Mitsubishi Pajero Sport Ganti Nama Jadi Shogun Sport di UK, Mengapa?

Mitsubishi Pajero Sport Ganti Nama Jadi Shogun Sport di UK, Mengapa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah 12 tahun hengkang dari Inggris, akhirnya Mitsubishi Shogun Sport hadir kembali di sana. Eits, tunggu, jangan keburu mentang-mentang ada nama Shogun lalu mengira ada kerja sama dengan Suzuki. Tidak sama sekali, Suzuki tidak ada urusan dengan Pajero Sport. Ini memang sudah kemauan Mitsubishi UK untuk mengganti nama Pajero menjadi Shogun.

Apa alasannya? Jelas bukan karena Mitsubishi naksir Suzuki Shogun, namun lebih karena nama Pajero agak sedikit sensitif kalau dijual ke sana. Lho, kok begitu? Untuk bisa memahaminya, kita ke Spanyol dulu sebentar, di mana Mitsubishi Pajero Sport juga dijual, namun namanya diganti jadi Mitsubishi Montero Sport. Kenapa tidak pakai nama Pajero? Soalnya kalau di bahasa Spanyol Amerika Latin, Pajero (diucapkan “Pahero”) berarti (maaf) tukang masturbasi. Arti yang sungguh nista kan?

Jelas sangat menjijikkan bagi SUV seperti Pajero Sport menyandang makna seperti itu, makanya di Spanyol diberi nama Montero yang artinya “penjelajah gunung”, biar lebih pas dengan sosok mobilnya sendiri. Pasar Inggris pun mau tak mau memaksa Pajero untuk ganti nama, karena masih adanya populasi Amerika Latin dan orang Spanyol di sana, namun alasan ini tidak 100% akurat. Lalu, kenapa pilih nama Shogun? Menurut tim pemasaran Mitsubishi UK, namanya bagus. Iya, itu saja.

Kembali ke Mitsubishi Shogun Sport, meskipun ia sekarang sedang melakukan serangkaian tes dan penyesuaian dari pihak Jepang, setidaknya mobil ini sudah sangat positif untuk hadir di Inggris. Ketangguhan yang sudah teruji dan kapabilitas offroad 4WD juga turut menjadi selling point. Entah berguna atau tidak, Shogun Sport ini tetap dihadirkan dengan konfigurasi 7 penumpang dan dengan DNA off-road dari Triton (L200), akankah Shogun Sport menuai hati lebih daripada L200 Barbarian SVP?

Target mereka di tahun ini sendiri adalah 3.000-4.000 unit, meskipun tidak banyak dibanding saudaranya, Outlander PHEV yang dapat terjual 11.000 unit, mereka tetap optimis mobil dengan mesin diesel 2.400 cc ini akan laku. Apakah ia memberikan fitur selengkap Pajero Sport Ultimate CKD Indonesia? Melihat standar Eropa yang cukup ketat, kami rasa sih seharusnya lebih baik ya… Semoga tidak ada bayi bule yang namanya Shogun Sport ya, repot nanti jadi highlight internasional. Betul tidak?

Read Prev:
Read Next: