New Force Gurkha Xtreme : Alternatif Tampang Ala Jimny Tapi Bongsor?

New Force Gurkha Xtreme : Alternatif Tampang Ala Jimny Tapi Bongsor?
0  komentar

AutonetMagz.com – Adakah diantara kalian yang mengenal nama Force Motor? Jika ada, maka kalian tentunya sudah mengikuti perkembanga otomotif di India setidaknya lebih dari sedekade belakangan ini. Jadi, merk Force Motor merupakan merk asal India, dan baru – baru ini pihak Force Motor memperkenalkan varian terbaru dari SUV mereka, Gurkha. Dan inilah sosok New Force Gurkha Xtreme, dan jika kaluan amat – amati dari gambar yang kami lampirkan, nampak bahwa New Force Gurkha Xtreme memiliki siluet seperti sebuah Suzuki Jimny. Yuk kita bahas.

Kalau dipikir – pikir lagi, mungkin pernyataan kami di atas perlu kami ubah sedikit. Bukan New Force Gurkha Xtreme yang punya siluet ala Suzuki Jimny, namun sebaliknya. Karena, Force Gurkha sendiri sudah diperkenalkan sejak 2008 silam, alias sudah 1 dekade. Lalu, siapakah Force Motor? Jadi, pabrikan ini dulunya bernama Bajaj Tempo Motor yang berdiri sejak 1958, dan di 2005 berganti nama menjadi Force Motor. Walau tak setenar Mahindra, namun nama Force Motor sudah pernah berpartner dengan beberapa pabrikan kawakan seperti BMW, dan Mercedes-Benz. Nah, sekarang mari kita bahas sosok New Force Gurkha Xtreme. Di versi terbarunya ini, New Force Gurkha Xtreme menggunakan mesin baru yang ternyata adalah produk dari Mercedes-Benz.

Mesin ini memiliki kubikasi 2.200cc OM611 yang memiliki tenaga maksimal 140 PS dan toesi 321 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan Mercedes-Benz G32. Namun mesin ini hanya tersedia di varian tertinggi saja, sedangkan varian yang lebih rendah menggunakan mesin 2.600cc bertenaga 85 PS. Secara kelengkapan, karena New Force Gurkha Xtreme berhabitat di jalanan tanah maka jelas kelengkapan offroad menjadi hal yang wajib hukumnya. kelengkapan seperti Low-range transfer case dan front and rear differential locks, serta dual-mass flywheel sudah tersedia di mobil ini. Suspensi dari New Force Gurkha Xtreme juga sudah di-upgrade dengan menggunakan model multi link di keempat kakinya yang membuat front track melebar 40mm.

Untuk approach, ramp break-over dan departure angles sendiri sudah ditingkatkan oleh pihak pabrikan, sehingga kapabilitas offroad-nya meningkat. GC mobil ini mencapai 205 mm, dan kemampuan water wading-nya mencapai 550 mm. New Force Gurkha Xtreme sendiri sudah bisa dipesan saat ini di India dengan uang tanda jadi sebesar 51 ribu Rupee alias setara 10 jutaan Rupiah. Sedangkan harganya sendiri mencapai 263 jutaan Rupiah di sana. Nah, jika kalian berpikir  New Force Gurkha Xtreme memiliki dimensi yang sama seperti Suzuki Jimny, maka kalian salah. Jadi gambar diatas hanyalah tipuan dari sisi angle saja. Karena sejatinya rival dari Mahindra Thar ini memiliki body yang bongsor, mencapai hampir 4 meter. Bandingkan dengan Suzuki jimny yang hanya hampir 3,7 meter.

Jadi, bagaimana menurut kalian mobil ini? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Read Prev:
Read Next: