Hasil Test Tabrak IIHS : Toyota Camry terendah, Honda Accord Terbaik

by  in Honda&International&Toyota
Hasil Test Tabrak IIHS : Toyota Camry terendah, Honda Accord Terbaik
0  komentar
kondisi pasca kecelakaan Honda Accord vs Toyota Camry

Kabar mengerikan muncul dari IIHS (Insurance Institute fo Highway Safety) karena ternyata Toyota Camry yang dinobatkan mobil paling laris di dunia. Justru pada model terbaru keluaran tahun 2012 – 2013 ini mendapatkan rating terburuk untuk tes kecelakaan menurut IIHS. Namun produk kompetitornya yang kurang diminati yaitu Honda Accord justru mendapatkan nilai terbaik dalam hal keamanan.

Hasil tes yang dikeluarkan oleh IIHS menunjukan bahwa Toyota Camry mendapatkan nilai P (poor) dari 4 skala penilaian. Diurut dari terbaik dan terendah G (good), A (Acceptable), M (Marginal) dan P (Poor). Sebaliknya Honda Accord terbaru justru mendapatkan nilai terbaik dengan huruf G.

ruang kabin Toyota Camry vs Honda Accord

Hasil testini ternyata tidak dianggap main-main oleh calon pembeli Toyota Camry terbaru. Pasalnya setelah IIHS menunjukan hasil crash test Toyota Camry ini di Amerika. Penjualan Toyota Camry langsung merosot sebesar 9.5% di bulan Februari lalu. Sedangkan Honda Accord yang mendapatkan peringkat tertinggi semakin membaik meskipun masih jauh jika untuk mengejar penjualan Toyota Camry. Ini membuktikan bahwa konsumen kendaraan di Amerika sangat peduli terhadap keamanan mobil-mobil mereka.

Namun Toyota tidak berhenti begitu saja. Menurut juru bicara toyota dengan hasil IIHS membuat Toyota berencana untuk menaikan standar keamanan untuk Toyota Camry. Mereka mersepon tantangan tersebut untuk membuat Toyota Camry dengan hasil uji tabrakan yang jauh lebih baik dibanding hasil saat ini.

Toyota Camry vs Honda Accord Crash Test

Test tabrak IIHS dilakukan dengan menabrakan mobil dalam kecepatan 40 Mph atau 64 km/jam. Mobil yang digunakan ialah mobil asli dengan perlengkapan keamanan standar seperti 6 airbag, ABS, EBD dan lain-lain. Hasil uji Toyota Camry menunjukan hasil tabrakan cukup parah karena pilar A hingga bagian bawah pintu berubah dan menusuk bagian interior dalam mobil. Bahkan hasil kamera dalam menunjukan ketika Airbag terbuka boneka dummy malah membentur pilar A dan dashboard sebelah kiri meskipun airbag telah mengembang.

Di Honda Accord memang terlihat parah. Namun dari sisi pengemudi lebih selamat. Pilar A dan atap tampak utuh. Bodi depan mobil mampu menyerap benturan dengan baik tanpa harus menyentuh interior kabin mobil. Hal ini terbukti dengan kerusakan boneka dummy yang relatif sedikit dalam uji tabrakan di kelas sedan menengah. Nampaknya kali ini Honda mampu mengungguli Toyota dalam hal keselamatan. Namun dari sisi penjualan Toyota Camry masih berada jauh di atas Honda Accord.

Pengujian IIHS di kelas sedan menengah ini melibatkan 15 kendaraan lainnya yang sekelas dengan Toyota Camry dan Honda Accord seperti Suzuki Kizashi, Dodge Avenger, Nissan Altima, Kia Optima, Subaru Legacy, Mazda 6, VW Passat, Chevrolet Malibu, Hyundai Sonata dan mobil sekelas lainnya.

Read Prev:
Read Next:
  • C 200

    Gak ada bagus bagusnya, baik toyota maupun honda

  • C 200

    Gak ada bagus bagusnya, baik toyota maupun honda