Yamaha MT-15 2019 Meluncur, Wariskan Filosofi Desain MT

by  in Motor Baru&Yamaha
Yamaha MT-15 2019 Meluncur, Wariskan Filosofi Desain MT
0  komentar

Autonetmagz.com – Mungkin bisa dibilang kalau salah satu motor lansiran Yamaha ini menjadi motor yang paling ditunggu oleh kalian para penyuka roda dua. Bagaimana tidak? Dari pertengahan tahun kita selalu tersuguhi foto-foto spyshot dari penerus Xabre ini di media sosial. Memang selain si MT-15 yang menjadi highlight kita sekarang, ada juga spyshot all new R25 yang juga mewarisi desain seri R Yamaha seperti adiknya, dan MX King ‘facelift‘, tetapi akuilah kalau hype dari M-Slaz atau Xabre atau MT-15 lebih besar.

Hal tersebut dikarenakan pendahulunya yang memang sudah populer dengan membawa desain ala minor fighter, desain yang berani dan berbeda untuk sebuah motor street fighter pada masanya. Tetapi desain tersebut mengundang pro maupun kontra. Memang si Xabre atau M-Slaz tersebut memiliki desain out of the box yang cukup radikal, tapi banyak orang menanyakan, ‘Kokgak dibuat sama desainnya dengan keluarga MT? Padahal motor ini berjenis street fighter, kenapa tidak sekalian saja bergabung dengan MT?’

Maka inilah Yamaha MT-15, street fighter penerus Xabre atau M-Slaz. Jadi, bye-bye nama Xabre dan M-Slaz. Selain memiliki desain yang benar-benar baru, apa saja effort Yamaha untuk terus mempertahankan naked bike bermesin 150cc-nya ini? Mari kita bahas ada ubahan apa saja yang terdapat pada MT-15 2019 dalam paragraf selanjutnya. Kita lihat apakah motor ini layak untuk melawan motor dalam segmen yang sama.

Pertama-tama pasti kita selalu bahas segi luarnya terlebih dahulu. Dari depan sudah terlihat jelas kalau bentuk headlight-nya sudah membawa bahasa desain seri MT, layaknya muka seekor Transformer. Dengan dilengkapi lampu kecil dan lampu proyektor yang semuanya LED, sang penerus Xabre terlihat jauh lebih mengintimidasi daripada sebelumnya. Desain tangki bensinnya pun mengikuti tradisi MT, tanpa adanya gills seperti keluarga R. Ini adalah hal yang bagus, karena MT-15 berarti lebih dari sekadar R15 yang ‘ditelanjangi,’ nice job Yamaha.

Untuk sepatbor depannya sendiri, terlihat kalau bagian ini masih sama dengan Xabre. Rangka dan velgnya pun juga terlihat sama dengan motor minor fighter tersebut, tetapi untuk sisanya seperti undercowl, panel bodi, jok, hingga bagian belakang semuanya sudah berbeda. Tak lagi mengambil desain ala motor custom, MT-15 sudah menjadi street fighter yang murni. Dengan buntut yang lebih panjang dari Xabre, jok seri MT terkecil kedua ini pun juga ikut menjadi lebih lapang. Sekarang kursinya pun jadi tersambung, tak lagi terpisah layaknya sport bike. Bagian belakangnya juga menjadi lebih simpel, superbike look-a-like.

Sudah membahas sisi desainnya, yuk kita intip mesin, fitur, dan teknologi apa yang sudah tersemat pada produk street fighter manufaktur berlambang garpu tala ini. Suspensinya jelas masih upside down (USD), jangan ubah yang sudah bagus bukan? Lalu disc brake untuk kedua roda dan suspensi monoshock makin menyempurnakan motor dengan gaya jalanan ini. Untuk spidometernya sendiri, bentuk dan fitur sama dengan saudara sportinya. Namun pencahayaan tetap mengikuti Xabre lama yaitu dengan negative LCD.

Untuk mesinnya sendiri, Yamaha tetap mencomot langsung dapur pacu dari R15 untuk saudara jalanannya ini. Dengan masih berkonfigurasi single cylinder 4-valve berkapasitas 155cc yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA), mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dan torsi 14,7 Nm. Mesin ini juga ditunjang dengan girboks 6-percepatan yang pastinya juga sudah dilengkapi Assist & SlipperClutch agar perpindahan gigi menjadi lebih halus dan efisien. Ya untuk bagian yang ini memang sepertinya MT-15 benar-benar menjadi versi naked sebuah R15. Tetapi apakah jika sampai di Indonesia nanti ada yang berubah dari sang Yamaha MT-15 2019 ini? Sayang pihak Yamaha Indonesia masih bungkam akan hal tersebut.

Bagaimana menurut kalian Yamaha MT-15 2019 terbaru ini, apakah sanggup melawan motor-motor di kelasnya seperti contoh Honda CB150R ExMotion? Dari segi desain, dua motor tersebut memang memiliki ciri khasnya masing-masing. ExMotion bergaya neo-retro, sedangkan MT-15 maju dengan style modern street fighter seperti keluarga MT yang lain. Namun untuk segi performa? Pasti akan menjadi tontonan yang menarik jika kedua motor tersebut kita bandingkan dalam aspek ini. Kirimkan komentar kalian mengenai Yamaha MT-15 2019, penerus Xabre atau M-Slaz, di kolom Disqus kami.

Read Prev:
Read Next: