Yamaha XMAX 250 Dijual Di IIMS? Eh Ternyata Belum!

by  in Berita&Motor Baru&Nasional
Yamaha XMAX 250 Dijual Di IIMS? Eh Ternyata Belum!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu, kami sempat merangkum sejumlah bocoran terkait gelaran Indonesia International Motor Show 2017 yang akan dihelat minggu depan. Dalam bocoran tersebut, kami menyebutkan bahwa pabrikan roda dua asal Jepang, Yamaha akan fokus untuk memperkenalkan deretan motor di segmen maxi miliknya. Tentu saja jika melirik segmen maxi, maka ada 3 produk yang memiliki embel – embel “max” di namanya, yaitu Yamaha NMAX 155, Yamaha XMAX, dan Yamaha TMAX.

 Tentu yang paling dinantikan adalah varian Yamaha XMAX yang notabene adalah produk baru di line up Yamaha. Sejak diperkenalkan di ajang IMOS 2016, pada november 2016 lalu, Yamaha belum melepas Yamaha XMAX ke dealer untuk dijual, bahkan harga untuk sang kuda besi pun belum diumumkan oleh Yamaha. Yang ada adalah sejumlah inden untuk motor ini. Yamaha mengklaim 400 unit telah diinden oleh calon pembeli.

Dan sejalan dengan misi Yamaha di IIMS 2017, tentu banyak pihak yang berharap pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan melepas secara resmi Yamaha XMAX ke publik untuk dijual. Namun ternyata kenyataan berkata lain. Yamaha XMAX belum akan dijual di even nasional tersebut, dan hanya akan dipajang saja bersama deretan jagoan segmen maxi milik pabrikan garpu tala tersebut.

Dikutip dari laman otomotif Kompas.com, Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM mengatakan bahwa sang kuda besi tak akan dilepas ke pasaran pada ajang IIMS 2017. Namun pihaknya tak menampik bahwa progres menuju pemasaran produk diharapkan segera rampung, setidaknya sebelum lebaran tahun ini. Hal ini dikarenakan YIMM akan fokus terlebih dahulu pada proses pengiriman ekspor Yamaha XMAX  ke luar negeri. Yamaha XMAX yang diekspor sendiri memiliki kubikasi yang lebih besar, yaitu 300 cc.

Sedangkan M Abidin, GM Aftersales Division YIMM, mengungkapkan bahwa sebenarnya Yamaha XMAX telah diproduksi massal sejak bulan lalu, atau tepatnya maret 2017. Namun memang belum ada kepastian kapan sang motor akan dilepas ke pasaran, yang jelas bukan di IIMS 2017 nanti. Yamaha XMAX sendiri telah diumumkan harganya di Inggris di harga 4.949 poundsterling atau setara Rp 82,7 juta. Dan jika melihat kubikasi yang lebih kecil, dan statusnya yang rakitan lokal, tentu Yamaha XMAX dijual jauh lebih murah di tanah air, kisaran 50 hingga 60 juta rupiah mungkin masih layak dipertimbangkan.

Yamaha sendiri mengambil langkah yang cukup berani dengan melakukan “babat alas” alias membuka lahan / segmen baru yang mana sebelumnya tak banyak digeluti oleh pabrikan roda dua di tanah air. Memang ada Suzuki dengan Burgman 200 yang harganya terlampau mahal, lalu Benelli dengan Zaferano 250 yang sisi depannya super besar. Jadi, Yamaha XMAX tentu cukup menarik, selain eksteriornya, mesin 250cc miliknya pun juga menarik untuk diuji, tapi sabar ya, belum akan dijual dalam waktu dekat. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: