Volvo S90 Akhirnya Tampil Di Publik, Tantangan Swedia Untuk Jerman

by  in International&Mobil Baru&Volvo
Volvo S90 Akhirnya Tampil Di Publik, Tantangan Swedia Untuk Jerman
0  komentar
volvo-s90-2016-cover

AutonetMagz.com – Bila pembaca sempat melihat artikel bocoran desain S90 yang cukup unik, yup memang unik karena dibocorkan dalam bentuk diecast 1:43. Tidak seperti produsen lain yang lebih senang memamerkannya dalam bentuk gambar. Namun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat sosok Volvo S90 dengan skala 1:1 alias real sebenar-benarnya.

Seperti yang diperkirakan sebelumya, Volvo terbaru ini menggunakan sasis yang disebur Scalable Platform Architecture (SPA), dimana sasis ini juga digunakan pada Volvo XC90. Tidak hanya sasis bahkan penggeraknya pun tidak jauh berbeda dengan luxury SUV asal swedia tersebut. Menariknya Volvo juga menyematkan pilihan berupa T8 Twin Engine plug-in hybrid.

volvo-s90-2016-plugin-hybrid

Versi T8 Twin Engine plug-in hybrid ini akan menghasilkan tenaga hingga 394 hp dengan mengkombinasikan mesin 4-silinder dengan cangkok turbocharger dan supercharger sehingga menghasilkan 318 hp dari mesin 2-liter bensinnya. Ditambah dengan mesin listrik yang menghasilkan 80 hp dan generator starter yang duduk di poros engkolnya bertenaga 46 hp, semua tenaga ini dikombinasikan dengan transmisi automatic 8-speed yang disalurkan ke keempat rodanya.

Selain itu Volvo menawarkan teknologi canggih sistem semi-otonom yang disebut Pilot Assist yang juga dipergunakan di XC90. Sistem ini berfungsi menjaga mobil tetap berada di marka jalan saat di jalan tol dengan kecepatan maksimal 130 km/jam.

volvo-s90-2016-back

Fitur Volvo lainnya selalu identik dengan keamanan, kali ini Volvo menyematkan ‘pendeteksi hewan besar’. Belum diketahui nama resminya namun piranti ini dapat mendeteksi hewan besar yang mungkin berkeliaran di jalan seperti rusa, kuda atau babi hutan. Sistem ini akan memberi peringatan terhadap pengemudi dan bantuan pengereman untuk menghindar dari tabrakan. Walaupun sih piranti ini lebih berfungsi di Kalimantan dibandingkan di Jakarta…

“Ide kami adalah untuk membawa sesuatu yang sama sekali baru untuk segmen konservatif ini dan pada eksterior memberikan visual yang menggambarkan kepemimpinan dan kepercayaan. Di bagian interior kami telah mengembangkan S90 ke level berikutnya, memberikan pengalaman mewah kelas wahid yang menjanjikan kenyamanan dan pengaturan,” Jelas Thomas Ingenlath, Senior Vice President Design di Volvo Car Group.

volvo-s90-2016-dashboard

“Volvo S90 telah mengambil langkah maju yang besar dalam hal berkendara dinamis, performa dan gaya. Kami telah sepenuhnya mendesain ulang pengalaman berkendara Volvo sampai ke titik memberi rasa presisi, fun to drive dan kenyamanan, “kata Dr Peter Mertens, Senior Vice President, Research & Development di Volvo Car Group.

Model teranyar Volvo ini rencananya akan diperkenalkan Januari 2016 pada ajang Detroit Motor Show di Amerika Serikat. Volvo S90 akan segera melawan kompetitornya yang sudah selangkah lebih dulu seperti BMW Seri 5, Mercedes E-Class, dan Jaguar XF. Kini S90 tampil dengan aura eksekutif ala Volvo yang beredar tahun 90-an yang justru terlihat menarik dibandingkan kompetitornya. Bagaimana menurutmu? sepertinya momentum yang baik untuk Volvo come back ke Indonesia.

Read Prev:
Read Next:
  • M.U.Fathurrohman

    kalo masuk taman safari ini mobil gak bakal jalan dong XD

  • Daniel

    Exterior depannya bagus, sampingnya ga gtu bagus, belakangnya jelek. interiornya amburadul

    • W202c280

      Buset, sembarangan banget om

    • Azhar Lazuardi

      waduh standartnya tinggi banget.. sampe ga keliatan dari bawah..