Gawat, Honda Jazz dan City Direcall di Malaysia Akibat Masalah pada Transmisi CVT!

Gawat, Honda Jazz dan City Direcall di Malaysia Akibat Masalah pada Transmisi CVT!
0  komentar
recall-honda-jazz

AutonetMagz.com – Anda pemilik Honda City atau Honda Jazz baru bertransmisi CVT? Sebaiknya mulai detik ini, anda sedikit lebih berhati-hati dalam berkendara. Pasalnya, kabar dari negeri tetangga sedikit memberikan kekhawatiran mengenai duet sedan dan hatchback Honda ini. Paultan menulis bahwa Honda Malaysia sudah melakukan recall untuk 12.232 unit Honda City 2014 dan 97 unit Honda Jazz 2015 akibat adanya problem pada software hydraulic pressure control transmisi CVT-nya. Ada apa gerangan?

Honda bilang, jika pengemudi terlalu sering menginjak dan melepas gas secara cepat dan kasar pada kecepatan tinggi, tekanan hidraulis yang tinggi akan memberikan beban berat pada poros drive pulley. Jika kondisi itu terus berlangsung, poros tersebut dipastikan bisa rusak, dan hasilnya adalah kehilangan tenaga secara mendadak alias power loss.

Honda-Jazz-Matic-Bekas

Cara memperbaikinya menurut Honda adalah dengan melakukan update pada software powertrain control module (PCM) yang sudah diberikan settingan baru untuk mengurangi beban pada poros drive pulley. Sejauh ini, tidak ada berita mengenai kecelakaan yang diakibatkan power loss saat berkendara. Syukurlah kalau begitu.

Honda Malaysia melakukan recall sebagai tindak pencegahan sebelum terjadi insiden yang merugikan konsumen. Mereka juga menyampaikan, di luar jumlah unit yang di-recall tadi, tidak ada lagi Honda Jazz atau City yang kena masalah serupa, demikian pula model-model lain seperti Accord, CR-V, HR-V dan lain-lain. Semoga memang tidak ada lagi ya, repot juga kalau unit yang harus di-recall bertambah.

Honda City 2014

Semua pelanggan yang mobilnya bermasalah telah dikontak Honda melalui surat pribadi untuk segera membawa mobilnya ke dealer Honda terdekat untuk inspeksi dan update software PCM. Lalu, apa kabar Honda Jazz dan City di Indonesia? Honda Prospect Motor belum memberi kabar, tapi jika Honda Malaysia bilang hanya sekian unit yang kena recall dan tidak ada lagi yang kena masalah yang sama, semoga Honda Jazz dan City di Indonesia tak terjangkiti masalah ini.

Atau, ada yang pernah merasakan power loss saat berkendara dengan Honda Jazz atau City miliknya atau milik kenalannya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: