Yamaha MT15 Dijual Berdampingan Dengan Yamaha Xabre

Yamaha MT15 Dijual Berdampingan Dengan Yamaha Xabre
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu yang lalu pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku APM dari merk berlogo Garpu Tala di Indonesia telah memperkenalkan dua produk paling anyar mereka di segmen sport dan bebek super. Yap, keduanya adalah Yamaha MT15 dan juga Yamaha MX-King terbaru. Nah, sebelumnya kami memprediksi bahwa motor yang bernama Yamaha MT15 tersebut adalah sosok Yamaha Xabre model terbaru. Namun ternyata keduanya adalah produk yang berbeda, dan keduanya pun juga dijual beriringan.

Yap, baik Yamaha MT15 maupun Yamaha Xabre dijual secara bersamaan saat ini. Sejatinya, sosok Yamaha Xabre sendiri pada awal kemunculannya diprediksi akan bernama Yamaha MT15, namun ternyata malah meleset. Dan kebalikannya malah terjadi di Yamaha MT15 yang kami prediksi adalah Yamaha Xabre. Lantas, mengapa pihak Yamaha menjual kedua produk ini? Bukannya keduanya memiliki banyak kemiripan yang akan menimbulkan kanibalisme? Nah, Presdir dari YIMM, yaitu Minouru Morimoto memberikan tanggapannya terhadap kondisi ini.

Dikutip dari CNN Indonesia, Morimoto-san mengatakan bahwa pihaknya kini menjalankan penjualan dari Yamaha MT15 dan Yamaha Xabre secara paralel, alias berbarengan. Dengan begitu, pihak YIMM bisa mengambil keputusan melalui hasil preferensi konsumen akan keduanya, dan dari sana akan menjadi landasan untuk menentukan nasib dari Yamaha Xabre kedepannya. Selain itu, Morimoto-san juga menyampaikan bahwa keputusan untuk menjual keduanya akan memperluas pasar mereka dengan konsumen yang beragam. Secara umum, menurut kami kedua produk ini ditujukan untuk konsumen yang awalnya sama.

Bagaimana bisa? Jelas bisa, karena keduanya punya banyak kesamaan. Tampang agresif, ergonomi ala motor petualang, tinggi, namun masih bisa dikendarai harian. Nah, namun beberapa hal yang menjadi catatan di Yamaha Xabre disempurnakan di Yamaha MT15. Sebut saja jok model split yang dirasa kurang nyaman, dihilangkan dan berganti menjadi jok tandem di Yamaha MT15. Selain itu, Yamaha Xabre hadir ‘nanggung’ disaat mesin 155cc VVA akan dirilis, dan Yamaha Xabre pun harus puas dengan mesin 150cc lawas. Nah, di Yamaha MT15 inilah baru diterapkan mesin 155cc VVA seperti milik Yamaha R15 V3.

Jadi, sejatinya menurut kami Yamaha MT15 adalah versi koreksi dan penyempurnaan dari Yamaha Xabre. Dan karena itulah, ada banyak kesamaan, namun juga ada perbedaan. Dari sisi harga, Yamaha MT15 jelas lebih mahal dengan banderol 34,9 jutaan. Sedangkan Yamaha Xabre dengan banderol 30,7 jutaan menjadi lebih ‘merakyat’. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: