Yamaha Kembali Merancang Mobil Lagi untuk Tahun 2019

Yamaha Kembali Merancang Mobil Lagi untuk Tahun 2019
0  komentar
mobil-konsep-yamaha

AutonetMagz.com – Koran Nikkei dari Jepang memberitakan bahwa Yamaha sedang mempertimbangkan untuk membuat sebuah mobil kecil seperti city car dan direncanakan untuk dirilis tahun 2019. Hiroyuki Yanagi selaku presiden Yamaha membenarkan berita tersebut Kamis lalu, sekaligus menyatakan bahwa sudah puluhan triliun yen digelontorkan agar proyek ini terealisasi dengan baik.

City car yang akan dibuat ditujukan untuk mereka yang biasa berkendara dengan jarak tempuh yang relatif pendek. Mengenai teknologi, mereka akan mengandalkan kepiawaian mereka dalam membuat motor untuk membuat mobil ini, dan mungkin saja mereka akan meminta bantuan dari saudara tua mereka, Toyota.

interior-yamaha-motiv

Yanagi-san juga mengungkapkan kalau mobil yang ringkas seperti city car dan sejenisnya adalah sebuah peluang bisnis. Sebagai permulaan, mereka akan memilih benua Eropa sebagai tempat uji coba, karena tata letak kota di sejumlah negaranya termasuk sebagai yang terbaik di dunia.

Mobil kecil Yamaha ini diklaim akan dijual dalam versi bensin dan listrik. Untuk mesin bensinnya, mereka akan pakai mesin 1.000 cc milik Yamaha sendiri, sementara untuk versi listrik, baterai dan motor listriknya akan diperoleh dari sebuah perusahaan pembuat baterai dan motor listrik di luar Yamaha.

city-car-yamaha

Diklaim, model yang paling mungkin untuk menggambarkan calon city car Yamaha adalah Yamaha Motiv. Mobil konsep yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2013 ini adalah city car pendek seperti Smart ForTwo, dengan panjang hanya 2,69 meter dan menggunakan rangka tubular sebagai basisnya.

Sebenarnya tidak mengagetkan kalau Yamaha mau membuat mobil, soalnya ini bukan yang pertama kalinya. Sayangnya, nasib mobil-mobil buatan Yamaha tak pernah masuk jalur produksi massal, biasanya hanya jadi model konsep, bahan studi atau bahkan tak jelas nasibnya. Padahal Yamaha bisa dibilang sangat berhasil di sektor lain.

Yamaha YZF R3 2015

Motor-motor Yamaha? Jangan ditanya, hasilnya terbukti bagus kok. Mesin hasil rancangan Yamaha? Jelas hebat dan revolusioner, sudah terbukti di mobil sport Toyota 800 (biasa disebut Yotta-Hachi), dan supercar Lexus LFA yang selain mesinnya kencang, suaranya pun merdu. Alat musik rancangan Yamaha? Pasti berkualitas, bahkan tak sedikit konser kelas dunia mengandalkan alat-alat buatan Yamaha.

lexus-lfa-rancangan-yamaha

Sebagai informasi, sebanyak 3 juta mesin yang berhasil dijual Toyota adalah hasil riset Yamaha, sampai-sampai Ford dan Volvo juga mau bekerja sama dengan merek berlogo garpu tala ini. Namun apa alasannya mobil Yamaha tak pernah masuk jalur produksi sebelumnya? Biarlah Tuhan dan Yamaha sendiri yang tahu alasannya.

Kalau menurut anda, apakah mobil Yamaha kali ini akan jadi diproduksi massal? Sampaikan perkiraan anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • tim

    Yg ada nnti dimakan sendiri pasarnya sama toyota kalo yamaha berani bikin mobil..

  • otonggeulis

    ” Biarlah Tuhan dan Yamaha sendiri yang tahu alasannya” <– yg beginian sebab gw demen u punya web, asli gokil yg nulis otaknya belum permanen hahahaha