Volvo S60 Polestar Diam-Diam Torehkan Rekor di Nurburgring

Volvo S60 Polestar Diam-Diam Torehkan Rekor di Nurburgring
0  komentar

AutonetMagz.com – Biasanya sebuah produsen mobil ketika hendak memecahkan rekor laptime di sirkuit legendaris Nordschleife Nürburgring akan diikuti oleh sebuah sensasi besar untuk menyajikan sebuah pencapaian mereka, biasanya lengkap dengan rentetan video dan siaran pers. Namun justru berbeda apa yang dilakukan oleh Volvo, mereka merahasiakan proyek tersebut selama setahun penuh.

Semua ini berawal dari berakhirnya balapan WTCC Race of Germany di Nürburgring tahun lalu, selesai balapan di sirkuit legendaris tersebut ternyata tim Polestar Cyan Racing tidak serta merta menyelesaikan tugas mereka di sirkuit tersebut, diam-diam mereka melakukan uji coba rahasia dengan Volvo S60 Polestar. Mereka ingin melihat sejauh mana mobil tersebut bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Meski pada awalnya bukan bagian dari rencana mereka, namun justru tim Polestar Cyan Racing berhasil memecahkan rekor sirkuit untuk mobil empat pintu legal dengan catatan waktu 7 menit 51,11 detik. Dengan gaya khas Swedia, prestasi itu tetap terbungkus rapat hingga beberapa hari sebelum balapan musim 2017 dimulai, dari pengetesan tersebut mereka juga mendapat beberapa pelajaran dan masukan baik itu untuk mobil balap WTCC mereka dan juga untuk mobil jalan raya Polestar di masa depan.

Mobil yang mereka gunakan untuk pengetesan ini sudah mengalami beberapa perubahan dari wujud aslinya, seperti kap mesin dan bemper depan yang terlihat lebih melebar dari wujud aslinya. Standarnya Volvo S60 Polestar sendiri menggendong mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinderDrive-E turbo dengan dibekali tambahan amunisi supercharger yang menghasilkan tenaga 367 hp dengan torsi 420 Nm.

Mesin itu mereka kawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan dan berpenggerak all-wheel drive serta mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dengan waktu 4,7 detik. Untuk menunjang performa tersebut, mereka juga membekali S60 Polestar dengan suspensi yang lebih kaku agar lebih rigid, serta juga menambahkan peredam Öhlins dan rem cakram berdiameter 371 mm. Kira-kira siapa ya selanjutnya yang akan memecahkan rekor dari si Volvo S60 Polestar ini?

Read Prev:
Read Next: