem.

    • Rizky Nanda Noverianto

      GD8? yg mana tuh? setau ane disini adanya GD3 atau GE8

      • hiltam

        GD8 itu city aria,ato biasanya kalo disini disebutnya city kecebong

      • Bram

        Maksudnya GD3, sorry

  • Himawan Ulul

    Honda di malay itu produksi sendiri atau impor dari indonesia ya? klo impor ya ada kemungkinan yg di indo jg bermasalah. tp gatau jg ding, ane bukan pemakai siti n jazz hehe

    • farid

      mobil honda yg impor langsung dari indonesia itu honda freed,dan mobil tersebut belum pernah terdengar bakal di recall disana.dan pabrik honda di malaysia juga mengimpor beberapa komponen dari honda indonesia,tapi belum tau juga apakah model mobil yg di recall honda di malaysia juga ikuttan ama HPM

      • evan

        honda indonesia punya masalah recall airbags, waktu iti honda city kecelakaan ga ada berkembang airbags, ps aku majalah autobild

  • mas boy

    di indonesia kelihatannya masih aman karena belum ada pemberitahuan resmi dari honda

  • Dimas Arief Ramadhan

    di Indonesia recall? jempol deh klo ada atpm yg melakukan recall diindonesia, pengguna HRV di Indo aja banyak (sekali lagi buanyaaak) yang mengeluhkan masalah pada bagian kaki-kaki HRV-nya tapi belum ada solusi konkrit dari HPM..

    • Hillarius Satrio

      kaki2nya HRV kenapa bro? bunyi2 atau gimana?

    • Andi

      Iya betul, ane juga pernah diceritain sm temen pengguna hrv 1.5 e cvt juga dan udh ane baru aja 5000 km / 3 bulan udh bunyi kaki2 nya..

      • Daeng If

        iya bro kaki2kok bunyi gluduk2 pada saat test mobil teman.

    • farid

      di indonesia atpm kendaraan dari dulu pernah recall kendaraan bukan pertama kali kalau dilakukan sekarang, contoh kaya mazda sama honda,dulu mazda pernah recall mazda 3 atau 6 gak salah disini dan honda pernah recall sebagian mobilnya yg dijual karena masalah airbag buatan takata

  • Goliath

    Hrv temen ane pernah bgtu tuh e cvt msh bru pula abs kluar bunderan d gas kosong tiba2 abs itu gk lama sela bbrp detik ngisi lagi ane lg ddk d sblh nyaksiin sndri.

    • Hillarius Satrio

      bah? seriusan?ngeri amat.. kata bengkel ada masalah ga?

  • farid

    sayangnya atpm mobil di indonesia kalau recall mobil tanggung2 gak sebanyak sama atpm di luar.di luar negeri terutama negara maju recall mobil bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan,dan rata-rata mobil yg direcall di indonesia bukan mobil yg banyak dipasaran.kalau atpm di indonesia tegas mungkin dah banyak mobil di indonesia yg harus di recall

  • lewat

    Yah honda lgi.. Ga sebagus penjualan.a.. Bgus awal aja dah itumah.. -_-

    • Hillarius Satrio

      nggak cuma honda, semua merek mobil ada bagus jeleknya

  • Shin

    Mobil ane emprit, ngak ada masalah, kecuali accu kurang gede aja …. gila aja sliding door pake 35 ampere accu …. min 45 lah …

  • AE86

    sekelas Jazz dan mobilio menggunaka CVT menurut saya terlalu memaksa.

    • Daeng If

      maksa gimana maksudnya? kan cvt memang untuk mobil cc kecil. baru nissan yang pakai di cc besar

  • GK5

    Jazz GK5 Cukup mengecewakan waktu dikebut di toll sekitar 120-125km/h, tiba tiba power loss dan harus dipindah ke gigi “S”

  • Aldy Zakaria

    Bantu jawab..transmisi cvt honda terbaru ini sudah bikinan indonesia..soalnya pernah liat di blok transmisi cvt mobilio ada tulisan hppm (honda parts precision manuf.) Yang pabriknya ada di indonesia..nah transmisi city dan jazz di malaysia di import dari indonesia apa bukan…atau buatan thailand..msh tanda tanya?

    • Dadan

      Masalahnya kan ada di softwarenya. Biarpun cvt nya bikin di Indonesia, masa software nya bisa beda ?

  • bubeng

    Honda City 2014, tapi dibeli 2016 (new), sejak awal pada kecepatan rendah sering nyendal, terutama saat lepas gas trus injak pelan. Konsultasi ke Honda Service dibilang normal. Aku nyoba mobil lain punya beberapa teman dgn tipe sama, sepertinya agak halus (medingan lah). Sebelumnya pernah punya city 2007, CVT nya sangat bagus very smooth. Kenapa yg tahun baru (2014) kurang halus (nyendal-nyendal kayak orang ngoper gigi di manual) ? Apa ini termasuk yg seharusnya kena recall ya ?

  • bubeng

    Aku beli Honda City tahun 2015 akhir dan terbit STNK baru Januari 2016, tapi kok Mesinnya tahun 2014 ya ? Apa ini memang Produksi Honda City sd saat ini terakhir 2014 ? Apa belum ada yg 2015 ?