Yamaha YZF-R7 2021, Punten Ninja 650…

Yamaha YZF-R7 2021, Punten Ninja 650…
0  komentar

AutonetMagz.com – Yamaha sempat mengumumkan bahwa mereka akan menyudahi kiprah motor sport fairing 600 cc Yamaha YZF-R6. Untuk sedikit obat kangen, Yamaha kini resmi memperkenalkan Yamaha YZF-R7. Betul, bisa ditebak kalau angka 7 pada R7 berarti motor ini memakai mesin 700 cc. Motor ini sejatinya bukan lahir sebagai pengganti Yamaha R6, namun sebagai versi fairing dari Yamaha MT-07, karena masih banyak yang suka motor sport fairing.

Untuk memberi perbandingan bagaimana motor Yamaha R7 ini, kita bisa patok berdasarkan motor lain. Kalau berdasarkan kelas sesama motor fairing Yamaha, R7 ini duduk di tengah-tengah antara Yamaha R25 dan Yamaha R1. Kalau dibandingkan dengan motor merek lain, Yamaha R7 ini lebih dekat ke Kawasaki Ninja 650 ketimbang ke Kawasaki ZX6R. Hal tersebut tak lain tak bukan karena mesin yang dibawa oleh motor ini.

Mesin 700 cc 2 Silinder

Mesin yang digendong oleh Yamaha YZF-R7 adalah mesin inline twin 689 cc dengan pendingin cairan alias liquid-cooled. Ini merupakan mesin yang identik dengan Yamaha MT-07, namun Yamaha masih malu-malu mengungkap tenaga, torsi dan performanya di atas aspal. Hal yang diketahui adalah mesin ini menggunakan forged aluminium piston dan silinder yang sudah dapat direct plating untuk mengurangi bobot dan meningkatkan kekuatan mesin.

Yamaha YZF-R7 menggunakan crank 270 derajat untuk menghasilkan suara dan rasa berkendara yang khas, sementara transmisinya memakai manual 6 percepatan dengan kopling basah multi-plate. Untuk menjinakkan motor ini, Yamaha memasang rem Brembo 4 piston dengan diameter cakram 298 mm. Suspensi depan dari KYB berjenis inverted dengan ukuran 41 mm, sementara belakang dipasangi monocross single shock yang bisa diatur preload dan rebound-nya.

Dibangun Baru Total

Yamaha mengklaim meski mesinnya identik dengan Yamaha MT-07, motor ini memakai sasis baru yang ringan dan rangka besi baru. Motor sport fairing ini memiliki tampang agresif dengan lampu LED di sekujur bodi. Spidometernya sudah full LCD dan bisa menampilkan jam, takometer, posisi gigi, tripmeter dan lain-lain. Ada switch di handle bar motor untuk memudahkan penunggang Yamaha R7 mengontrol dan memilih fitur-fitur tertentu.

Yamaha baru akan siap mengirimkan YZF-R7 ini di Amerika pada bulan Juni 2021 mendatang. Pilihan warnanya baru ada 2, yakni Team Yamaha Blue atau Performance Black. Harga motor ini akan ada di kisaran 8.999 dollar AS atau sekitar 128,6 juta Rupiah. Bagaimana penggemar motor fairing, mending ini atau Ninja 650? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: