Sekali Isi Full Tank, Toyota Mirai Bisa Berjalan Hingga 503 Kilometer Tanpa Emisi

Sekali Isi Full Tank, Toyota Mirai Bisa Berjalan Hingga 503 Kilometer Tanpa Emisi
0  komentar
Toyota-Mirai-hydrogen

AutonetMagz.com – Toyota telah mengantongi hasil uji efisiensi dari Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) buatan mereka, yakni Toyota Mirai. Tes yang dilakukan oleh EPA ini akhirnya dipublikasikan ke khalayak umum. Rupanya, jika kita mengisi tangki hidrogen Toyota Mirai hingga penuh dan melakukan perjalanan hingga tangkinya harus diisi lagi, jarak tempuhnya mencapai 502 km. Tak kalah irit bukan dengan city car modern?

Bedanya, meski seirit city car modern, Toyota Mirai tidak menghasilkan gas buang sama sekali, karena hasil pembakaran hidrogen hanya menghasilkan uap air. Ini juga jauh lebih baik daripada klaim Toyota sebelumnya yang memperkirakan jarak tempuh Mirai ‘hanya’ 483 kilometer saja. Lumayan lah.

mesin-toyota-mirai

Performa mesin hidrogen yang menghasilkan listrik untuk menggerakkan motor listriknya juga tidak memalukan. Dengan total 153 hp, akselerasi 0-100 km/jam cukup 9 detik saja, lalu dari 30-60 km/jam cukup 3 detik. Tidak buruk, setidaknya masih punya tenaga yang cukup untuk melaju sesuai dengan batas kecepatan maksimum di jalan tol.

Di Amerika Serikat, Toyota Mirai memang harganya mencapai sekitar 500 jutaan Rupiah jika dikurskan, tapi itu sudah termasuk garansi 8 tahun/160.000 kilometer untuk komponen FCEV tersebut. Komponen-komponen yang di-cover garansi termasuk Fuel Cell Stack, power control unit, tangki hidrogen, baterai dan ECU-nya, kompresor udara, boost converter dan ECU-nya, hybrid control module dan hydrogen fueling ECU.

interior-toyota-mirai

Selain itu, Toyota juga menyediakan servis gratis terjadwal selama 3 tahun atau 56.000 kilometer. Bagus bukan? Tapi kalau di Indonesia sudah jelas kita tak bisa menikmatinya dalam waktu dekat. Kalau kemarin mobil listrik saja diperkarakan karena tak lolos “uji emisi”, kira-kira pak Tarjono Surin (diplesetkan) bakal bilang Toyota Mirai merugikan negara dan tak lolos “uji emisi” juga nggak ya? Atau minimal lulus uji komis… Ah sudahlah. Sampaikan opinimu i kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ChandraW03

    Klo Mirai masuk Indo kira2 kena pajak apa ya?

    • Juko Tholee

      kalo baja judulnya, kayaknya gak bakalan masuk. krn gak lulus uji emisi

  • Rafli Santosa

    Nih mobil kayaknya wajib masuk indo. Tapi klo masuk indo kira2 harganya berapa. Apalgi nih mobil udah g pake uji emisi

    • Jose FR

      Selama bisa diubah peraturan dan korupsi di indonesia di berantas, saya yakin toyota mirai ini akan murah

  • Jose FR

    Hope less kalo di indo pajaknya ga nahan untuk mobil ramah lingkungan ini

  • Juko Tholee

    wah, gak boleh beredar disini tuh mobil min. Gak lulus UJI EMISI!!!

  • ojon

    Untuk memenuhi syarat uji emisi adalah, kendaraan tersebut harus mempunyai gas buang, jd klo gk ada gas buang kendaraan tersebut tidak akan lulus uji emisi karena tidak terpenuhi nya point emisi tersebut.
    Kata temen klo emisi nya 0, ya gk bakalan lulus, klo mendekati 0 emisinya pajak nya semakin tinggi karena akan masuk ke pajak barang mewah. Tp klo emisi tinggi akan di kasih memo tidak layak jalan dengan kondisi tertentu. Jd nanti bs dikondisikan gimana akhirnya. Hahaha

    • Oki Ngew

      Lah kok… behhh emang disini payah banget kebijakannya

  • LA_RR

    Harga hidrogen ampe tangki nya full kira2 brp duit ye… hahhahahaha

  • tahubakar

    Itu dasbor apa apaan tuh? Gagal paham gw dama desainnya

    • ap88

      justru gue gagal paham ama body luar nya,interiornya yang keren

    • bimasakti

      itu kisi kisi ac nya lebih gagal paham lagi udah kaya kijang tahun 80 an

  • fh34

    Exteriornya agak aneh menurut saya,tapi kalo interior dan powertrain,WEW!tanpa gas buang lagi,benar2 pure!salut sama toyota

    • ap88

      betul,eksteriornya aneh menurut saya

  • Siswanto

    Sebenernya mobil ini bisa masuk indo, tapi musti ada piranti tambahan yg sangat canggih untuk menghasilkan emisi gas buang’,emisinya bisa diambil dari seluruh penumpangnya, pas di tes, emisinya dibuang pelan2! Dan suara khas emisinya harus tetap terjaga naturalitassnya. Bila aslinya preeeet harus tetap preeeetttttttt. 🙂

    • putra

      Kocak gan hahahahahahaa

    • Hillarius Satrio

      polusi udara woi, gas metana.. hahaha

    • Hillarius Satrio

      polusi udara woi, gas metana.. hahaha

  • petrolhead

    harga hidrogen setara liter bensin brapa ya? lebih murah apa lebih mahal dari bensin?

    • Hillarius Satrio

      hidrogen mahal, karena masih dikit yang bisa prosesin material2 tertentu jadi hidrogen murni

      • Fahrudin

        Masih relatif sangat sedikit Hydrogen plant jika dibandingkan dengan LNG atau LPG. Yang paling populer dan dalam skala besar, Hydrogen dihasilkan dari methane atau gas alam. Setelah melalui beberapa step yang lumayan panjang, dihasilkan gas hydrogen dengan kemurnian yang sangat tinggi; 99.9%mol.
        Dengan teknologi pengisian yang lebih cepat (Tekanan 700barg) dari pengisian yang masih poluler sekarang (350 barg), sepertinya fuel cell lebih berpeluang lebih besar dari pada mobil listrik yang pengisiannya memakan waktu lebih lama.
        Alternatif selain Mirai adalah Hyundai Tuscon Fuel Cell atau Honda FCX Clarity. Yah, percaya atau tidak Hyundai menerapkan teknologi In House mereka di Tucson. Hanya saja Tuscon Fuel Cell tidak dijual, alias sistem sewa. Dan Honda FCX Clarity model yang sekarang sudah discontinued dan menunggu pengembangan generasi ke dua.

  • C 200

    Toyota mirai ocha