Wih, Ini Bocoran Tipe dan Fitur All New Toyota Fortuner Indonesia!

Wih, Ini Bocoran Tipe dan Fitur All New Toyota Fortuner Indonesia!
0  komentar
teaser toyota fortuner indonesia

AutonetMagz.com – Belum pergantian tahun, artinya masih banyak waktu bagi kita untuk harap-harap cemas soal SUV baru yang ditunggu-tunggu di sini, namanya Toyota Fortuner. Dengan prediksi harga yang berkisar 468,1 juta hingga 624,2 juta Rupiah, ada ekspektasi tentunya dibanding generasi lama yang usianya sudah tua. Apalagi Toyota sendiri sudah mengumbar teaser Fortuner di website resminya.

Di teaser milik Toyota Indonesia, terpampang tulisan SRZ dan VRZ yang mengindikasikan ada tipe baru, tapi bagaimana penataan tipenya nanti? Kebetulan, ada seorang narasumber yang bersedia berbagi info via email mengenai All New Toyota Fortuner, termasuk fitur-fitur apa saja yang nanti bisa dinikmati serta pengaturan varian terendah hingga tertinggi untuk All New Toyota Fortuner nanti.

tabel varian all new toyota fortuner

Menurut tabel yang dikirimkan ini, varian Fortuner akan dibenahi total. Varian 4×2 Diesel TRD Sportivo M/T akan menjadi Fortuner VRZ M/T, lalu tipe 4×2 Diesel G tidak ganti nama dan tetap dengan opsi transmisi manual atau matik. Lanjut lagi, varian 4×2 Bensin TRD Sportivo A/T akan menjadi Fortuner SRZ A/T, sementara varian G Luxury bensin tidak akan punya penerus.

Lanjut lagi ke mesin diesel berikutnya, versi 4×4 Diesel dari All New Fortuner akan hadir dengan nama Fortuner VRZ A/T, dan tipe 4×4 Diesel G A/T pada Fortuner lama bakal tetap dipertahankan pada Fortuner baru nanti. Di All New Fortuner, tidak akan ada varian bermesin bensin yang punya penggerak 4×4.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Headlights

Berlanjut ke fiturnya, soalnya ini yang kita tunggu. Pertama mungkin dari luar dulu, dan untuk eksterior Fortuner diesel Indonesia sudah punya pelek 17 inci, lampu depan projector lens dengan fitur follow me home mulai untuk tipe G, tapi entah sudah LED/HID atau belum. Kunci tipe G diesel belum smart key, jadi masih pakai anak kunci, dan kamera parkir belum ada di tipe G manual, kalau di varian lain, ada kamera parkir.

Di Fortuner SRZ dan VRZ, diprediksi akan hadir lampu depan yang sudah LED untuk low beam dan high beam, juga dilengkapi dengan DRL dan auto leveling, sudah ada follow me home juga. Peleknya membesar jadi 18 inci, dan pintu bagasinya sudah lengkap dengan power back door serta memory function. Khusus Toyota Fortuner Indonesia, ada warna baru bernama Avant Garde Bronze Metallic.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Rear-Quarter

Untuk semua tipe, yang pasti menempel di eksteriornya adalah antena shark fin dan lampu belakang LED. Berlanjut ke interior Fortuner diesel, sumber yang mengabari kami menjanjikan adanya bahan soft touch di semua varian Fortuner, mulai dari yang mahal sampai yang paling mahal. Ini bakal asyik, soalnya kemarin di Kijang Innova baru masih ada bahan plastik yang tergolong biasa, bahkan di tipe termahal.

Tapi pasti ada perbedaan material jok. Untuk tipe G 4×2, G 4×4 dan SRZ, joknya cukup berbahan fabric saja. Jok kulit yang sudah bermekanisme elektrik di jok pengemudi hanya spesial untuk VRZ 4×2 dan VRZ 4×4. Untuk semua tipe All New Fortuner, sudah ada paddle shift, driving modeselector (Normal, Eco atau Power) serta panel instrumen dan MID yang mirip dengan Toyota Kijang Innova baru.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Dashboard

Toyota juga diperkirakan akan membedakan head unit. Bukan dari tipenya, tapi dari jumlahnya, karena khusus tipe SRZ dan VRZ bakal disuguhi rear seat entertainment buat memanjakan penumpang belakang. Sementara untuk semua varian, head unit-nya sama, yakni dengan layar sentuh 8 inci yang sudah lengkap dengan Bluetooth, Toyota Move, Internet, Voice Command, Miracast, HDMI dan air gesture. Oh ya, navigasi hanya ada untuk tipe SRZ dan VRZ.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Interior

Masih untuk Fortuner SRZ dan VRZ, ambient lighting di atap seperti milik Kijang Innova baru akan hadir khusus untuk 2 varian itu. Tipe SRZ dan VRZ juga berhak atas tombol start-stop engine serta power window dengan auto up dan auto down di keempat jendela. Ingat lagi, fitur tadi khusus SRZ dan VRZ, varian lain belum tentu ada.

Fitur keselamatannya? Sebagai standar, Fortuner punya 3 airbag, namun untuk tipe VRZ 4×4 ditambah jadi 7 airbag. Fitur keselamatan lainnya yang eksklusif untuk varian VRZ saja adalah hill assist control, emergency brake signal dan trail swasy control (kami baru dengar yang ini). Stability control? Entahlah, tapi kalau Innova Q saja ada, harusnya Fortuner sih ada.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Safety

Sementara itu, di semua varian Fortuner tadi sudah disebutkan, minimal ada 3 airbag. Lalu standar lainnya sudah pasti ABS, EBD dan jok ISOFIX. Versi 4×4 sudah punya Rear Diferential Lock Switch serta switch untuk mengubah mode 4×2 jadi mode 4×4. Urusan mesin diesel, dieselnya pasti sama dengan Innova, dan mesin bensinnya masih pakai 2.700 cc yang lama.

Itu tadi sekelumit mengenai bocoran tipe dan fitur dari Toyota Fortuner terbaru yang akan masuk ke Indonesia untuk menghajar Ford Everest yang sudah masuk duluan. Kita simak saja, apakah nanti saat diluncurkan Fortuner memang mengusung semua fitur tadi dan menyandang harga 468,1 juta hingga 624,2 juta Rupiah. Bagaimana menurutmu kisi-kisi spek Fortuner baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • dik

    Berarti bener sesuai bocorannya sama seperti komentar saya sebelumnya di artikel ‘mesin all new pajero sport 2016 masih sama, kecuali dakar’

  • ///AMG

    cuma kepo di bagian TRD-nya doang, gimana yaa bentuknya?

    • Armann

      Tipe trd yg skrg mksdnya hanya untuk menggantikan posisi trd yg lama, belum tentu ada bodykitnya kalo dilihat dr website toyota yg baru

    • Arkansas

      ente kalo masuk berita pajero sport pasti komennya yg negatif…kalo masuk berita fortuner malah kyk orang penasarann…haduh haduh..dasar fortuner user

      • daissy

        Ente ngapain ribet ngomentarin komentar orang. Komentarin tuh mobilnya. Wkwk ga ada kerjaan emang.
        Well, toyota bnyk berbenah ya, tapi tetep aja ada duit segitu mending gw beli tanah.

        • Arkansas

          bisanya ganti nama doang loe, padahal loe si ///AMG juga kan…LOL dua nama satu user….LOL LOL LOL

  • Rafli Santosa

    dilihat 2 keren juga tapi nggak seMacho Ford Everest. Mending pilih mana Ford Everest atau Toyota Fortuner ini?

    • Levi

      Dari pricenya sih Fortie VRZ kemungkinan 520jt’an, Fort Everest 600jt

      Tinggal lihat kebutuhan agan aja, mau pilih mobil yg asik gak ngebosenin fitur”nya dan berasa eksklusif, atau yg irit dan perawatannya gampang ..

      Ingat, mobil terbaik adalah yg sesuai kbutuhan penggunanya ?

    • aaaaaaaaaaaaaabi

      ane pajero sport kalo gk everest aja dah

    • Nathan

      Fortuner juga keren kok

  • Frans Frans

    Jadi Type VRZ 4×2 Diesel ga ada pilihan transmisi maticnya? Sungguh terlalu

    • penting?

      Bagus deh, pake suv itu mantapnya manual, mau matic jalan di perkotaan pake citycar aja biar gak ngabisin tempat.

    • Bejo Wakwaw

      Simpang siur gan… Ada yg bilang matic doang, ada manual doang, atau bahkan dua-duanya

    • dik

      Vrz 4×2 ada matic dan manual

    • farid

      kan transmisi baru yg ada di fortuner terbaru pake transmisi sport sequential shiftmatic 6 speed yg punya mode manual,jadi bisa pake mode matic dan manual

    • reyhan apriathama

      VRZ 4×2 diesel cuman ada matic doang manual hanya tipe G

  • Levi

    ” Untuk tipe G 4×2, G 4×4 dan SRZ, joknya cukup berbahan fabric saja ”

    Ralat gan, tipe VRZ dan SRZ semua sudah pakai jok kulit ..

    Utk tipe G pakai velg warna yg sama kyk skrg, cm beda desain

    Tipe SRZ dan VRZ pakai warna two-tone

    Info harganya sptnya nggak tembus 600jt, kisarannya 470-520

    Sumber : Teman gw sales Toyota

    • Descent

      ga mungkin cuma sampe 520 jta lah,pasti tembus 600 jtan/580 jtan…orang fortuner 2.5 G 4×4 yg sekarang aja 480 jutaan…yg baru pake mesin baru,fitur baru,penggerak 4 roda (yg pajaknya mahal)…gila temen ente…ngasih info gk bener bgt…

    • Virgin

      harusnya begini : “Sumber : Saya Sendiri, karena saya-lah sales toyota-nya”…wkwkwk

    • dik

      Saya dpt bocoran di salah satu web toyota, utk jok kulit cuman di type vrz doang, srz masih fabric

  • Frans Frans

    Berarti type diesel VRZ 4×2 ga ada pilihan transmisi maticnya?

    • Levi

      Ada kok gan, All type VRZ dan SRZ ada pilihan Shifmatic 6-Speed w/ Paddleshift

      • Frans Frans

        Harga termahal 520 jt berarti untuk type VRZ Diesel A/T dong yah?
        Kalo 4×4 VRZ pasti tembus 600+.. betul ga

        • Levi

          520 kayaknya yg VRZ 4×4 (trim tertinggi)

          Tp sekali lagi ini msh perkiraan ya gan ..

          Klau tembus 600jt overpriced lah ?

          • Frans Frans

            Kayaknya ga mgkn gan, bukannya 4×4 model skrg aja udah mau 500.
            Diesel TRD A/T model skrg aja di pricelist 466 jt, model baru estimasi kenaikan 50 jt

          • Levi

            Eits iyaya, sorry” my bad ..

            Kalau OTR sini G 4×4 diesel 498+50 brrti sekitar 548jt yg G 4×4 …

            Kalau versi VRZnya mungkin nambah lg 30jt’an, jd 570jt’an ..

            Berharap bgt lah jgn smp 600jt, bakalan overpriced ?

          • Satwika

            overpriced buat fortuner…. bisa2 nanti lebih mahal dari BMW X1

  • sapto

    Descent assist control gak ada ya, hmm…

  • Abraham Manulang

    jelek banget depannya

  • panameraboy

    kok aneh ya, kalo mau VRZ matik mesti yang 4×4 hmm

    • Frans Frans

      Semoga infonya ga bener. Masa konsumen kl mau matic dihadepin pilihan type G(terendah), atau lompat ke VZR 4×4(teratas). Kl smp bener toyota terlalu percaya diri untuk maksa konsumen yg punya “dana lebih” untuk ambil type termahal n ga kasi pilihan di VRZ 4×2

      • panameraboy

        kayak chevy trailblazer gan, mau matik mesti tipe termahal, 2.8 LTZ 4×4 hahaha

        • Frans Frans

          Udah dikonfirmasi gan td sore sm sales toyota, fix type VRZ ada diesel n manual cm harga yg blm fix, untuk range harga sementara katanya di 450-520

    • Bejo Wakwaw

      Ada yg bilang matic doanfg, ada yg bilang manual doang, ada jg yg bilang dua-duanya. Kita liat aja pas launchingnya

  • :D

    Overall suka, tapi suka sebel liat dijalanan macet seliweran fortie yang cuma berpenumpang satu alias driver doang. Makan tempat bgt ni mobil hahaha. No offense

    • Oki Ngew

      Yupa, temen gw naik fortuner tiap hari sendirian sebagai kendaraan operasionalnya. Tapi mau gimana lagi, mobil yg gak dipake cuma itu soalnya

  • tioz

    600an cukup mahal utk sebuah fortuner doank..hrsnya mshbdi range 500 -550…walaupun itu tipe luxurt entah apalah…fitur2 yg disajikan jg uda fitur umum sih..

  • Aldy Zakaria

    Banyak typo bang hill coba diperbaiki lagi..trailer sway control bang yg bner..fungsinya untuk menstabilkan gandengan/trailer yang ditarik biar ga goyang berlebihan

    • farid

      memang fitur itu ke pake amat ya di indonesia terutama bagi pengguna pribadi ?,kayanya trailer sway control sangat cocok bagi pengguna perusahaan jika dijadiin kendaraan operasional buat narik gandengan seperti genset

  • Oki Ngew

    Moga aja ada vrz a/t dengan harga 510 juta an. Kalo sampe lebih, overprice gila. Kemana2 mending ngambil everest, tipe dibawah titanium masih ada yang 550 jutaan.

  • swastika

    Aduh depannya aneh…kyk taring robin

  • Alternatif

    berarti fitur di varian fortuner yg setara dengan All new pajero sport dakar 4×2, yaitu VRZ 4×2, masih kalah dong ama dakar…orang dakar 4×2 udh ada VSC,TCS ,EBS,sama HSA lagi…dan malah ada FCM katanya di varian tsb…

  • farid

    walau pake mesin bensin 2700cc jenis lama apakah kemungkinan besar bakal di update pake teknologi dual vvti untuk spek indonesia?,semoga aja beneran

    • Djayo Anggoro

      Diupdate kok, proyek IMV yang mesin bensin semua kebagian update Dual VVT-i

  • reyhan apriathama

    Estimasi harga 450-535 jt keknya paling win solutions dibanding pasport sama everest dan mesin 2gd buat dimodif cukup mudah soalnya udh ada yg ngerasain di forum sebelah, pikir2 yang VRZ 4×4

  • Ugyz

    bentar lagi baby all new fortuner alias all new rush bakal keluar nech… budget gue cekak wakakakak

  • Rafi M. P.

    Ane bingung lihat varian Fortuner baru, yg mana tipe paling murah dan mana paling mahal? Ada yg bisa ngurutin tipenya?

    • Bejo Wakwaw

      G 4×2 mt, G 4×2 at, SRZ 4×2 at, VRZ 4×2 at, G 4×4 at, VRZ 4×4 at. VRZ sama SRZ 4×2 sama fiturnya, cuma beda mesin sama jok kulit klo SRZ blom… Makanya gw taro sebelum VRZ 4×2

  • Dd

    All New Everest Titanium!

  • Harga Jual Kembali

    Jadi yang mau beli fortuner, saran ane, belilah jika benar benar suka, dan BUKAN karena harapan nilai jual kembalinya paling bagus nanti. Salah. Justru karena populasi fortuner terlalu banyak, yang jual juga sangat banyak, akibatnya nilai jual kembalinya justru di bawah SUV merek lain. Jangan cuman lihat dari segi permintaan, tapi juga jika PASOKAN terlalu banyak, ya hukum ekonomi bekerja.

    • Djayo Anggoro

      Coba dijualnya jangan di perkotaan, coba jualnya di daerah pelosok2, masih banyak yang pengen tuh mobil walaupun second hand, innova aja disana masih dihargain tinggi 😀

  • Rockmeo

    Minimal walaupun harganya tembus 500-600jtan stdknya tipe terbawah ny masi mengakomodir kelengkapam innova tipe v

  • Peter #HOKI

    fortuner udah seharga 468 juta aja masa belum smart key dan belum ada sensor parkir nya. Kalah sama pesaing2 nya.
    Kalo mau mesin kuat dan macho sih pilih EVEREST yah, tapi kalo milih harga jual kembali tetap brand toyota lebih kuat.

    • njk888 nik

      Lagi, sudah out of date pikirannya. Masih pegang pikiran jaman 1990s. Harga jual toyota jaman sekarang udah banyak yang kalah ama merek lain lagi. Contoh, fortuner vnt 2012 udah banyak yang jual di bawah 300 juta. Banding ama misalnya Hyundai Santa Fe diesel 2012 aja masih sekitar 385 juta. Jauh banget. CX-5 2012 juga masih di atas 300 juta.

      • njk888 nik

        Kok ane cantumkan bukti nyata dari contoh berapa iklan beneran pedagang showroom mobkas yang sudah di verifikasi malah di hapus moderator ??? Kan diskusi dengan bukti lebih bermutu dong, dari pada asal ngomong tanpa bukti ? Kenapa moderator ?

      • desdi

        Serius bro Santa Fe msh segitu? dulu hampir ambil mobil itu tapi gak jadi akhir nya ambil new xtrail. Kuat bener tuh harga santa fe nya.

  • njk888 nik

    Kadang merek lain ” kasihan “. Cuman karena masuk pasarnya telat banding toyota, dari lahir udah di cap ” harga jual kembalinya ” pasti kalah ama toyota. Namun jika rajin pelajari para iklan pedagang mobkas, ternyata banyak lagi mobil non-toyota yang jaman sekarang sudah sangat bagus harga jual kembalinya. Cuman banyak orang nggak cek dan re-cek, main percaya aja ama gosip orang. Tugas autonetmagz saya rasa nggak cuman berikan review mobil yang bagus dan fair, tapi juga wajib edukasi rakyat cara yang benar gimana untuk verifikasi harga jual kembali, karena tau sendiri, di Indonesia, orang nggak akan beli mobil sebagus apa pun, jika sudah percaya gosip yang salah. Misalnya harga jual kembali yang hancur. Padahal sama sekali tidak.

  • njk888 nik

    Kita harus fair dong. Dulu merek lain di hajar terus dengan stigma ” Harga jual hancur “, tidak layak di beli, meski sering tanpa bukti pula. Cuman ” kata orang ” aja. Nah saat ini jika sudah ada bukti bahwa merek lain non-toyota malah banyak yang nilai jual kembalinya udah bagus, wajar dong nama mereka sudah saatnya di ” rehabilitasi “. Jadi mohon moderator, saat ada bukti bahwa nilai jual kembali toyota sudah nggak selalu no.1 lagi, jangan di hapus. Selama ini ane lihat review autonetmagz cukup bagus dan adil. Semoga saat diskusi harga jual kembali, faktor utama untuk orang Indonesia saat beli mobil, mohon semua di buka, asal sumber datanya kredibel, bukan rekayasa. Setuju ??? Seperti saat MKD sidang Sudirman Said, di buka dong !

  • njk888 nik

    BTW mau ucapkan ” BAGUS ” kepada crew autonetmagz karena review mereka misalnya di youtube jauh jauh lebih bagus banding autobild, yang selalu nadanya negative kepada merek non-toyota, terutama non-jepang. Dari saat crew autonetmagz review Kia Carens baru dan Sorento / Ford Ecosport dll. di youtube, sudah langsung ketahuan, selain matanya sangat tajam crew ini, juga sangat fair. autobild mana berani bahas / ngaku hal hal di mobil lain yang lebih unggul dari mobil jepang, terutama toyota ?

    Mau review mobil yang akurat ? Ke autonetmagz aja ! Gratis pula ! Lupakan autobild Indonesia, ABI itu mah biro iklan tidak resmi toyota, karena dikit dikit pasti tulis ” image toyota, nama besar toyota, citra toyota “. Iya udah tau. Nggak usah di ulangin tiap edisi gitu ya ??? Autobild Jerman aja kagak muji mobil Eropa sampai gitu kok tiap edisi. Kelihatan autobild Indonesia bias banget.

    • desdi

      setuju juga. Sejak gua tahu ada web autonetmagz ini emang beda ama ABI, ABI memang terkesan bisa titipan berita nya. Moga2 aja Autonetmagz tetap murni gitu terus.

  • Farrel

    Wow Fortuner makin banyak fitur-fiturnya.

  • Nathan

    Fortuner cakep juga ya