Walau Banyak Model CBU, Penjualan Suzuki Masih Didominasi Model CKD!

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Walau Banyak Model CBU, Penjualan Suzuki Masih Didominasi Model CKD!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2021 menjadi tahun yang penting bagi industri otomotif Indonesia karena penjualan secara umum meningkat cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Dengan peningkatan penjualan nasional, maka jelas setiap brand juga mengalami peningkatan yang sama, apalagi untuk brand yang berada dalam 5 atau 10 besar produsen terlaris di indonesia. Nah, Suzuki pun mengalami hal yang sama, namun ada sebuah fakta menarik yang perlu kalian ketahui. Yuk kita bahas.

Carry Pegang Peran Penting

Sesuai judul di atas, kali ini kami akan membahas dominasi produk lokal atau CKD dari Suzuki di Indonesia. FYI, saat ini sebenarnya produk CBU Suzuki cukup mendominasi line up mereka di Indonesia. Sebut saja produk seperti Suzuki Ignis, Suzuki Baleno, dan Suzuki SX4 S-Cross yang didatangkan dari India dan Suzuki Jimny yang didatangkan dari Jepang. Sisanya, produk lokal Suzuki hanya Suzuki Ertiga, Suzuki XL-7 dan Suzuki Carry. Sebenarnya masih ada nama Suzuki APV, namun mobil ini sifatnya spot order saja. Sedangkan Suzuki Karimun Wagon R telah dipensiunkan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS), walaupun belum hilang dari situs resmi mereka.

Kembali ke masalah penjualan, wholesales mobil Suzuki tahun 2021 naik sebesar 38.8% dan retail sales naik sebesar 23,8%. Suzuki Carry Pick Up berkontribusi besar dalam penjualan mobil Suzuki Indonesia sepanjang tahun 2021. Selain kendaraan komersial, tren penjualan yang positif juga diraih oleh Suzuki XL7 dan Suzuki Ertiga. “Kami mengapresiasi para pelanggan setia Suzuki hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional kami. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya Suzuki dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersil yang dimiliki Suzuki Indonesia,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Penjualan Suzuki XL7 & Ertiga Positif

Suzuki XL7 menutup tahun 2021 dengan kontribusi 18% untuk wholesales dan 16% untuk retail sales dalam penjualan nasional Suzuki. Sedangkan Suzuki Ertiga menyumbang 12% terhadap wholesales dan 13% terhadap retail sales Suzuki. “Suzuki sudah lebih dari 50 tahun hadir bersama masyarakat Indonesia. Kepercayaan masyarakat akan produk Suzuki tentu memotivasi kami untuk terus menghadirkan kendaraan produksi dalam negeri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan dengan kualitas berstandar global. Selain fokus pada pengembangan produk, kami juga akan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang Suzuki berikan. Kami berterima kasih kepada pelanggan Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia atas kepercayaan mereka terhadap Suzuki Indonesia,” tutup Donny.

Jadi, Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: