Yamaha Fazzio 125 Hybrid : Mulai 21 Jutaan, Hayoloh Honda…

Yamaha Fazzio 125 Hybrid : Mulai 21 Jutaan, Hayoloh Honda…
0  komentar

AutonetMagz.com – Tren elektrifikasi kini memang sedang digandrungi di segmen otomotif, khususnya di segmen roda 4. Namun, bagaimana dengan segmen roda 2? Kebanyakan pabrikan roda 2 memilih untuk menahan dahulu rencana tersebut, atau kalaupun ada, maka mereka langsung lompak ke segmen motor listrik murni. Lantas, bagaimana dengan peluang motor hybrid? Yamaha Indonesia nampaknya melihat ada peluang menarik di segmen motor hybrid dan secara mengejutkan menghadirkan Yamaha Fazzio 125 Hybrid untuk pasar Indonesia. Hayoloh Honda….

Perintis Segmen Classy Yamaha

Sebenarnya, kehadiran Yamaha Fazzio 125 sudah bisa ditebak sejak beberapa waktu silam. Motor ini diuji jalan di Indonesia, dan patennya juga sempat bocor pada akhir bulan Desember 2021 kemarin. Namun, kala itu kami tidak menduga motor ini akan menggunakan teknologi Hybrid. Bisa dikatakan, kini Yamaha Fazzio 125 Hybrid adalah motor hybrid termurah yang dijual di Indonesia. Yamaha Fazzio 125 Hybrid dipasarkan dengan 2 opsi, yaitu Yamaha Fazzio Neo mulai 21,7 Jutaan Rupiah dan Yamaha Fazzio Lux dengan harga 22 jutaan Rupiah. Semuanya on the road Jakarta. Sebelum membahas masalah desain dari motor ini, ada sebuah fakta menarik di balik kehadiran Yamaha Fazzio 125 Hybrid. Motor ini merupakan motor pertama Yamaha yang masuk di segmen Classy Yamaha. FYI, segmen ini adalah segmen baru yang berdiri sendiri, seperti halnya Maxi Yamaha yang berisikan motor – motor bergaya maxi scooter. Nah, di segmen Classy Yamaha, nantinya akan ada beberapa motor baru bergaya classy dan uplevel, dan dimulai dengan Yamaha Fazzio 125 Hybrid. Menarik kan? Yuk kita bahas motornya.

Desain Fashionable & Praktis

Secara looks, saat melihat motor ini kami langsung teringat pada jajaran motor milik Piaggio Group. Yap, tema classy dan classic yang diusung Yamaha Fazzio 125 Hybrid memang sebelumnya cukup lekat dengan brand asal Italia tersebut. Lampu utama Yamaha Fazzio 125 Hybrid menggunakan bentuk ala kapsul yang mana sudah full LED dan ada LED DRL berbentuk bingkai membulat. Lampu sein ada di bagian tameng, dengan bentuk yang senada, seperti kapsul obat anti miskin pusing. Yang menarik, di bagian tengah tameng depannya diberi ornamen warna hitam (di tipe Neo) dan hitam silver (di tipe Lux) yang mengingatkan kami pada penggunaan tie di Vespa. Di bawahnya ada tempat plat nomor dan juga spatbor yang ukurannya cukup besar. Secara umum, nampaknya wajah depan Yamaha Fazzio 125 Hybrid akan cukup mudah disukai oleh kalangan fashionista, baik laki – laki maupun perempuan. Sesuai dengan konsep classy-nya.

Pindah ke sisi samping, terlihat Yamaha Fazzio 125 Hybrid memiliki dek yang cukup rendah dan juga bentuk sisi samping ke belakang agak mengotak. Di tipe Neo, terdapat beberapa permainan livery mengotak yang dipadukan dengan logo Fazzio dan juga ornamen ala kapsul lagi. Sedangkan di tipe Lux terlihat lebih minimalis dan clean. Oiya, di tipe Lux juga dibekali jok berwarna maroon, sedangkan di tipe Neo masih hitam. Knalpot di motor ini juga diberi cover dengan bentuk rounded yang senada dengan bahasa desainnya. Untuk foot peg boncenger bisa tersembunyi rapi. Behel juga masih diberikan di motor ini dengan laburan warna hitam. Pindah ke sisi belakang, Yamaha Fazzio 125 Hybrid menggunakan kampu belakang yang bentuknya lagi – lagi ala kapsul dengan 3 cluster yaitu lampu rem, dan dua lampu sein di kanan dan kiri. Spatbor belakangnya juga cukup ramping dan diberi reflektor serta tempat plat nomor.Satu hal dari sisi desain yang sangat kami sayangkan adalah bentuk spionnya, kenapa tidak bulat saja sekalian? atau bentuk kapsul juga? Semoga Yamaha mendengar.

Seukuran Fino, Tapi Lebih Enteng

Cukup dengan desainnya, kita bahas sedikit masalah akomodasi dan dimensinya. Motor ini memiliki panjang 1.820mm, lebar 685mm, dan tinggi 1.125mm dengan wheelbase 1.280mm. Sebagai gambaran, Yamaha Fazzio 125 Hybrid sedikit lebih pendek dan lebih ramping dari Yamaha Fino, namun lebih tinggi dan wheelbase-nya lebih panjang. Poin bagusnya adalah bobot Yamaha Fazzio 125 Hybrid lebih enteng 3 kilo daripada Yamaha Fino, yaitu menjadi 95 kg saja. Walaupun begitu, tangki motor ini lebih besar dengan 5,1 liter dan tinggi joknya mencapai 750mm dengan ground clearance 13,5 cm. Yamaha Fazzio 125 Hybrid memiliki dua buah carabiner hook di sisi depan, sebuah laci tertutup di sisi depan, dan sebuah laci terbuka di sisi sebelah kanan. Sedangkan bagasinya muat hingga 17,8 liter. Kaki – kakinya menggunakan ban tubeless dengan velg baru berwarna hitam cast wheel dan juga ukuran 12 inci. Yap, semakin mengarah ke motor classy Italia dengan ukuran velg tersebut. Ban depannya menggunaka profil 110/70 R12, pun begitu sisi belakang. Jadi, ban depan dan belakang profilnya serupa. Untuk pengereman, bagian depan dibekali rem cakram dan tromol di sisi belakang.

Teknologi Mild Hybrid Bantu Akselerasi

Mesin menjadi salah satu aspek krusial di Yamaha Fazzio 125 Hybrid. Untuk pertama kalinya, Yamaha memberikan sentuhan teknologi hybrid pada mesin Blue Core 125cc mereka. Yap, ini merupakan tradisi Yamaha sebagai trendsetter di saat rival mereka biasanya hanya menjadi follower, walaupun mereka tetap lebih laku. Mesin 124,86cc SOHC di motor ini memiliki ukuran bore x stroke di angka 52,4mm x 57,9mm. Yap, overstroke. Tenaganya mencapai 6,2 kW atau setara 8,3 hp pada 6.500 rpm dan torsinya 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Dibandingkan mesin BlueCore none hybrid, mesin ini turun tenaganya namun naik torsinya. Torsi maksimal bisa diraih di putaran yang lebih rendah, pun begitu tenaga maksimal. Lantas, seperti apa sistem kerja dari hybrid di Yamaha Fazzio 125 Hybrid ini? Mudah saja, konsepnya seperti teknologi mild hybrid di roda 4. Masih ingat teknologi SHVS di Suzuki Ertiga Diesel? Konsepnya serupa. Jadi, di Yamaha Fazzio 125 Hybrid ada 2 komponen baru yaitu Smart Motor Generator (SMG) dan Starter Generator Control Unit (SGCU).

Saat akan digunakan, aki akan bertugas menyalakan mesin. Setelah itu, SMG akan bertugas mengisi kembali aki saat mesin sudah berjalan. Lalu, apa tugas teknologi hybrid ini? Seperti di SHVS, teknologi ini akan membantu motor untuk mendapatkan tenaga dan torsi lebih saat start. Ada fitur bernama Electric Power Assist Start yang bertugas untuk memerintahkan akin memberikan bantuan tenaga di 3 detik pertama motor bergerak dari kondisi berhenti. Artinya, tenaga di awal akan dibuat nendang, berguna saat motor membawa beban berat atau saat menanjak. Jadi, di 3 detik pertama, mesin dan Electric Power Assist Start akan bekerja bersama – sama. Oiya, motor ini juga dibekali teknologi one push start, jadi sekali tekan tombol, motor akan menyala. Bukan teknologi baru, karena Suzuki sudah menerapkannya di GSX 150-Series sejak beberapa tahun lalu. Lantas, fitur apa saja yang diberikan di motor ini? Yamaha Fazzio 125 Hybrid dibekali teknologi Smartkey Yamaha dengan answer back system, lalu Yamaha Y-Connect, Start Stop System, speedometer digital, power socket, dan lampu hazard. Oiya, yang menarik, motor ini juga hadir dengan sejumlah aksesoris OEM, seperti leg soft bag, outer luggage, dan cover panel.

Sebagai produsen sepeda motor global, Yamaha memiliki komitmen untuk terus berinovasi dalam upaya mendukung perubahan kebutuhan dan tren gaya hidup pelanggan setia kami. Maka, kami menghadirkan model baru yang dikembangkan secara khusus. Melalui desain gaya yang unik, konsep cerdas dan trendi yang menampilkan konsep kategori baru kami Classy Yamaha. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bahwa Classy tidak hanya berarti klasik tetapi juga berkelas. Line up motor Yamaha yang dapat mendukung lifestyle pengendara untuk tampil lebih unggul. Sebagai buktinya, teknologi baru Yamaha Blue Core Hybrid yang baru saja diadaptasi pada model baru ini guna mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa berkendara.” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Yamaha Fazzio 125 Hybrid tipe Lux dijual dengan 2 opsi warna yaitu LUX Matte Black dan LUX Prestige Silver. Sedangkan, Yamaha Fazzio 125 Hybrid Neo hadir dengan 4 pilihan warna bergaya sporty, NEO Cyan, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: