Toyota Gratiskan Penggunaan Hak Paten Fuel Cell Vehicle untuk Merek Lain

Toyota Gratiskan Penggunaan Hak Paten Fuel Cell Vehicle untuk Merek Lain
0  komentar
Cover-Toyota-Free-5.680-Patent

AutonetMagz.com – Sepertinya masa depan kendaraan berbahan bakar fuel cell akan datang lebih cepat, karena di Consumer Electronic Show (CES) 2015, Toyota menyatakan akan menggratiskan penggunaan hak paten yang berkaitan dengan teknologi fuel cell yang mereka miliki.

Jumlah paten yang dimiliki Toyota di sektor ini mencapai 5.680 paten, dan kini semuanya gratis jika ada pihak lain yang bermaksud ingin menggunakan atau mengembangkannya.

Dari 5.680 hak paten tersebut, rinciannya mencakup 1.970 paten mengenai fuel cell stack, 290 paten untuk tangki hidrogen tekanan tinggi, 3.350 paten untuk sistem software pengendali fuel cell dan 70 paten dalam hal produksi dan penyediaan hidrogen.

Teknologi-Hidrogen-Toyota-kini-Gratis

Di Toyota, kami percaya bahwa saat kita berbagi gagasan bagus, akan terjadi sebuah hal besar. Fuel Cell Vehicle generasi pertama yang diluncurkan antara 2015 dan 2020 akan menjadi hal yang penting, dan membutuhkan upaya bersama dan kolaborasi yang tak biasa antara pembuat mobil, pemerintah, akademisi dan penyedia energi,” demikian ucap Bob Carter, Senior Vice President of Automotive Operations di Toyota Motor Sales.

Ini adalah pertama kalinya Toyota menggratiskan paten atas teknologinya, mengikuti langkah Volvo yang pernah menggratiskan paten seatbelt 3 titik dan Tesla yang menggratiskan paten teknologi kendaraan listrik buatannya yang canggih.

Teknologi-Hidrogen-Toyota

Penggratisan ini akan sangat berguna untuk membantu pabrikan lain dalam membangun mobil hidrogen yang ramah lingkungan, tak terkecuali untuk kendaraan umum seperti bus kota ataupun keperluan industri seperti forklift, semuanya mungkin akan memakai hidrogen sebagai sumber energi.

Toyota menyatakan, penggunaan paten secara gratis untuk Fuel Cell Vehicle hanya akan dibatasi sampai akhir 2020, sementara paten untuk produksi dan penyediaan hidrogen akan digratiskan selamanya. Indah ya kalau semua bisa bekerja sama untuk membuat masa depan yang lebih baik. Siapa setuju?

Read Prev:
Read Next:
  • Adrian Nugraha

    Setuju Banget…

  • amar

    Keren nih toyota,salut