Wow, Hampir 95 Persen Komponen BMW i3 dan i8 Bisa Didaur Ulang!

by  in Berita&BMW&International
Wow, Hampir 95 Persen Komponen BMW i3 dan i8 Bisa Didaur Ulang!
0  komentar
Pabrik mobil listrik BMW i3

AutonetMagz.com – Ingat saat kita diminta guru TK atau SD untuk membuat prakarya dari barang bekas? Saat itu sebenarnya kita diajar untuk bisa kreatif memakai barang tak terpakai menjadi barang lain yang punya nilai guna, itu yang disebut dengan recycle atau daur ulang. Pelajaran dasar itu juga yang menjadi salah satu syarat barang ramah lingkungan.

Seiring canggihnya teknologi, barang elektronik pun kini sudah bisa di-recycle, contohnya bisa dilihat di Sony Ericsson Greenheart yang hadir beberapa tahun yang lalu. Lalu, bagaimana dengan mobil? Sebenarnya beberapa merek sudah pernah punya mobil konsep yang konon katanya bisa didaur ulang, contohnya Mercedes-Benz Biome Concept. Tapi ya itu, karena hanya konsep jadi realisasinya jangan terlalu diharapkan.

mercedes-benz-biome

Sementara itu, rival abadinya sudah lebih visioner dengan membuat i3 dan i8 yang diklaim 95 persen komponennya bisa digunakan lagi sebagai bahan daur ulang. Wah, ini sih namanya ramah lingkungan sampai ke tulang-tulangnya. Lagipula, jika mobil-mobil bisa didaur ulang, jumlah kepadatan bangkai dan sampah mobil di junkyard bisa menurun.

Hal itu dimungkinkan karena mereka terbuat dari bahan-bahan baru hasil riset khusus. Kokpitnya misalnya, terbuat dari bahan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) dan sasisnya dibuat dari bahan aluminium. BMW merancang agar bahan-bahan ini bisa digunakan kembali saat dibutuhkan. Demikian juga dengan baterainya, bisa dipakai untuk menjadi sumber energi fasilitas publik, misalnya lampu jalan atau neon box.

BMW i8 platform

Nah, di bawah ini kita bisa simak bagaimana seorang karyawan divisi Recycling and Dismantling Center BMW mempreteli BMW i3 untuk kemudian diambil komponennya, lalu diproses ulang menjadi bahan baru. Dalam hal ini, yang ditunjukkan adalah proses daur ulang CFRP agar bisa dipakai untuk keperluan pabrik. Jadi, mungkin ada yang tertarik untuk mendaur ulang mobilnya?

Read Prev:
Read Next:
  • wowkeren

    Wow, harus bisa dipercontohkan ke mobil lain itu

  • Amar Akira

    Gk tega klo belom dijual,hehehe