Teaser Volvo V40 dan XC40 Concept Muncul, Debut Bulan Mei

Teaser Volvo V40 dan XC40 Concept Muncul, Debut Bulan Mei
0  komentar
Volvo-V40-Concept-teaser-2016

AutonetMagz.com – Meski berjalan perlahan-lahan untuk bangkit dari keterpurukannya pada akhirnya Volvo mulai serius menantang para kompetitor Jerman. Para produsen mobil Jerman memang sedang berkonsentrasi pada lini mobil kecil mereka. Seperti Mercedes-Benz yang sedang telaten menggarap pasar A-Class dan CLA-Class, GLA-Class begitu pula BMW dengan Seri-1 dan Audi yang mengharapkan A3 dan Q3. Pergerakan Volvo kembali dimulai dengan menampilkan teaser Volvo V40 dan XC40 Concept terbaru.

Setelah melihat penjualan mereka terhadap XC90 dan S90/V90 yang menunjukkan hasil positif, mereka cukup yakin dengan menggarap 40-series. Bahkan untuk menggeser paradigma akan mobil orang tua, mereka sampai memberi tulisan “not your daddy’s car”. Yah memang di segmen ini tentu saja Volvo mengharapkan anak muda akan lebih tertarik pada model 40-series ini. Mobil ini akan ditampilkan pada Volvo HQ di Gothenburg, Swedia pada tanggal 18 Mei nanti.

Volvo-xc40-Concept-teaser-snapchat

Seperti yang kami katakan diatas, Volvo memamerkan 2 konsep untuk model 40-series, pertama tentu saja V40 Hatchback dan XC40 Crossover. Pada teaser ini memang tidak banyak yang diungkapkan Volvo namun berdasarkan beberapa bocoran, model ini akan “totally all new” dari segi tampilan dibandingkan generasi lawas. Seperti headlampnya menggunakan desain LED “Thor’s Hammer” sebagai identitas dan punya tampilan resik sebagai daya tarik mobilnya. Kesan modern ini memang seakan memudarkan tampilan “kebapakan” Volvo jaman dahulu, mungkin seperti memperbandingkan hape Nokia dengan iPhone 6S.

Dengan bekerjasama dengan pemilik Volvo asal Tiongkok, Geely, rencananya V40 dan XC40 ini akan menggunakan sasis CMA (Compact Modular Architecture) yang telah dimodifikasi sampai ke kelas premium. Selain itu dengan platform ini biaya produksi untuk 40-series dapat ditekan. Masalah penggunaan mesin juga menjadi salah satu topik pertanyaan, ada kemungkinan mereka akan menyematkan mesin 3-silinder turbo dan 4-silinder turbo serta bukan tidak mungkin juga mesin plug-in hybrid dan rotor electric juga turut disematkan.

volvo-v40-2016-line-up

Dengan kondisi pasar compact SUV yang sedang gurih-gurihnya ini, tentu saja tidak mengagetkan jika XC40 juga turut berkecimpung dalam kelas ini. Lebih-lebih Volvo bisa dibilang sebagai salah satu produsen yang pertama kali memperkenalkan crossover mewah ke publik, sehingga XC40 tentu menjadi suatu keharusan untuk melanjutkan tradisi. V40 dan XC40 akan segera diluncurkan pada awal tahun 2017 setelah itu akan segera menyusul S40 sedan untuk bersaing dengan Mercedes-Benz CLA dan Audi A3 Sedan. Bagaimana pendapat anda? Monggo berikan corat-coretnya di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:
  • ars m.k

    Bro, sekedar info, di web volvo australi udah ada spek lengkapnya dari v40 mulai exterior, interior, malah sampe spek mesinnya. Tapi, kalo masalah model, belakangnya masih mirip2 volvo c30. Dan soal mesin, semoga aja kalo masuk indo, mesinnya yang 2.0 4inline turbo, tenaganya tembus 240hp soalnya. Hehehe.

    • Ronny Rasdyantoro

      btw, gw uda masuk ke web volvo aussie, uda cek v40, tapi ternyata dia gak pakai LED thor’s hammer. sayang banget, cuma LED tipis yang ngebentuk macam alis buat headlamp utamanya