Volvo Pastikan Truk Listriknya Debut di 2019, Tantang Tesla Semi

Volvo Pastikan Truk Listriknya Debut di 2019, Tantang Tesla Semi
0  komentar

AutonetMagz. com – Dengan masuknya Tesla ke pasar Truk, bisa dipastikan bahwa pabrikan truk yang sudah ada sebelumnya menjadi cukup risau. Yap, seperti yang kita tahu, truk menjadi transportasi yang cukup esensial, utamanya dalam hal ekspedisi dan distribusi barang. Mendapati truk bertenaga listrik yang ramah lingkungan dan lebih efisien tentunya menjadi tawaran yang menarik bagi para pengusaha.

Volvo Trucks Quester

Namun, ditengah ‘kesuksesan’ Tesla untuk meraih hati para pengusaha, ternyata ada beberapa pabrikan truk yang sudah merintis jalan mereka untuk ikut bersaing dengan Tesla di segmen truk listrik. Dan salah satu pabrikan tersebut adalah Volvo Trucks. Pabrikan truk yang sahamnya baru saja diakuisisi sebagian oleh Geely ini percaya bahwa truk listrik nantinya akan menjadi tren baru dalam hal pengiriman barang. Dengan beberapa kelebihan seperti suara truk yang sunyi, yang akan minim polusi suara, dan juga tanpa emisi membuat truk listrik akan menjadi pilihan bijak di masa depan. Dan melihat potensi itu, Volvo Trucks bergerak cepat mengembangkan truk listrik versinya sendiri.

Jajaran Produk Volvo Trucks

Bahkan tak hanya itu, Volvo Trucks telah mengumumkan kepada publik bahwa truk listrik lansirannya akan diperkenalkan di tahun 2019 mendatang, cepat juga ya. Volvo Trucks sendiri akan mulai mengetes truk listrik mereka dengan para partnernya untuk Pilot Program pada tahun ini. Lalu disusul dengan produksi massal untuk pasar Eropa di tahun 2019 mendatang. Dikutip dari LeftLaneNews, President dari Volvo Trucks yaitu Claes Nilsson mengatakan bahwa bahwa ada satu kelebihan lain dari Truk listrik, yaitu bisa digunakan untuk transport di daerah perumahan / perkotaan di malam hari, karena minim gangguan suara. Dengan begitu, truk – truk listrik ini bisa beroperasi di tengah kota atau daerah yang sensitif tanpa mengganggu warga.

Volvo Iron Knight 2.400 hp

Dan Volvo Trucks sendiri mengatakan bahwa fokus mereka berbeda dengan Tesla. Volvo Trucks lebih fokus mengembangkan truk listrik untuk keperluan logistik di kota – kota di kawasan Eropa yang sangat ramai dan juga punya aturan ketat terkait emisi. Dengan begitu, para perusahaan yang selama ini berurusan dengan aturan emisi yang membatasi usahanya untuk melebar ke kota – kota dengan aturan emisi yang ketat akan punya kesempatan lebih jika menggunakan produk dari Volvo Trucks ini. Secara umum, Volvo Trucks masih belum memberikan gambaran seperti apa spesifikasi dari truk listrik miliknya, dan seperti apa fitur yang akan dikedepankan oleh mereka. Kalau bentuknya bisa seperti Volvo Iron Knight bakal keren juga ya

Yap, tak hanya di segmen mobil penumpang saja, toh nyatanya memang dunia ini sudah tua dan juga sudah memerlukan energi alternatif, setidaknya yang tak menambah penyakit di dunia ini. Dan produk – produk bertenaga listrik seperti truk listrik Volvo Trucks inilah yang diperlukan, terlebih truk memiliki emisi yang buruk. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: