Warga Jepang Geger, Mitsubishi Curangi Hasil Tes Konsumsi Bahan Bakar!

by  in Mitsubishi
Warga Jepang Geger, Mitsubishi Curangi Hasil Tes Konsumsi Bahan Bakar!
0  komentar

AutonetMagz – Mitsubishi meminta maaf kepada publik Jepang karena telah mencurangi hasil tes konsumsi bahan bakar mobil mereka di Jepang. Tercatat ada dua kasus, pertama adalah data konsumsi bahan bakar sebagai laporan untuk pemerintah, dan kedua adalah data yang diberikan kepada konsumen.

Tercatat ada 4 mobil yang menjadi permasalahan dengan jumlah total 625.000 unit, 157.000 unit dijual dengan brand Mitsubishi dengan nama EK Wagon dan EK Space, kemudian 468.000 unit lainnya dijual dibawah naungan logo Nissan dengan nama Nissan Dayz dan Nissan Dayz Roox yang merupakan rebadge dari Mitsubishi.

Kecurangan tersebut dilakukan Mitsubishi dengan cara mengabaikan hasil tes yang ditetapkan oleh Pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang sendiri memiliki parameter untuk menguji hasil tes bahan bakar, namun sayangnya pengetesan tersebut diberikan langsung kepada pabrikan, sehingga Mitsubishi bisa mengambil celah dalam pengujian tes bahan bakar.

2014 Mitsubishi eK Space wallpaper

Baca Juga:Β Mitsubishi eK Space, Si Kecil Yang Lega

Lucunya, kecurangan ini justru terbongkar setelah Nissan menguji ulang Nissan Dayz dan Dayz Roox yang dikeluhkan konsumen karena konsumsi bahan bakarnya tidak seperti yang dijanjikan. Data yang disajikan oleh Mitsubishi, mobil tersebut bisa mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 29.2 km/liter, tetapi data yang diperoleh Nissan belum dipublikasikan hingga saat ini.

Dengan terkuaknya kasus ini, nilai saham Mitsubishi langsung anjlok sebesar 20% dari 733 Yen pada penutupan hari Rabu kemarin ke 583 Yen. Tidak sampai disitu, menurut analisa JPMorgan, mereka memperkirakan Mitsubishi harus membayar sebesar 50 Miliar Yen atau setara 450 Juta US Dollar untuk ganti rugi ke konsumen, denda ke pemrintah dan kompensasi untuk Nissan.

Mitsubishi eK Space dashboard 2014

Mitsubishi juga langsung melakukan press conference untuk meminta maaf terhadap kasus ini, bahkan Tetsuo Aikawa selaku president dari Mitsubishi Motors bersama jajaran eksekutif lainnya membungkukan badan ke hadapan para awak jurnalis sebagai wujud permintaan maaf kepada konsumen dan negara.

Akibat terkuaknya kasus ini, Kementrian Transporatasi Jepang langsung mengambil tindakan untuk melarang penjualan empat mobil tersebut, dan Mitsubishi diminta untuk melaporkan data lengkap pengujian bahan bakar selambat-lambatnya tanggal 27 April 2016 besok.

Hingga saat ini masih belum diketahui apakah hasil tes konsumsi bahan bakar yang dicurangi tersebut hanya berdampak kepada empat model tersebut atau mobil Mitsubishi lainnya, karena laporan ini baru diketahui oleh Nissan yang sama-sama menjual mobil yang memiliki model yang sama. Semoga saja tidak terjadi di mobil Mitsubishi lainnya, termasuk Indonesia.

Read Prev:
Read Next:
  • Shark Owner

    Mitsubishi itu Born to Run bukan buat irit2an πŸ˜›

    • masboy

      kalo gitu nggak usah ngaku irit dong!!

    • 4D56 Owner

      mantabbbbb

    • Pampas Cat Owner

      asikk ada pengguna galant muncul πŸ™‚

    • loki

      tapi ini Kei Car pak…

      • Shark Owner

        Nah itu Mitsu bikin mobil kecil tetep aja jadinya kenceng, Miras itu 3 silinder tapi di video Youtube banyak yg bawa ampe 170+

        • gaps

          Mirage emg lemot kalo di putaran bawah atau kickdown. Tp kalo udah lewat 40 km/jam digas terus,naikin kecepatan tuh gampang bgt..
          Cuma,ya itu..karna bodinya ringan bgt untuk bodi yg lumayan jd agak ngeri kalo bawa diatas 140..melayang..

  • Nakazato Kira

    Lah, pertama VW kena Dieselgate, kalau Mitsubishi bagusan dibilang apa yah? Efficientgate?

    • alamaby

      Fcgate.

    • Mawar

      mandragate

  • Chang Wi Siang

    Jadi inget kasus nissan march yang di bilang irit banget sampai di tulis berapa KM/L di spanduk dan itu hasil test majalah sebelah,,,krn bukti real nya boros,,,di gugat ama pengguna nissan march,,,dan di berikan ganti rugi/penggantian unit,,,kasus beberapa tahun lalu,,,

    • Evan Nsas

      aama xgear juga ane mantan pake xgear udah 2 tahn tiba2 kronologi kejadian bbm. jadi langsung dijual.

    • AutonetMagz

      yang ini bukan?

    • netrall

      Lu tau kgk yg gugat siapa? Presdir pt astr# tbk. Wkwkw mngknya mati2an gugatnya. Udh dikasih mbil barupun gk mau .blackcamp.

      • EL

        Kata siapa gan? ane googling kok ga ada yang ngebahas itu? Link dong…

        • HaHaHa

          Lu macam gak tau aja cara black campaign nya toyota, bukan rahasia umum lagi toyota doyan black campaign

        • netrall

          Memang g ad yg bahas wong duokmbar kebakar aja g ad yg bhas.atau midnya gen brp gtu ngaco juga g tersuar2. Maaf sya g mau melebarkan biodatanya yg jls sya jelajah smua medsos dr sodari(……) dia seorang j#nd4. dn disitu trtera beberapa record pekerjaanya. Slamat menjelajah internet. Dn sya juga tdk mngajak anda membenci produk (…..) hehe krn sya pengguna beberapa merk shingga buat apa membela slh stu merk cmn g suka sja klau mnjatuhkan merk krn tk mampu bersaing.

  • Gae46

    Aduh Mirage gua 25.4km/liter itu di manipulasi ga ya ?

    • hydrolancer

      itu itung manual full ke full atau murni mid?
      klo mid mah suka lebay beda dari aslinya πŸ˜€
      contoh ertiga di mid bisa 1:16 padahal aslinya cuma 1:11-1:12

      • Gae46

        Sy reset dulu, terus jalan dari Bandung ke Pamanukan total 132 Km….

        • hydrolancer

          bukan gitu om caranya πŸ˜€
          -awal isi full dulu itu bensin di pom
          -reset mid biar trip nya jadi 0
          -pake jalan aja yg jauh klo mau gampang itung nya pakai sampe 100km++ di trip meter
          -isi lagi bensin di pom klo udah liat itu ke full makan berapa liter
          -itu jarak yg dipake tinggal bagi sama berapa liter bensin full setelah pakai πŸ˜€
          misal pas di isi lagi cuma 10 liter jarak tadi yg tercapaii di trip 100km/10 liter dapet deh 1:10 πŸ˜€
          semoga membantu πŸ˜€

          • Evan Nsas

            i know too.

      • pescarolo

        So far sh, MID mobil2 Toyota dan Honda yang udh saya cobain akurat. Saya ud tes dan compare antara manual full-to-full dengan MID, dan hasilnya cuma beda 0,1-0,2 km/L.

    • Astaga

      mirage gk kena bro

    • mirage emang irit sih, pp jakarta bandung 100 rb doang… wkwkwk

  • ekkyfir

    Adu mitsubishi, udh cukup kecewa publik karena model legend nya discontinue, skrg bikin masalah kaya gini, publik makin kecawa

  • rs

    Kasihan nissan….jadi korban kecurangan mitsubishi atas kasus ini…padahal mitsubishi ek dan dayz ini bagus….mudah mudahan penjualannya gak anjlok kayak nissan Indonesia dimana kasus penipuan konsumsi bbm march dan berimbas ke grand livina dll…plus kasus kebakaran juke….

    • Evan Nsas

      ane juga pernah pake xgear livina

      • rs

        Saya juga pemakai nissan grand livina xv cvt 2014….tapi yang saya khawatirkan penjualannya merosot 50% dari tahun ke tahun karena atpmnya melakukan kesalahan fatal…..meski grand livina tidak bermasalah..

  • Ikutberikomentar

    Pertama, ane beri apresiasi utk direksi dan leader2 Mitsubishi Jepang yang mau mengakui kesalahan mereka dan minta maaf kepada konsumen dan publik. “Budaya malu” ini patut dicontoh.

    Kedua, baik Nissan maupun Mitsubishi “sami mawon, ora ono bedane”. Maling teriak maling, kasus klaim efisiensi bahan bakar city car March yang sempat gempar beberapa tahun lalu juga membuktikan bahwa Nissan pun juga sama curangnya. Masalahnya Mitsubishi adalah perusahaan yang lebih kecil, oleh sebab itu ditekan.

    Terakhir, ane setuju dengan pendapat yang lain. Mesin Mitsubishi memang dibuat untuk menyenangkan driver enthusiast. Lebih baik promosinya mengunggulkan DNA performa mesin daripada menjanjikan mesin yang irit bahan bakar.

    Sekian. Terimakasih

    • Yuhdi Baihaqi

      Tapi yg laris di jepang itu yg irit bossss…mana bisa makan…

    • EfficientDynamics

      mungkin lebih tepat kalo “mitsubishi motors adalah perusahaan yang lebih kecil”…soalnya kalo mitsubishi doang mah itu udh besar banget perusahaannya dan termasuk 1 dari 3 perusahaan konglomerat jepang yang masih ada..dan nissan masih bagian kecil bwt mereka

      (hanya meluruskan)

      • hawthorn

        yap, mitsu motors cuma salah satu dari banyak anak perusahaan mitsubishi group …

  • gaps

    Agak sedikit melenceng,tp gue akuin kalo Mirage sebagai salah satu produk mini Mitsu terbilang irit bgt. CVT,bodi lumayan gede di kelasnya (walau bobot ringan),tp bs lebih irit even dibandingkan Pica manual gue. Jd kalo dibilang mesin Mitsu identik sm performa aja untuk sekarang udah ga sepenuhnya bener. Gue akuin performancenya Mirage oke juga,bonusnya konsumsi BBM irit bgt menurut gue
    Soal mobil ini..bs jd sih sebenernya masuk dalam kategori irit. Cm karna ekspektasinya ga sesuai sm knyataan,jd diperkarain
    Hal ini membuktikan bahwa apapun jenis mobilnya ya harus lewat srangkaian tes dlu baru dijual ke publik. Terbukti dr beberapa kasus yg dialamin beberapa pabrikan mobil yg merecall bahkan kesandung masalah karna ada prosedur yg sengaja (atau ga sengaja) dilewatin entah apa alasannya..

    • Astaga

      lah, orang PS Dakar 4×2 baru aja udh gw tes konsumsi BBM dalem kota (stop & go) dapet 14 km/l dan utk luar kota dapet 18 km/l…iritnya parah kan? masih lebih irit dia daripada Fortie VRZ 4×2 gw yg cuma 13 km/l dalkot dan 16 km/l lukot…

      agak nyesel juga sih udh terlanjur berbulan” lalu udh SPK fortie πŸ™ kirain PS Dakar baru lebih boros dari VRZ..

      • gaps

        Seriusan gan PS seirit itu? Itu yg baru? Gila irit bgt dong itu

        • Astaga

          emang πŸ˜›

      • Moh. Gian

        Gila pasport dakar 4×2 baru 1:14 stop n go gmn caranya bang? Lah ini punya kakak saya uda dibawa ke bandung pas lg lancar aja cman 1:14,1… pengen tau rahasia stop n go sampe bisa kaya jalan lancar di tol

        • Astaga

          stop and go-nya gk parah banget paling cuma 1 km panjangnya…abis itu lancar lagi sih πŸ˜›

          btw lu bawa di kota dalam kecepatan rendah juga bisa dapet 12-14 km/l, kalo lukot lu di tol usahaain pake gigi 8 terus…lalu jangan gas-rem terus-terusan, konstan 100 kph aja nyetirnya..

          mau tau kenapa bisa seirit itu?

          nih gw share info gan πŸ™‚
          asumsi gw sih, inilah beberapa faktor pendukung :

          – MIVEC Diesel, untuk penyemprotan bahan bakar seperlunya sesuai RPM, sehingga menaikan efisiensi

          – Dan tentu 8-Speed Close Ratio-nya, tentunya kalo di tol bakal irit banget karena rasio gigi akhir dan ke-8 nya lumayan pendek

          – Fitur INC pada transmisinya yg dapat memutus aliran oli pada transmisi sehingga kinerja transmisi tidak berat dan berefek pada efisiensi BBM

          – pada 100 kph hanya butuh 1.600 rpm dalam artian sangat rendah (seperti X-Trail) karena di 1.600 rpm torsi sebesar 400 Nm sudah didapat

          *satu tambahan info : Transmisi ANPS sama dengan yang dipakai VW Amarok karena sama” buatan Aisin…

    • C200 new generation

      Mitsubishi g semuanya bertenaga, lah vanyrend gw aja gw setel karbu, klep sama
      Muffler jadinya vantren gw bertenaga, tp tetep irit

      • gaps

        Vantrend Mazda? Ini kan lg ngomongin mesin yg normally..ga pake setelan

        • C200 new generation

          Sorry, salah fokus wkwkwkwk

  • piΓ±ata colleagues

    Warga kecewa bokong pajero baru seperti darah mengalir.

    • Ardhie Yoodha

      Betul bikin sakit mata

  • 4×4

    yang udah terjadi gabisa balik lagi tp yg d apresiasi adalah budaya malu dan maaf yang tinggi, ambil hikmah dan positif

  • Aryo Wicaksono

    semua mohon tenang, yang kena cuma kei car buatan mistubishi doang, kok, mobil biasa nggak kena (atau bisa dibilang nggak terlalu kena karena semua hasil tes konsumsi bahan bakar pasti ada beda bisa sampai empat puluh persen). minimal nggak merusak lingkungan seperti Volkswagen.

  • Always35

    Aduuhh Mitsubishi, ada apa denganmu ?

  • Levi

    Kalo di Jepang mereka kebukti salah lgsg minta maaf, kalo orang sini ? Bisa” nuntut yg nuduh mereka tuh ?

    • gaps

      Wkwkwk iya lagi..

      • Levi

        Wkwkwkw ?

  • C200 new generation

    Makanya setel injeksi sama exhaustnya yg bener

  • nusantara nusantara

    mungkin karena isi ron 98, harusnya ron 88