Wih, Ini Bocoran Tipe dan Fitur All New Toyota Fortuner Indonesia!

Wih, Ini Bocoran Tipe dan Fitur All New Toyota Fortuner Indonesia!
0  komentar
teaser toyota fortuner indonesia

AutonetMagz.com – Belum pergantian tahun, artinya masih banyak waktu bagi kita untuk harap-harap cemas soal SUV baru yang ditunggu-tunggu di sini, namanya Toyota Fortuner. Dengan prediksi harga yang berkisar 468,1 juta hingga 624,2 juta Rupiah, ada ekspektasi tentunya dibanding generasi lama yang usianya sudah tua. Apalagi Toyota sendiri sudah mengumbar teaser Fortuner di website resminya.

Di teaser milik Toyota Indonesia, terpampang tulisan SRZ dan VRZ yang mengindikasikan ada tipe baru, tapi bagaimana penataan tipenya nanti? Kebetulan, ada seorang narasumber yang bersedia berbagi info via email mengenai All New Toyota Fortuner, termasuk fitur-fitur apa saja yang nanti bisa dinikmati serta pengaturan varian terendah hingga tertinggi untuk All New Toyota Fortuner nanti.

tabel varian all new toyota fortuner

Menurut tabel yang dikirimkan ini, varian Fortuner akan dibenahi total. Varian 4×2 Diesel TRD Sportivo M/T akan menjadi Fortuner VRZ M/T, lalu tipe 4×2 Diesel G tidak ganti nama dan tetap dengan opsi transmisi manual atau matik. Lanjut lagi, varian 4×2 Bensin TRD Sportivo A/T akan menjadi Fortuner SRZ A/T, sementara varian G Luxury bensin tidak akan punya penerus.

Lanjut lagi ke mesin diesel berikutnya, versi 4×4 Diesel dari All New Fortuner akan hadir dengan nama Fortuner VRZ A/T, dan tipe 4×4 Diesel G A/T pada Fortuner lama bakal tetap dipertahankan pada Fortuner baru nanti. Di All New Fortuner, tidak akan ada varian bermesin bensin yang punya penggerak 4×4.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Headlights

Berlanjut ke fiturnya, soalnya ini yang kita tunggu. Pertama mungkin dari luar dulu, dan untuk eksterior Fortuner diesel Indonesia sudah punya pelek 17 inci, lampu depan projector lens dengan fitur follow me home mulai untuk tipe G, tapi entah sudah LED/HID atau belum. Kunci tipe G diesel belum smart key, jadi masih pakai anak kunci, dan kamera parkir belum ada di tipe G manual, kalau di varian lain, ada kamera parkir.

Di Fortuner SRZ dan VRZ, diprediksi akan hadir lampu depan yang sudah LED untuk low beam dan high beam, juga dilengkapi dengan DRL dan auto leveling, sudah ada follow me home juga. Peleknya membesar jadi 18 inci, dan pintu bagasinya sudah lengkap dengan power back door serta memory function. Khusus Toyota Fortuner Indonesia, ada warna baru bernama Avant Garde Bronze Metallic.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Rear-Quarter

Untuk semua tipe, yang pasti menempel di eksteriornya adalah antena shark fin dan lampu belakang LED. Berlanjut ke interior Fortuner diesel, sumber yang mengabari kami menjanjikan adanya bahan soft touch di semua varian Fortuner, mulai dari yang mahal sampai yang paling mahal. Ini bakal asyik, soalnya kemarin di Kijang Innova baru masih ada bahan plastik yang tergolong biasa, bahkan di tipe termahal.

Tapi pasti ada perbedaan material jok. Untuk tipe G 4×2, G 4×4 dan SRZ, joknya cukup berbahan fabric saja. Jok kulit yang sudah bermekanisme elektrik di jok pengemudi hanya spesial untuk VRZ 4×2 dan VRZ 4×4. Untuk semua tipe All New Fortuner, sudah ada paddle shift, driving modeselector (Normal, Eco atau Power) serta panel instrumen dan MID yang mirip dengan Toyota Kijang Innova baru.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Dashboard

Toyota juga diperkirakan akan membedakan head unit. Bukan dari tipenya, tapi dari jumlahnya, karena khusus tipe SRZ dan VRZ bakal disuguhi rear seat entertainment buat memanjakan penumpang belakang. Sementara untuk semua varian, head unit-nya sama, yakni dengan layar sentuh 8 inci yang sudah lengkap dengan Bluetooth, Toyota Move, Internet, Voice Command, Miracast, HDMI dan air gesture. Oh ya, navigasi hanya ada untuk tipe SRZ dan VRZ.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Interior

Masih untuk Fortuner SRZ dan VRZ, ambient lighting di atap seperti milik Kijang Innova baru akan hadir khusus untuk 2 varian itu. Tipe SRZ dan VRZ juga berhak atas tombol start-stop engine serta power window dengan auto up dan auto down di keempat jendela. Ingat lagi, fitur tadi khusus SRZ dan VRZ, varian lain belum tentu ada.

Fitur keselamatannya? Sebagai standar, Fortuner punya 3 airbag, namun untuk tipe VRZ 4×4 ditambah jadi 7 airbag. Fitur keselamatan lainnya yang eksklusif untuk varian VRZ saja adalah hill assist control, emergency brake signal dan trail swasy control (kami baru dengar yang ini). Stability control? Entahlah, tapi kalau Innova Q saja ada, harusnya Fortuner sih ada.

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Safety

Sementara itu, di semua varian Fortuner tadi sudah disebutkan, minimal ada 3 airbag. Lalu standar lainnya sudah pasti ABS, EBD dan jok ISOFIX. Versi 4×4 sudah punya Rear Diferential Lock Switch serta switch untuk mengubah mode 4×2 jadi mode 4×4. Urusan mesin diesel, dieselnya pasti sama dengan Innova, dan mesin bensinnya masih pakai 2.700 cc yang lama.

Itu tadi sekelumit mengenai bocoran tipe dan fitur dari Toyota Fortuner terbaru yang akan masuk ke Indonesia untuk menghajar Ford Everest yang sudah masuk duluan. Kita simak saja, apakah nanti saat diluncurkan Fortuner memang mengusung semua fitur tadi dan menyandang harga 468,1 juta hingga 624,2 juta Rupiah. Bagaimana menurutmu kisi-kisi spek Fortuner baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: