Yamaha SZ-R : Cocok Nih Buat Menghadang Honda Verza 150

by  in Motor Baru&Yamaha
Yamaha SZ-R : Cocok Nih Buat Menghadang Honda Verza 150
0  komentar
Yamaha SZ-R Depan

Apa Yamaha nggak gatel dengan peluncuran Honda Verza 150 di akhir tahun lalu? Pasalnya motor ini melanglang buana tanpa ada satu kompetitor yang berarti di level ini. Saingan terdekat motor ini hanya satu, yaitu Bajaj XCD 125 yang penjualannya tergolong kembang kempis di Indonesia. Honda Verza sendiri dibanderol dengan harga 16 jutaan.

Jika Honda Indonesia punya Honda Verza 150. Yamaha India juga memiliki varian motor yang sama di segmen tersebut. Yaitu Yamaha  SZ-R yang memiliki basis yang sama dengan Yamaha Byson atau FZ-R di India. Secara mesin dan rangka, otor ini mirip-mirip dengan Byson. Kurang lebih sama seperti Honda Verza yang memiliki rangka sama dengan Honda New Megapro yang ditambahkan fitur injeksi pada mesinnya.

Yamaha SZ-R sama seperti Byson yang belum dilengkapi dengan teknologi injeksi, sama halnya dengan Mega Pro. Tetapi Yamaha SZ-R bisa diposisikan sama dengan Honda Verza 150 jika ditambahkan fitur mesin injeksi. Injeksi ini selain membuat motor semakin irit, juga membuat tenaga mesin semakin kencang.

Yamaha SZ-R Belakang

Di India. Yamaha SZ-R ialah versi downgrade dari Yamaha Byson. Hal ini bisa terlihat dari pengurangan tenaga mesin dari 14 PS (Byson) menjadi 12.1 Ps (Yamaha SZ-R). Dari bodi juga terlihat motor ini tidak menggunakan garpu yang besar seperti yang digunakan Yamaha Byson. Sedangkan untuk bodi sudah jelas motor ini lebih ramping dibandingkan Yamaha Byson.

Nah, boleh juga nih kalau Yamaha SZ-R diluncurkan di Indonesia dengan harga 16 jutaan. Oh iya, di India SZ-R juga tersedia dalam versi tanpa rem cakram di roda depan yang dinamakan Yamaha SZ-X. Di Indonesia, jika motor ini diberikan rem tromol sepertinya akan sulit untuk berkompetisi di pasar entry motor sport.

Read Prev:
Read Next: