Wuling Ancam Posisi Tesla Sebagai Mobil Listrik Terlaris!

Wuling Ancam Posisi Tesla Sebagai Mobil Listrik Terlaris!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kami menyebut mobil listrik, maka merk apa yang akan langsung terpikir oleh kalian? Mungkin sebagian besar dari kalian akan memikirkan Tesla, sebagian Nissan atau mungkin Porsche, Volvo, dan merk lainnya. Namun, bagaimana kalau kami meminta kalian membayangkan merk Wuling sebagai merk mobil listrik terlaris di dunia? Tentu masih agak susah diterima. Tetapi, nyatanya penjualan mobil listrik Wuling yaitu Wuling Hongguang Mini EV terus mencatatkan angka yang positif, dan nampak mengancam posisi Tesla sebagai raja mobil listrik di dunia. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Kalah di 2020, Unggul di 2 Bulan Awal 2021

Kalau berkaca pada penjualan mobil listrik di tahun 2020 silam, maka Tesla tetaplah dominan. Tesla model 3 adalah produk paling laris Tesla dengan capaian penjualan di angka 365.240 unit sepanjang tahun 2020. Nah, Wuling Hongguang Mini EV ada di posisi kedua dengan capaian penjualan di angka 119.255 unit sepanjang tahun. Kalau kalian perhatikan, angka yang dihasilkan oleh Tesla Model 3 dan Wuling Hongguang Mini EV terpaut sangat jauh, mencapai 3 kali lipat malahan. Namun, penjualan mobil listrik di tahun 2021 ini nampaknya bisa berbeda. Dalam 2 bulan pertama di tahun 2021 ini, Wuling ternyata mampu mengungguli Tesla dalam hal penjualan. Dalam 2 bulan berturut – turut, Wuling Hongguang Mini EV mampu mengalahkan penjualan dari Tesla Model 3. Sebuah ancaman yang nampaknya harus diperhatikan oleh Musk dan kawan – kawannya.

Wuling Hongguang Mini EV mencatatkan penjualan sebanyak 36.762 unit di bulan Januari 2021 kemarin. Sedangkan Tesla Model 3 hanya mencatatkan penjualan di angka 21.589 unit saja. Di bulan Februari, Wuling Hongguang Mini EV mampu mencatatkan 20.167 unit yang terjual, sedangkan Tesla Model 3 hanya ada di angka 13.688 unit. Kok bisa Wuling Hongguang Mini EV terjual lebih banyak dibandingkan Tesla Model 3? Jelas saja, karena harga keduanya terpaut cukup jauh. Wuling Hongguang Mini EV dipasarkan dengan harga yang bersahabat, mulai dari 28.800 Yuan. Kalau dirupiahkan, harga jual mobil mungil ini dimulai dari 63,7 jutaan Rupiah. Sedangkan Tesla Model 3 termurah dipasarkan di China dengan harga 309.900 Yuan atar setara 686 jutaan Rupiah. Jauh sekali kan.

Beda Harga, Beda Fitur, Beda Spesifikasi

Dengan keunggulan dari sisi harga, Wuling Hongguang Mini EV memang berpeluang untuk mengambil tahta dari Tesla Model 3 sebagai mobil listrik terlaris. Namun, Wuling harus konsisten dalam 10 bulan yang tersisa di tahun 2021 ini. Tesla sendiri memang lebih mahal, namun tentu ada harga maka ada kualitas. Spesifikasi, peforma, dan fitur yang ditawarkan Tesla Model 3 jelas jauh lebih mumpuni dibangingkan Hongguang Mini EV. Namun, ada sebuah fakta unik di tahun 2020 silam. Elon Musk, petinggi dan founder Tesla sempat menyatakan bahwa Tesla Model 3 sudah terlalu mahal saat ini untuk beberapa pasar otomotif. Dan pernyataan ini memunculkan dugaan bahwa Musk sedang menggodok sebuah ide tentang Tesla Model 2 yang secara harga akan lebih bersahabat.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: