Volvo XC40 Raih Gelar Japan Car Of The Year 2018

by  in Berita&Honda&International
Volvo XC40 Raih Gelar Japan Car Of The Year 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok yang menjadi Japan Car of The Year (COTY) tahun 2017 silam? Jika kalian lupa, maka kami ingatkan bahwa juaranya adalah Volvo XC60. Yap, SUV milik pabrikan asal Swedia tersebut berhasil berhasil mengalahkan BMW 5 Series dan Toyota Camry tahun lalu. Nah, lalu bagaimana dengan tahun ini? Seperti yang kalian baca di judul diatas, pihak Volvo kembali mendapatkan raihan maksimal dalam penilaian di Japan COTY, hanya saja kini bukanlah Volvo XC60 yang naik tahta, melainkan sang adik yaitu Volvo XC40.

Capaian yang berhasil didapatkan oleh Volvo XC40 sendiri menambah panjang catatan positif SUV asal Swedia ini dalam hal penghargaan. Sebelumnya, Volvo XC40 juga sudah menobatkan diri sebagai European COTY 2018 di awal tahun ini. Lalu, siapakah lawan – lawan yang telah disingkirkan oleh Volvo XC40 di perebutan gelar Japan COTY ini? Adalah Toyota Corolla generasi terbaru yang sejatinya membuntuti Volvo XC40 di posisi kedua. Jadi, Volvo XC40 berhasil unggul dengan skor 363 poin, jauh diatas raihan sang kakak yaitu Volvo XC60 yang hanya meraih 294 poin tahun lalu. Sedangkan di posisi kedua bercokol Toyota Corolla terbaru yang mendapatkan raihan 314 poin. Sedangkan di posisi ketiga adalah VW polo terbaru yang membukukan 197 poin, jauh sekali.

Posisi keempat dan kelima diamankan oleh pabrikan asal Jepang, yaitu Toyota dengan Toyota Crown terbaru yang memiliki 170 poin, dan Mitsubishi dengan Mitsubishi Eclipse Cross yang meraih 165 poin. Lho? Kok bukan Mitsubishi Xpander? Ya karena LMPV Mitsubishi itu tak dijual disana. Nah, Japan COTY sendiri melakukan penjurian dengan 60 juri yang tentunya sudah memiliki pengalaman di bidang otomotif. Selain 5 besar poin tertinggi, ada juga beberapa gelar khusus yang diberikan di Japan COTY. Salah satunya adalah Best Innovation Award yang didapatkan oleh Honda Clarity PHEV, dimana gelar ini tahun lalu didapatkan oleh Toyota Prius PHEV. Dan  Emotional Award yang diraih BMW X2 dari Lexus LC (Pemenang Tahun lalu).

Sedangkan award untuk Small Mobility dimenangkan oleh Daihatsu Tocot, plus Special Achievement Award yang tahun lalu didapatkan oleh Toyota Prius kini kembali didapatkan lagi oleh Pihak Toyota, namun bukan karena Prius. Melainkan karena Toyota Gazoo Racing team berhasil memenangkan ajang Le Mans 24-hours dan ajang the World Rally Championships. Yang menarik, Special Achievement Award tak hanya diberikan pada tim Toyota Gazoo Racing team saja, namun juga pada mobil mungil milik Honda, yaitu Honda N-Van. Kemenangan Volvo XC40 di Japan COTY 2018 ini juga menjadi kemenangan pabrikan eropa selama 2 kali berturut-turut dalam 2 tahun terakhir, apalagi merk-nya sama. Sebelumnya, pabrikan Eropa terakhir yang mampu meraih titel ini adalah VW dengan VW Golf di 2013.

Nah, akankah Japan COTY 2019 mendatang berhasil menempatkan produk jepang di posisi pucuk? Kita tunggu saja tahun depan. Bagaimana pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: