Volkswagen Kalahkan Angka Penjualan Toyota di Semester Pertama Tahun 2015

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Volkswagen Kalahkan Angka Penjualan Toyota di Semester Pertama Tahun 2015
0  komentar
penjualan-toyota-lawan-volkswagen

AutonetMagz.com – Kalau Volkswagen adalah nama seorang anak SD yang baru terima rapor semester genap, ia pasti dapat nilai bagus oleh gurunya karena bisa mempertahankan gelarnya sebagai grup otomotif dengan penjualan terbanyak di dunia, mengalahkan rivalnya dari benua tetangga yakni Toyota. Rincian data penjualan mobil semester pertama tahun 2015 menunjukkan ada usaha keras dari VW untuk mencapai target jangka panjangnya.

Seluruh merek yang tergabung dalam VW Group (VW, Audi, Skoda, Lamborghini, Bugatti, Porsche, SEAT, Scania, MAN, Bentley, Ducati dan lain-lain) sudah mampu untuk mencetak penjualan sebanyak 5,04 juta unit di seluruh dunia, sementara grup Toyota (Toyota, Daihatsu, Lexus, Hino dan Scion) hanya tertinggal sedikit, yakni 5,02 juta unit. Hanya beda 20 ribu unit, selisih yang tergolong kecil.

volkswagen-passat

Bloomberg melaporkan bahwa Eropa adalah salah satu kontributor terbesar untuk prestasi Volkswagen dalam enam bulan pertama tahun ini. Info tersebut menambahkan bahwa kenaikan permintaan untuk mobil di pasar domestik Eropa sendiri telah membantu mengurangi dampak di pasar yang suasana persaingannya makin panas seperti China, Rusia dan beberapa negara di Amerika Selatan serta Asia Tenggara.

Meski begitu, tidak selamanya ini berita baik jika dilihat lebih rinci lagi. Angka penjualan tahun ini lebih rendah bila dibandingkan dengan yang untuk periode yang sama tahun lalu, karena penjualan mobil Jerman ini telah turun 0,5% dibandingkan dengan enam bulan pertama 2014. Wah, rupanya bukan hanya di Indonesia saja ya yang penjualan mobil barunya sedang turun.

Porsche-Macan-2015

Mobil yang paling berpengaruh bagi VW Group adalah Volkswagen Passat baru dan Porsche Macan, karena telah membantu penjualan mereka di Eropa Barat dengan peningkatan lebih dari 6%, sementara permintaan pasar Toyota didorong oleh Lexus NX dan Toyota RAV4 baru di Amerika Serikat.

Sekedar info saja, pada tahun 2014 lalu, Toyota sempat merajai penjualan sebagai merek terlaris di dunia dengan total penjualan 10.230.000 unit terjual di seluruh dunia. Volkswagen menempati posisi kedua dengan 10.140.000, dengan General Motors di posisi ketiga dengan total penjualan 9.920.000 kendaraan, sementara posisi keempat adalah grup Hyundai-KIA.

Lexus-RX-450-h-2016-belakang

Luar biasa sengit juga kompetisi antara VW dengan Toyota. Kira-kira bisa bertahan berapa lama ya angka penjualan VW sebelum disalip lagi oleh Toyota, atau mungkin malah disalip oleh General Motors atau Hyundai-KIA? Bagaimana perkiraanmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: